Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword or section
Like this
86Activity
P. 1
Cara Perawatan Burung Dan Pemasteran Burung

Cara Perawatan Burung Dan Pemasteran Burung

Ratings: (0)|Views: 59,369|Likes:
Published by yobenbingung

More info:

Published by: yobenbingung on Nov 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/27/2012

pdf

text

original

 
 1
ANIS MERAH
 
Burung Anis Merah adalah salah satu burungprimadona yang sangat banyak penggemarnya.Merawat burung Anis Merah sebenarnya cukupmudah, apabila kita telah mengetahui dan memahamikarakter-karakter dasar dari burung tersebut.
KARAKTER DASAR BURUNG ANIS MERAH
 1.
 
Sangat sensitif dan butuh waktu untuk dapatberadaptasi terhadap perubahan.
Perlakuan yang kasar,perubahan ornamen pada kandang dan perubahan suasanalingkunganyang drastis, akan membuat burung Anis Merah dapatmenjadi stress.2.
 
Pembosan dan selalu butuh suasana baru.
Apabila beradadi satu tempat dengan waktu yang relatif lama, maka burungini menjadi malas untuk berkicau lagi. Cobalah secaraberkala selalu memindahkan tempat gantangannya.Misalnya: Selama ini digantang di depan rumah, kemudiandigantang di samping rumah. Ini merupakan salah satumisteri pada burung tersebut.3.
 
Birahi yang cenderung mudah naik.
Burung Anis Merahsangat mudah naik birahinya, banyak penyebab yang dapatmembuat naiknya birahi pada burung jenis ini. Stelan EF(Extra Fooding) yang berlebihan (over), penjemuran yangberlebih dan melihat burung Anis Merah lain, dapat dengancepat menaikkan tingkat birahinya.
 
 2
4.
 
Sangat manja.
Hampir rata-rata burung Anis Merah tidak akan mau bunyi dan tidak akan mau teler apabila ia melihatorang yang sehari-hari merawatnya. Karenaburung tersebutsecara psikologis telah menganggap perawat atau pemiliknyasebagai pasangan.Aneh memang, tapi itulah kenyataannya.Biasanyapada waktu kontes atau lomba padaburung kelasAnis Merah, joki yang menggantang burung dan jokilapangan adalah orang yang tidak pernah berhubungan atauterlibat dalam perawatan harian pada burung tersebut.5.
 
Mudah jinak.
Karena sifat manjanya yang tinggi, makaburung ini mudah jinak kepada perawat atau pemiliknya.
PEMILIHAN BAHAN BURUNG ANIS MERAH YANG BAIK
 Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihanbahan atau bakalan pada burung
Anis Merah.
 
 
Berkelamin jantan
, ciri-ciri burung Anis Merah berjeniskelamin jantan dapat dilihat dari postur tubuh yang panjangserasi, ekor lebih panjang, tulang belakang dan supitkecil rapat, warna bulu lebih tegas, paruh berwarna lebihgelap, warna bulu dibawah paruh bagian bawah lebih pudar,mata besar melotot, bentuk kepala lebih besar dan bergerak lincah.
 
Bentukparuh
,sebaiknya pilih bentuk paruh yang berpangkallebar, tebal, besar dan panjang. Paruh bagian bawah haruslurus. Jangan memilih bahan burung Anis Merah yangmemiliki paruh bengkok. Posisi lubang hidung pilih sedekatmungkin dengan posisi mata.
 
Postur badan
, pilihlah bahan Anis Merah yang berpostursedang dengan panjang leher, badan dan ekor serta kaki yangserasi. Jangan memilih bahan yang berleher dan berbadanpendek.
 
 3
 
Sayap mengepit rapat dan kaki mencengkram kuat
, inimenandakan bahan tersebut sehat. Warna kaki tidak berpengaruh terhadap mental burung.
 
Lincah dan dan bernafsu makan besar
. Ini merupakanciri-ciri bahan yang bermental baik.
 
Berdiri pada posisi kepala mendangak 45 derajat
. Bolehpercaya boleh tidak, apabila anda mendapatkan bahan yangseperti ini, dijamin umur 7 bulan sudah ngerol dan mulaiteler.
MAKANAN YANG SESUAI UNTUK BURUNGANIS MERAH
 
 
Voer
(sebaiknya pilih yang berkadar protein sedang yaitu:12%-18%, belum tentu Voer yang berharga mahal akancocok dengan sistem metabolisme setiapburung Anis Merah. Voer harus selalu tersedia didalamcepuknya. Selalu ganti dengan Voer yang baru setiap duahari sekali.
 
Buah Segar
, burung ini sangat menyukai buah Pepaya,Pisang Kepok Putih, Apel, Pir, Tomat dan beberapa buahlainnya. Sebaiknya perbanyak pemberian buah Pepaya,karena buah Pepaya mengandung vitamin C yang tinggisehingga membantu meningkatkan daya tahan tubuh.Disamping itu, buah Pepaya sangat mudah dicerna dansangat cocok dengan sistem metabolisme rata-rata burungpemakan buah.
 
EF (Extra Fooding)
, pakan tambahan yang sangat baik buatburung Anis Merah yaitu: Jangkrik, Orong-orong, Kroto,Cacing, Ulat Hongkong, Ulat Bambu, Kelabang, Belalangdan lainnya. Pemberian EF harus selalu disesuaikan dengankarakter pada masing-masing burung dan juga harusmengetahui dengan pasti dampak klausal dari pemberiannyaEF tersebut.

Activity (86)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Shelyn Festyani liked this
Shelyn Festyani liked this
Sugix Art liked this
Ubeth Vcw liked this
Kandi Mujahiddin liked this
Afud Ja Dech liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->