Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
11Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENDIDIKAN DALAM KELUARGA

PENDIDIKAN DALAM KELUARGA

Ratings: (0)|Views: 583 |Likes:
Published by kurdi............

More info:

Published by: kurdi............ on Nov 20, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/05/2013

pdf

text

original

 
1.
Pengertian Pendidikan
Kata pendidikan menurut etimologi berasal darikata dasar didik.Apabila diberi awalanme,menjadi mendidik makaakan membentuk kata kerja yang berarti memelihara danmemberi latihan(ajaran). Sedangkan bila berbentuk kata benda akan menjadi pendidikanyang memiliki arti proses perubahan sikap dan tingkah laku seseorangatausekelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upayapengajaran danlatihan.1.Istilah pendidikan dalam konteks Islam telahbanyak dikenal dengan menggunakan termyang beragam, sepertiat-Tarbiyah, at-Ta’lim dan at-Ta’dib. Setiap termtersebutmempunyai makna dan pemahaman yang berbeda, walaupun dalam hal-haltertentu, kata-kata tersebut mempunyai kesamaan pengertian..Pemakaian ketiga istilah tersebut, apalagi pengakajiannya dirujukberdasarkan sumber  pokok ajaran Islam (al-Qur’an dan al-Sunnah).Selain akan memberikan pemahaman yangluas tentang pengertianpendidikan Islam secara substansial, pengkajian melalui al-Qur’andan al-Sunnahpun akan memberi makna filosofis tentang bagaimanasebenarnyahakikat dari pendidikan Islam tersebut?Dalam al-Qur’an Allah memberikan sedikitgambaran bahwa at-Tarbiyah mempunyai artimengasuh,menanggung, memberi makan, mengembangkan, memelihara,membuat,membesarkan dan menjinakkan. Hanya saja dalam konteks al-Isra maknaat-Tarbiyah sedikit lebih luas mencakup aspek jasmani dan rohani,sedangkan dalam suratasy-Syura hanya menyangkut aspek jasmani saja.2.
Pengertian Keluarga
 
Kata keluarga dapat diambil kefahaman sebagaiunit sosial terkecil dalam masyarakat,atau suatu organisasibio-psiko-sosio-spiritual dimana anggota keluarga terkait dalamsuatuikatan khusus untuk hidup bersama dalam ikatan perkawinan dan bukanikatan yangsifatnya statis dan membelenggu dengan saling menjagakeharmonisan hubungan satudengan yang lain atau hubungansilaturrahim. Sementara satu keluarga dalam bahasa Arabadalahal-Usrohyang berasal dari kata al-asruyang secara etimologis mampunyai artiikatan. Al- Razi mengatakanal-asru maknanya mengikat dengan tali, kemudian meluasmenjadi segalasesuatu yang diikat baik dengan tali atau yang lain.Dari beberapa pengertian di atas dapatdisimpulkan bahwa pengertian pendidikankeluarga adalah prosestransformasi prilaku dan sikap di dalam kelompok atau unitsosialterkecil dalam masyarakat. Sebab keluarga merupakan lingkungan budayayang pertama dan utama dalam menanamkan norma dan mengembangkanberbagai kebiasaandan prilaku yang penting bagi kehidupan pribadi,keluarga dan masyarakat.3.
Bentuk-Bentuk Keluarga
Dalam norma ajaran sosial, asal-usul keluargaterbentuk dari perkawinan (laki-laki dan perempuan dan kelahiranmanusia seperti yang ditegaskan Allah dalm surat an-Nisa ayatsatuyang berbunyi:ءاسنو ريثك لاج اهم بواهجوز اهم قخو Artinya: Dan Ia ciptakan dari padaNyapasanganny dan Ia tebarkan dari keduanya laki-laki dan perempuan yangbanyak (an-Nisa: 1)Asal-usul ini erat kaitannya dengan aturanIslam bahwa dalam upaya pengembang-biakanketurunan manusia,hendaklah dilakukan dengan perkawinan. Oleh sebab itu, pembentukankeluarga di luar peraturan perkawinan dianggap sebagai perbuatandosa.Adapun bentuk-bentuk keluarga sebagaimanadijelaskan William J. Goode dapatdiklasifikasikan ke dalam beberapabentuk:
 
1.Keluarga nuklir (nuclear family) sekelompok keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dananak yang belum memisahkan diri membentuk keluarga tersendiri.2.Keluarga luas (extentended family) yaitu keluarga yang terdiri dari semua orang yang berketurunan dari kakek, nenek yang sama termasuk dari keturunan masing-masing istridan suami.3.Keluarga pangkal (sistem family) yaitu jenis keluaarga yang menggunakan sistem pewarisan kekayaan pada satu anak yang paling tua, seperti banyak terdapat di Eropa pada zaman Feodal, para imigran Amerika Serikat, zaman Tokugawa di Jepang, seoranganak yang paling tua bertanggungjawab terhadap adik-adiknya yang perempuan sampaiia menikah, begitu pula terhadap saudara laki-laki yang lainnya.4.Keluarga gabungan (joint family) yaitu keluarga yang terdiri dari orang-orang yang berhak atas hasil milik keluarga, mereka antara lain saudara laki-laki pada setiapgenerasi, dan sebagai tekanannya pada saudara laki-laki, sebab menurut adat Hindu, anak laki-laki sejak lahirnya mempunyai hak atas kekayaan keluarganya.3Sementara itu dalam hubungan keluarga,Jalaluddin Rahmat mengungkapkan dalam bukunya yang berjudul KeluargaMuslim dalam Masyarakat Modernbahwa biasanyasepasang suami istri memiliki tiga struktur. Pertama,sruktur komplementer atau dengankata lain dikenal dengan keluargatradisional. Kedua, struktur simetris atau yang seringdisebut dengankeluarga modern. Ketiga, struktur pararel yang merupakanhubunganantara struktur simetris dan struktur komplementer yang kedu belahpihak tersebut saling melengkapi dan saling bergantung, tetapi dalamwaktu yang sama merekamemiliki beberapa bagian dari perilakukekeluargaan mereka yang mandiri.

Activity (11)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fatima Zahra liked this
Deny Irawan liked this
Cety Umar liked this
Isya Muhammed liked this
ari-ita-1858 liked this
Khoirul Miftakh liked this
Agha Sheva liked this
Ahuramarda liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->