Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Karbohidrat

Karbohidrat

Ratings: (0)|Views: 1,704 |Likes:
Published by anggiani

More info:

Published by: anggiani on Nov 23, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/06/2012

pdf

text

original

 
KarbohidratPengertianKarbohidrat adalah senyawa organik terdiri dari unsur karbon, hidrogen, danoksigen. contoh; glukosa C6H12O6, sukrosa C12H22O11, sellulosa (C6H10O5)n.Rumus umum karbohidrat Cn(H2O)m.Karena komposisi yang demikian, senyawa ini pernah disangka sebagai hidratkarbon, tetapi sejak 1880, senyawa tersebut bukan hidrat dari karbon. Nama laindari karbohidrat adalah sakarida, berasal dari bahasa Arab "sakkar" artinya gula.Karbohidrat sederhana mempunyai rasa manis sehingga dikaitkan dengan gula.Melihat struktur molekulnya, karbohidrat lebih tepat didefinisikan sebagai suatupolihidroksialdehid atau polihidroksiketon. Contoh glukosa; adalah suatupolihidroksi aldehid karena mempunyai satu gugus aldehid da 5 gugus hidroksil(OH).KlasifikasiKarbohidrat terbagi menjadi 3 kelompok;monosakarida, yi terdiri atas 3-6 atom C dan zat ini tidak dapat lagi dihidrolisis olehlarutan asam dalam air menjadi karbohidrat yg lebih sederhana.disakarida, yi senyawanya terbentuk dari 2 molekul monosakarida yg sejenis atautidak. Disakarida dpt dihidrolisis oleh larutan asam dalam air sehingga teruraimenjadi 2 molekul monosakarida.polisakarida, yi senyawa yg terdiri dari gabungan molekul2 monosakarida ygbanyak jumlahnya, senyawa ini bisa dihidrolisis menjadi banyak molekulmonosakarida.
 
FungsiBagi manusia; sbg sumber energi. Bagi tumbuhan; amilum sebagai cadanganmakanan, sellulosa sbg pembentuk kerangka bagi tumbuhan. Tumbuhan mendapat amilum dan selulosa dari glukosa. Glukosa dihasilkan padafotosintesisBeberapa monosakarida pentingGlukosaGlukosa disebut juga gula anggur karena terdapat dalam buah anggur, gula darahkarena terdapat dalam darah atau dekstrosa karena memutarkan bidang polarisasikekanan. Glukosa merupakan monomer dari polisakarida terpenting yaitu amilum,selulosa dan glikogen. Glukosa merupakan senyawa organik terbanyak. terdapatpada hidrolisis amilum, sukrosa, maltosa, dan laktosa.FruktosaFruktosa terdapat dalam buah2an, merupakan gula yang paling manis. Bersama2dengan glukosa merupakan komponen utama dari madu. Larutannya merupakanpemutar kiri sehingga fruktosa disebut juga levulosa.Ribosa dan 2-deoksiribosaRibosa da 2-deoksiribosa adalah gula pentosa yg membentuk RNA dan DNA.Sifat2 monosakaridasemua monosakarida zat padat putih, mudah larut dalam air.larutannya bersifat optis aktif.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->