Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
48Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Motivasi

Motivasi

Ratings: (0)|Views: 3,503 |Likes:
Published by fransiskus raymond
dari buku "manajemen" karangan Hani Handoko
dari buku "manajemen" karangan Hani Handoko

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: fransiskus raymond on Nov 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/05/2013

pdf

text

original

 
Rangkuman Bab 12 “Motivasi”Dari buku Manajemen, Karangan Hani Handoko
Disusun oleh:
 Nama: Agus Supriyadi
 NPM: 0914000204
Mata Kuliah: Azas – Azas Manajemen
Dosen: Sunarno, SH, M.Sc
Ringkasan Materi
 
Efektifitas manajer dapat ditentukan melalui kemampuan mereka untuk memotivasi,mempengaruhi, mengarahkan, dan berkomunikasi dengan para bawahan. Para manajer tidak dapat mengarahkan bawahannya begitu saja tapi melalui motivasi.Motivasi merupakan kegiatan yang berakibat, menyalurkan, dan memelihara perilakumanusia. Motigvasi adalah subyek yang membingungkan karena motifnya tidak dapatdiamatisecara lansung, tapi dapat disimpulkan dari perilaku individu. Manajer perlu memahami jenis –  jenis perilaku tertentu agar dapat mempengaruhi karyawan bekerja sesuai keinginan organisasi,karena organisasi dapat mencapai tujuannya melalui orang lain (karyawan).Faktor yang berpengaruh (selain motivasi) terhadap prestasi seseorang adalah kemepuanindividu dan kesadaran perilaku yang dilakukan untuk mencapai prestasi yang tinggi (persepsikemampuan). 3 faktor tersebut saling berkaitan, jika salah satunya bernilai rendah akan berpengaruh pada tingkat prestasi.Banyak istilah yang digunakan untuk menyebut motifavi, antara lain kebutuhan, desakan,dorongan, dll. Istilah motivasi diartikan keadaan pribadi seseorang yang mendorong keinginanuntuk mewujudkan perbuatan demi kepuasan dirinya. Berikut ini adalah beberapa pengembangan berbagai teori dan konsep motivasi.
1.1
Berbagai
 
pandangan
 
tentang
 
Motivasi
 
dalam
 
Organisasi
 Pandangan manajer yang berbeda tentang masing - masing model dalah penentukeberhasilan dalam mengelola karyawan. Berikut adalah perbandingan 3 teori / model.
Model Tradisional (F. Taylor dan aliran manajemen)
Manajer menetukan bagaimana pekerjaan pekerjaan yang harus dilakukan danmenggunakan insentif sebagai motivator. Pandangan ini menganggap bahwa para pekerja malasdan hanya dapat dimotivasi dengan uang. Tapi dalam beberapa kasus konsep ini cukup karenasejalan dengan efisiensi meningkat, kebutuhan karyawan dapat dipangkas. PHK menjadi biasadan pekerja akan mencari jaminan kerja daripada kenaikan gaji yang kecil dan sementara.
 
Model Hubungan Manusiawi (Elton Mayo)
Kontak sosial antara karyawandengan pekerjaannya sangat penting. Pengulanganrutinitas adalah salah satu dari beberapafaktor pengurang motivasi. Elton Mayo percaya bahwamanajer dapat memotivasi bawahannya melalui pemenuhan kebutuhan sosial mereka danmembuat mereka berguna. Sebagai hasil, karyawan diberi kebebasan sendiri dalam pekerjaannya. Perhatian lebih tentang perhatian manajer dan operasi organisasi ditujukan padakelompok – kelompok kerja organisasi informal.
Model Sumber Daya Manusia (Mc. Gregor & Maslow)
Para peneliti, seperti Argyris dan Linkert mengkritiki model hubungan mnusiawi danmengemukakan pendekatan yang lebih bervariasi. Model ini berisi bahwa karyawan termotivasioleh banyak faktor, tidak hanya uang dan kepuasan tapi kebutuhan berprestasi dan memperoleh pekerjaan yang baik. Alasannya adalah banyak orang dimotivasi untuk melakukan pekerjaansecara baik dan mereka tidak otomatis menilai bahwa pekerjaan itu menyenangkan dan jugakaryawan menyukai pemenuhan kepuasan dari suatu prestasi. Jadi, para karyawan bisa diberitanggung jawab yang lebih besar untuk membuat keputusan dan pelaksanaan tugas – tugas.Manajer dapat menggunakan model SDM dan hubungan manusia bersamaan. Saatdengan bawahan, manajer cenderung menggunakan model hubungan manusiawi.
1.2Teori – teori Motivasi
Teori teori petunjuk,
teori ini berdasarkan pengalaman mencoba bagaimana caramemotivasi karyawan.
Teori kebutuhan,
 berisi alasan penyebab – penyebab perilaku. Teori yang sangat terkenaldiantaranya: hierarki kebutuhan dari psikolog (Abraham H. Maslow), teori motivasi pemeliharaan (Frederick Herzberg), dan teori dari David McCleland.
Teori – teori proses,
 berkenaan dengan bagaimana perilaku dimulai dan dijalankan. Teori – teori yang termasuk kategori ini adalah teori pengharapan, pembentukan perilaku, teori Porter-Lawler dan teori keadilan.
1.3Teori – teori Isi

Activity (48)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dewi Chuwie liked this
Tika Adj liked this
Yuliah Barley liked this
Rona Arofahni liked this
Rona Arofahni liked this
Adam Febrian liked this
D'nie Gen liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->