Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jenis Penyakit

Jenis Penyakit

Ratings: (0)|Views: 3,668 |Likes:
Published by lesmana_novi2392

More info:

Published by: lesmana_novi2392 on Nov 21, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

 
1. Penyakit Cacar AirMasa inkubasi
Waktu terekspos sampai kena penyakit dalam tempo 2 sampai 3 pekan. hal ini bisasitandai dengan badan yang terasa panas dingin. GejalaPada permulaannya, penderita akan merasa sedikitdemam,pilek , cepat merasa lelah, lesu, dan lemah. Gejala-gejala ini khas untuk infeksi virus. Pada kasus yang lebih berat, bisa didapatkan nyeri sendi, sakit kepala dan pusing. Beberapa hari kemudian timbullahkemerahan padakulityang berukuran kecil yang pertama kali ditemukan di sekitar dadadan perut atau punggung lalu diikuti timbul di anggota gerak dan wajah.Kemerahan pada kulit ini lalu berubah menjadi lenting berisi cairan dengan dinding tipis.Ruam kulit ini mungkin terasa agak nyeri atau gatal sehingga dapat tergaruk tak sengaja.Jika lenting ini dibiarkan maka akan segera mengering membentuk keropeng (krusta)yang nantinya akan terlepas dan meninggalkanbercak di kulit yang lebih gelap(hiperpigmentasi). Bercak ini lama-kelamaan akan pudar sehingga beberapa waktukemudian tidak akan meninggalkan bekas lagi.Lain halnya jika lenting cacar air tersebut dipecahkan. Krusta akan segera terbentuk lebihdalam sehingga akan mengering lebih lama. kondisi ini memudahkan infeksi bakteriterjadi pada bekas luka garukan tadi. setelah mengering bekas cacar air tadi akanmenghilangkan bekas yang dalam. Terlebih lagi jika penderita adalah dewasa ataudewasa muda, bekas cacar air akan lebih sulit menghilang.
Waktu karantina yang disarankan
Selama 5 hari setelah ruam mulai muncul dan sampai semua lepuh telah berkeropeng.Selama masakarantinasebaiknya penderita tetap mandi seperti biasa, karena kuman yang berada pada kulit akan dapat menginfeksi kulit yang sedang terkena cacar air. Untuk menghindari timbulnya bekas luka yang sulit hilang sebaiknya menghindari pecahnyalenting cacar air. Ketika mengeringkan tubuh sesudah mandi sebaiknya tidamenggosoknya dengan handuk terlalu keras. Untuk menghindari gatal, sebaiknyadiberikan bedak talk yang mengandung menthol sehingga mengurangi gesekan yangterjadi pada kulit sehingga kulit tidak banyak teriritasi. Untuk yang memiliki kulit sensitif dapat juga menggunakan bedak talk salycil yang tidak mengandung mentol. Pastikananda juga selalu mengkonsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses penyembuhan penyakit itu sendiri. Konsumsi buah- buahan yang mengandung vitamin Cseperti jambu biji dan tomat merah yang dapat dibuat juice.
 
Pencegahan
Imunisasitersedia bagi anak-anak yang berusia lebih dari 12 bulan. Imunisasi inidianjurkan bagi orang di atas usia 12 tahun yang tidak mempunyai kekebalan.Penyakit inierat kaitannya dengan kekebalan tubuh.
Pengobatan
Varicella ini sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi tidak menutupkemungkinan adanya serangan berulang saat individu tersebut mengalami panurunandaya tahan tubuh. Penyakit varicella dapat diberi penggobatan "Asiklovir" berupa tablet800 mg per hari setiap 4 jam sekali (dosis orang dewasa, yaitu 12 tahun ke atas) selama7-10 hari dan salep yang mengandung asiklovir 5% yang dioleskan tipis di permukaanyang terinfeksi 6 kali sehari selama 6 hari. Larutan "PK" sebanyak 1% yang dilarutkandalam air mandi biasanya juga digunakan.Setelah masa penyembuhan varicella, dapat dilanjutkan dengan perawatan bekas lukayang ditimbulkan dengan banyak mengkonsumsi air mineral untuk menetralisir ginjal setelah mengkonsumsi obat. Konsumsivitamin Cplasebo ataupun yang langsung dari buah-buahan segar seperti juice jambu biji, juicetomatdananggur .Vitamin Euntuk  kelembaban kulit bisa didapat dari plasebo, minuman darilidah buaya, ataupunrumput  laut. Penggunaan
lotion
yang mengandung pelembab ekstra saat luka sudah benar- benar sembuh diperlukan untuk menghindari iritasi lebih lanjut.Wajah Terkena Cacar AirGambar Virusnya
 
2. PENYAKIT CAMPAK 
Penyakit Campak (Rubeola, Campak 9 hari, measles) adalah suatu infeksi virus yangsangat menular, yang ditandai dengan demam, batuk, konjungtivitis (peradangan selaputikat mata/konjungtiva) dan ruam kulit. Penyakit ini disebabkan karena infeksi viruscampak golongan
 Paramyxovirus
.Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan 4hari setelah ruam kulit ada.Sebelum vaksinasi campak digunakan secara meluas, wabah campak terjadi setiap 2-3tahun, terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan anak-anak SD. Jika seseorang pernah menderita campak, maka seumur hidupnya dia akan kebal terhadap penyakit ini.
Penyebab
Campak, rubeola, atau measles Adalah penyakit infeksi yang sangat mudah menular atauinfeksius sejak awal masa prodromal, yaitu kurang lebih 4 hari pertama sejak munculnyaruam. Campak disebabkan oleh paramiksovirus ( virus campak). Penularan terjadimelalui percikan ludah dari hidung, mulut maupun tenggorokan penderita campak (air  borne disease ). Masa inkubasi adalah 10-14 hari sebelum gejala muncul.Kekebalan terhadap campak diperoleh setelah vaksinasi, infeksi aktif dan kekebalan pasif  pada seorang bayi yang lahir ibu yang telah kebal (berlangsung selama 1 tahun). Orang-orang yang rentan terhadap campak adalah: - bayi berumur lebih dari 1 tahun - bayi yangtidak mendapatkan imunisasi - remaja dan dewasa muda yang belum mendapatkanimunisasi kedua.
Gejala
Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari setelah terinfeksi, yaitu berupa: - Panas badan- nyeri tenggorokan - hidung meler ( Coryza ) - batuk ( Cough ) - Bercak Koplik - nyeriotot - mata merah ( conjuctivitis )2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik).Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul 3-5 hari setelah timbulnyagejala diatas. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu didepan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruammenyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulaimemudar.

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ghobel Quen A liked this
Nova Angelia liked this
Arinto MauLana liked this
Niswa Kim liked this
Retno Sari liked this
0020061980 liked this
0020061980 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->