Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
21Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
METODE LATIHAN TEATER

METODE LATIHAN TEATER

Ratings: (0)|Views: 1,031 |Likes:
Published by Achmad Saptono

More info:

Published by: Achmad Saptono on Nov 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
Metode Latihan Teater Ala "Teater SiAnak"Oleh : Achmad Saptono (Panggil ; Tino)
 
ARTI TEATER 
Secara etimologis/bahasa, kata Teater berasal dari bahasa Yunani yaitu
Theatron
yangartinya gedung pertunjukan atau auditorium tempat mempertontonkan. Sedangkan dalam artiluas, Teater merupakan segala bentuk tontonan yang dipertunjukkan di depan orang banyak,itulah teater. Ada juga pengertian teater dalam arti sempit, yaitu drama, kisah hidup dankehidupan manusia yang diceritakan di atas pentas dengan media antara lain : Percakapan,gerak dan tingkah laku yang didasarkan pada naskah tertulis yang ditunjang oleh dekorasi(setting), musik, lighting, make up, nyanyian, tarian, dan lain sebagainya.Dalam teater ada yang disebut dengan akting. Akting tidak hanya berupa dialog saja,tetapi juga berupa gerak atau gesture. Karena logikanya, dialog tanpa gerak maka peluang pesan tersampaikan akan sangat sedikit (tidak maksimal).
 
Dialog yang baik itu seperti apasiyh? Dialog bisa dikatakan baik, ketika : Dialog itu bisa terdengar (volume baik), jelas(artikulasi baik), dimengerti (lafal benar), dan aktor bisa menghayati (sesuai dengantuntutan/jiwa peran yang ditentukan dalam naskah). Sedangkan gerak yang baik ialah gerak yang terlihat (blocking baik), jelas (tidak ragu-ragu, meyakinkan), dimengerti (sesuai denganhukum gerak dalam kehidupan), dan juga bisa menghayati (sesuai dengan tuntutan/jiwa peranyang ditentukan dalam naskah).*Penjelasan :
Volume suara yang baik adalah ketika suara itu dapat terdengar sampai jauh
Artikulasi yang baik adalah pengucapan yang jelas. Setiap suku kata terucap dengan jelas dan terang meskipun diucapkan dengan cepat sekali. Jangan terjadi kata-katayang diucapkan menjadi tumpang tindih atau dengan kesan yang terburu-buru.
Lafal yang benar adalah pengucapan kata yang sesuai dengan hukum pengucapan bahasa yang dipakai . Misalnya berani yang berarti "tidak takut" harus diucapkan
berani
bukan
ber-ani
.
Menghayati atau menjiwai berarti tekanan atau lagu ucapan harus dapat menimbulkankesan yang sesuai dengan tuntutan peran dalam naskah
 
Blocking ialah penempatan pemain di panggung, diusahakan antara pemain yang satudengan yang lainnya tidak saling menutupi sehingga penonton tidak dapat melihat pemain yang ditutupi.Pemain lebih baik terlihat sebagian besar bagian depan tubuh daripada terlihat sebagian besar belakang tubuh. Hal ini dapat diatur dengan patokan sebagai berikut :
Kalau berdiri menghadap ke kanan, maka kaki kanan sebaiknya berada didepan.
Kalau berdiri menghadap ke kiri, maka kaki kiri sebaiknya berada didepan.Harus diatur pula balance para pemain di panggung. Jangan sampai seluruh pemainmengelompok di satu tempat. Dalam hal mengatur balance, komposisinya:1.Bagian kanan lebih berat daripada kiri2.Bagian depan lebih berat daripada belakang3.Yang tinggi lebih berat daripada yang rendah4.Yang lebar lebih berat daripada yang sempit5.Yang terang lebih berat daripada yang gelap6.Menghadap lebih berat daripada yang membelakangiKomposisi diatur tidak hanya bertujuan untuk enak dilihat tetapi juga untuk mewarnaisesuai adegan yang berlangsung. Diantaranya adalah :1.Jelas, tidak ragu-ragu, meyakinkan, mempunyai pengertian bahwa gerak yangdilakukan jangan setengah-setengah bahkan jangan sampai berlebihan. Kalauragu-ragu terkesan kaku sedangkan kalau berlebihan terkesan over acting2.Dimengerti, berarti apa yang kita wujudkan dalam bentuk gerak tidak menyimpangdari hukum gerak dalam kehidupan. Misalnya bila mengangkat barang yang beratdengan tangan kanan, maka tubuh kita akan miring ke kiri, dsb.3.Menghayati berarti gerak-gerak anggota tubuh maupun gerak wajah harus sesuaituntutan peran dalam naskah, termasuk pula bentuk dan usia.
Selanjutnya akan dibahas secara rinci tentang dasar latihan teater.
BAB IMEDITASI & KONSENTRASI
 
MEDITASI
 
Secara umum arti meditasi adalah mencoba untuk menenangkan pikiran. Dalam teater dapat diartikan sebagai suatu usaha untuk menenangkan dan mengosongkan pikiran dengantujuan untuk memperoleh kestabilan diri.
Tujuan Meditasi :
1.Mengosongkan pikiran.Kita mencoba mengosongkan pikiran kita, dengan jalan membuang segala sesuatu yangada dalam pikiran kita, tentang berbagai masalah baik itu masalah keluarga, sekolah, pribadidan sebagainya. Kita singkirkan semua itu dari otak kita agar pikiran kita bebas dari segala beban dan ikatan.2.Meditasi sebagai jembatan.Disini alam latihan kita sebut sebagai alam "semu", karena segala sesuatu yang kitakerjakan dalam latihan adalah semu, tidak pernah kita kerjakan dalam kehidupan sehari-hari.Jadi setiap gerak kita akan berbeda dengan kelakuan kita sehari-hari. Untuk itulah kitamemerlukan suatu jembatan yang akan membawa kita dari alam kehidupan kita sehari-hari kealam latihan.Cara meditasi :a)Posisi tubuh tidak terikat, dalam arti tidak dipaksakan. Tetapi yang biasa dilakukanadalah dengan duduk bersila, badan usahakan tegak. Cara ini dimaksudkan untuk memberi bidang/ruangan pada rongga tubuh sebelah dalam. b)Atur pernapasan dengan baik, hirup udara pelan-pelan dan keluarkan juga dengan perlahan. Rasakan seluruh gerak peredaran udara yang masuk dan keluar dalam tubuhkita.c)Kosongkan pikiran kita, kemudian rasakan suasana yang ada disekeliling kita dengansegala perasaan. Kita akan merasakan suasana yang hening, tenang, bisu, diam tak  bergerak. Kita menyuruh syaraf kita untuk lelap, kemudian kita siap untuk  berkonsentrasi.Catatan :Pada suatu saat mungkin kita kehilangan rangsangan untuk berlatih, seolah-olahtimbul kelesuan dalam setiap gerak dan ucapan. Hal ini sering terjadi akibat diri terlalu lelahatau terlalu banyak pikiran. Jika hal ini tidak diatasi dan kita paksakan untuk berlatih, makaakan sia-sia belaka. Cara untuk mengatasi adalah dengan MEDITASI. Meditasi juga perludilakukan bila kita akan bermain di panggung, agar kita dapat mengkonsentrasikan diri kitadengan peran yang hendak kita bawakan.
KONSENTRASI

Activity (21)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Mariana Kusnadi added this note
KOK TIDAK BISA DISIMPAN YA PA.
Syaffi Keren liked this
lambertusguntoro liked this
Ogi Sugiharto liked this
Ananda Adjah liked this
Damar Sanggam liked this
Danar Pembayun liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->