Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
32Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
MAKALAH ETIKA EKOLOGI

MAKALAH ETIKA EKOLOGI

Ratings: (0)|Views: 6,182|Likes:
Published by Gerajj

More info:

Published by: Gerajj on Nov 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/11/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUAN1. 1 Latar Belakang
Lingkungan atau lingkungan hidup, merupakan suatu istilah yang mencakupsegala aspek hidup dan tak hidup di alam yang ada di Bumi atau bagian dari Bumi,yang berfungsi secara alami tanpa campur tangan berlebihan dari manusia(Wikipedia.com). Manusia dan lingkungannya tidak bisa terpisahkan satu denganlainnya. Ini dikarenakan adanya kebutuhan timbal balik antara keduanya, dimanamanusia sangat membutuhkan sebuah lingkungan yang nyaman dan bersahabat untuk kelangsungan hidupnya, sementara lingkungan sangat membutuhkan dukunganmanusia untuk tetap menjaga kelestariannya.Karena hal tersebut, maka munculah apa yang disebut sebagai Etikalingkungan ata Etika Ekologi. Etika lingkungan, secara singkatnya bisa didefinisikansebagai aturan-aturan bagaimana lingkungan itu harus diperlakukan. Aturan iniditerapkan dengan harapan agar manusia bisa senantiasa memperlakukanlingkungannya dengan baik dan tidak dengan sengaja merusaknya. Misalnya denganmensosialisasikan penggunaan batu bara sebagai pengganti bahan bakar minyak. Inidilakukan karena manusia sadar bahwa bahan bakar minyak yang terkandung didalam bumi akan terus berkurang, karena minyak tersebut merupakan salah satusumber daya yang tidak bisa diperbaharui. Maka dari itu, mengganti minyak tanahdengan batu bara dianggap perlu untuk pelestarian lingkungan hidup. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, manusia seringkali tidak memperdulikan etika ekologi sebagai sebuah acuan untuk menjaga lingkungan tempatmereka hidup. Contohnya, pembalakan hutan secara liar, eksploitasi minyak bumisecara besar-besaran, dan pencemaran lingkungan. Contoh kecil lainnya adalah darisekitar kita; masih kita lihat sampah berserakan atau dibuang ke tempat yang tidak seharusnya, fasilitas umum yang tidak terawat, dll.
1
 
Salah satu penyimpangan Etika Ekologi yang bisa kita lihat di Singarajaadalah di Kampus bawah Universitas Pendidikan Ganesha. Secara keseluruhanlingkungan tempat ini memang sudah cukup terjaga, namun di beberapa tempat yangkrusial masih belum terawat. Misalnya, toilet umum dekat ruang kuliah BahasaIndonesia dan juga selokan di sepanjang lab SAL sampai ruang 5A.Melihat dari kenyataan itu, maka penulis berusaha mengangkat topik tentangPenyimpangan Etika Ekologi di Kampus Bawah Universitas Pendidikan Ganesha,yang menilik dampak yang diakibatkan oleh hal tersebut.
1. 2 Rumusan Masalah
Dari latar belakang diatas, dapat dirumuskan masalah yang akan dipecahkanyaitu;
“Bagaimana dampak negatif yang bisa ditimbulkan karena adanyapenyimpangan Etika Ekologi di Kampus Bawah Universitas PendidikanGanesha?”1. 3 Tujuan
Dari rumusan masalah diatas, tujuan yang ingin dicapai dalam makalah iniadalah:
“Untuk mengidentifikasi dampak negatif yang bisa ditimbulkan karenaadanya penyimpangan Etika Ekologi di Kampus Bawah Universitas PendidikanGanesha?”1. 4 Manfaat
Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari makalah ini yaitu:
1.Bagi Pemerintah
Makalah ini bisa bermanfaat bagi pemerintah untuk menjadi gambaran umumkondisi beberapa tempat di Kampus Bawah Universitar Pendidikan Ganesha,sehingga nantinya bisa ditindaklanjuti hal apa yang seharusnya dilakukanuntuk menjaga tempat itu.
2.Bagi Warga Kampus
2
 
Bagi warga kampus, makalah ini diharapkan akan bermanfaat sebagaicerminan untuk mengetahui keadaan lingkungan yang mereka tempati sehari-harinya, sehingga mereka sadar untuk lebih menjaganya.
1. 5 Ruang Lingkup
Dalam makalah ini, penulis membatasi pokok permasalahan yang akandibahas hanya pada dampak negatif yang bisa timbul akibat penyimpangan EtikaEkologi di Kampus Bawah Universitas Pendidikan Ganesha.
3

Activity (32)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
U-she She liked this
Zacky Muhammad liked this
Sri Arista liked this
shasanbahri liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->