Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
56Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Real Time System

Real Time System

Ratings: (0)|Views: 8,064|Likes:
Published by Nerissa

More info:

Published by: Nerissa on Nov 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/14/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANGMASALAH
Dewasa ini perkembangan ilmu dantekonologi begitu pesatnya, laju perkembangan itu demikian luasnya hinggahampir mencakup seluruh kehidupanmanusia. Khususnya di bidang teknologiinformasi dan komunikasi inilah yangmelatarbelakangi perlunya penerapan iptek di kalangan masyarakat. Khususnya dalamsuatu proses penyaluran informasi, baiskala besar maupun kecil. Dan terutamaelemen-elemen yang terlibat di dalamnya.Seperti kebenaran informasi atau data yangdikirimkan dengan yang akan diterima,efisiensi dan ketepatan waktu yang terpakai,serta kecilnya kemungkinan kesalahansistem. Seringkali suatu informasi sampaikepada penerima dalam keadaan cacat atauterlalu lama. Hal ini menyebabkanmenurunnya tingkat efisiensi waktu yang berdampak pula pada waktu delay yangterlalu lama. Karena kebutuhan akan penyelesaian masalah tersebut maka mulaidikembangkan aplikasi atau software yangmenunjang definisi elemen itu, yaitu realtime system.Real time system disebut jugadengan Sistem waktu nyata. Sistem yangharus menghasilkan respon yang tepat dalam batas waktu yang telah ditentukan. Jikarespon komputer melewati batas waktutersebut, maka terjadi degradasi performansiatau kegagalan sistem. Sebuah Real timesystem adalah sistem yang kebenarannyasecara logis didasarkan pada kebenaranhasil-hasil keluaran sistem dan ketepatanwaktu hasil-hasil tersebut dikeluarkan.Aplikasi penggunaan sistem seperti iniadalah untuk memantau dan mengontrol peralatan seperti motor, assembly line,teleskop, atau instrumen lainnya. Peralatantelekomunikasi dan jaringan komputer  biasanya juga membutuhkan pengendaliansecara Real time. Sistem yang cepat waktu bukan merupakan tujuan dari real-time,tetapi merupakan suatu persyaratan agasistem tersebut bisa mengerjakan tugas-tugas dengan cepat.
B.TUJUAN
Dalam bidang teknologi informasidan komunikasi, waktu dan ketepatan hasilmerupakan suatu hal yang diutamakan.Karena itu diperlukan suatu sistem danaplikasi untuk meminimalisir kesalahaninformasi dan mengurangi pemborosanwaktu.Sebuah sistem waktu-nyata yangmungkin menjadi salah satu tempat penerapannya dapat dianggap sebagai salahsatu solusi untuk masalah tersebut. Suatusistem komputasi dinamakan real-time jikasistem tersebut dapat mendukung eksekusi program / aplikasi dengan waktu yangmemiliki batasan, atau dengan kata lainsuatu sistem real-time harus memiliki batasan waktu dan memenuhi deadline,artinya bahwa aplikasi harus menyelesaikantugasnya dalam waktu yang telah dibatasiatau ditentukan. Dapat diprediksi, artinya bahwa sistem harus bereaksi terhadap semuakemungkinan kejadian selama kejadiantersebut dapat diprediksi. Proses bersamaan,artinya jika ada beberapa proses yang terjadi bersamaan, maka semua deadline nya harusterpenuhi. Dapat mengerjakan hal-hal yang penting saja, yang tidak penting tidak perludikerjakan. Membuat processor agar bekerjalebih cepat, sehingga dapat ditingkatkan jumlah task yang diselesaikan. Sertamenemukan tingkat efisiensi waktu.
C.MANFAAT
Dengan ditulisnya karya tulis inidiharapkan pembaca dapat memperolehmanfaat yang dapat diambil dalam penggunaan dan aplikasi dari real timesystem yakni sebagai berikut:
1.
Mengenalkan perangkat teknologiinformasi dan komunikasi yang berkaitan dengan real time system.
2.
Memberikan pemahaman dasamengenai real time system danaplikasi yang digunakan.
3.
Mengembangkan penggunaanaplikasi real time system.
 
24.
Menyediakan peluang bagi orangawam untuk memahami danmengaplikasikan real time system.5.Memberikan kelebihan dankekurangan serta perbedaan yang jelas yang terdapat dalam real timesystem.
D.BATASAN MASALAH
Guna memperoleh pembahasanyang terstruktur dan terarah, makadiperlukan ruang lingkup pada makalahini, yaitu:1.Pembagian real time system berdasarkan batasan waktu yangdimilikinya, yaitu hard real time systemdan soft real time system.
2.
Penggunaan aplikasi atausoftware yang berkaitan dengan real timesystem, baik soft real time system maupunhard real time system.
E.METODOLOGI
Metode atau cara yang digunakandalam penyusunan dan penulisan karyatulis ini adalah dengan tekhni pengumpulan data dan analisis data.Data-data yang diperoleh berasal darimedia internet, yang juga berasal dari berbagai
website.
Data-data tersebutdianalisa dan diolah sedemikian rupasehingga dapat tersaji secara sistematis.Yang terdiri atas bab I, bab II, bab III, bab IV, dan Daftar Pustaka.
BAB IILANDASAN TEORI
A.REALTIME SYSTEM
Pada awalnya, istilah real timedigunakan dalam simulasi. Istilah real timememang lebih cenderung dipakai untumensimulasikan atau menggambarkantentang waktu yang dibutuhkan suatu prosesyang dijalankan di dunia maya dan dalamkomputer yang disamakan dengan waktunyata yang terpakai.Sebuah sistem dikatakan real-time jika total kebenaran dari suatu operasi tidak hanya bergantung pada kebenaran yanglogis, tetapi juga pada waktu di manaoperasi itu dilakukan. Konsepsi klasik adalah bahwa dalam sebuah hard real-timeatau langsung sistem real-time, penyelesaianoperasi setelah tenggat waktu dianggap tidak  berguna - pada akhirnya, hal ini dapatmenyebabkan kegagalan kritis sistemlengkap. Soft sistem real-time di sisi lainakan mentoleransi keterlambatan tersebut,dan dapat merespons dengan penurunankualitas layanan (misalnya, denganmenghilangkan frame sementaramenampilkan video).Istilah real-time itu sendiri berasaldari penggunaannya pada awal simulasi.  Sementara penggunaan saat inimengisyaratkan bahwa sebuah perhitunganyang 'cepat' adalah real-time, awalnyamerujuk pada sebuah simulasi yang berjalan pada tingkat yang cocok bahwa proses yangsebenarnya itu simulasi. Analog komputer,  khususnya, seringkali mampumensimulasikan lebih cepat daripada waktu-nyata, situasi yang bisa saja berbahayaseperti simulasi lambat jika tidak juga diakuidan diperhitungkan.Menurut definisi Kamus computer,real time system atau sistem waktu nyataadalah setiap sistem yang waktu terjadinyaoutput sangat signifikan jarak antara waktuinput terhadap waktu terjadinya output harussangat kecil terhadap waktu yangdiperbolehkan.Menurut Cooling pada bukuSoftware Design for Real Time Systems(1991): Sistem Waktu Nyata adalah sistemyang harus memprodukis respon yang tepatdalam suatu batasan waktu yang tentu.Komputer yang responnya melebihi batasanwaktu ini akan memberikan performansiyang terdegradasi atau malfunction. Sebuahsistem waktu nyata membaca input dari plant dan mengirim sinyal kontrol ke plant pada waktu-waktu yang ditentukan oleh pertimbangan operasional dari plant bukanoleh sistem computer.Menurut Bennet: real time sistem berarti sebuah program yang ketepatanoperasinya tergantung pada hasil logikakomputasi dan waktu suatu hasil diproduksi.
 
3
BAB IIIPEMBAHASAN
A.
KONSEP DASA
 REAL TIME SYSTEM 
Pada awalnya, istilah real timedigunakan dalam simulasi. Memangsekarang lazim dimengerti bahwa real timeadalah "cepat", namun sebenarnya yangdimaksud adalah simulasi yang bisamenyamai dengan proses sebenarnya (didunia nyata) yang sedang disimulasikan.Suatu sistem dikatakan real time jikadia tidak hanya mengutamakan ketepatan pelaksanaan instruksi/tugas, tapi jugainterval waktu tugas tersebut dilakukan.Dengan kata lain, sistem real time adalahsistem yang menggunakan deadline, yaitu pekerjaan harus selesai jangka waktutertentu. Sementara itu, sistem yang tidak real time adalah sistem dimana tidak adadeadline, walaupun tentunya respons yangcepat atau performa yang tinggi tetapdiharapkan.Pada sistem waktu nyata, digunakan batasan waktu. Sistem dinyatakan gagal jikamelewati batasan yang ada. Misal padasistem perakitan mobil yang dibantu olehrobot. Tentulah tidak ada gunanyamemerintahkan robot untuk berhenti, jikarobot sudah menabrak mobil.Sistem waktu nyata banyadigunakan dalam bermacam-macamaplikasi. Sistem waktu nyata tersebutditanam di dalam alat khusus seperti dikamera, mp3 players, serta di pesawat danmobil. Sistem waktu nyata bisa dijumpai pada tugas-tugas yang mission critical, misalsistem untuk sistem pengendali reaktonuklir atau sistem pengendali rem mobil.Juga sering dijumpai pada peralatan medis, peralatan pabrik, peralatan untuk risetilmiah, dan sebagainya.Ada dua model sistem real time, yaituhard real time dan soft real time. Hard realtime mewajibkan proses selesai dalam kurunwaktu tertentu. Jika tidak, maka gagal.Misalnya adalah alat pacu jantung. Sistemharus bisa memacu detak jantung jika detak  jantung sudah terdeteksi lemah. Sedangkan,Soft real time menerapkan adanya prioritasdalam pelaksanaan tugas dan toleransiwaktu. Misalnya adalah transmisi video.Gambar bisa sampai dalam keadaanterpatah-patah, tetapi itu bisa ditolerir karenainformasi yang disampaikan masih bisadimengerti.Hard
 Real Time System
menjamin bahwa proses waktu nyata dapatdiselesaikan dalam batas waktu yang telahditentukan. Contoh : sistem safety-critical.Beberapa sistem waktu nyata diidentifikasisebagai sistem safety-critical, dalamscenario ini sistem waktu nyata harusmerespon kejadian dalam batas waktu yangtelah ditentukan maka akn terjadi bencana.Sistem manajemen penerbangan merupakansebuah contoh sebuah sistem waktu nyatasebagai sistem safety-critical.Soft
 Real Time System
menyediakan prioritas untuk mendahulukan proses yangmenggunakan waktu nyata dari pada prosesyang tidak menggunakan waktu nyata.Contoh : Linux. Karakteristik dari sistemwaktu nyata :
Single purpose.Tidak seperti PC, yang memiliki banyak kegunaan, sebuah sistem waktunyata biasanya hanya memiliki satu tujuan,seperti mentransfer sebuah lagu darikomputer ke mp3 player.
Small size.Kebanyakan sistem waktu nyata banyak yang ada memiliki physical spaceyang terbatas.
Inexpensively mass- produced.Sistem operasi waktu nyatamemenuhi persyaratan waktu yangditentukan dengan menggunakan algoritma penjadwalan yang memberikan prioritaskepada proses waktu nyata yang memiiki penjadwalan prioritas tertinggi. Selanjutnya, penjadwals harus menjamin bahwa prioritasdari proses waktu nyata tidak lebih dari batas waktu yang ditentukan. Kedua, teknik untuk persyaratan waktu penagmalatanadalah dengan meminimalkan response timedari sebuah events seperti interupsi.Sistem operasi waktu nyata tidamembutuhkan fitur penting (misalnyastandar desktop dan sistem server padadesktop PC) karena :
Kebanyakan sistem waktunyata hanya melayani satu tujuansaja, sehingga tidak membutuhkan banyak fitur seperti pada desktop

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->