Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
5Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Jalan Menuju Penahbisan Pendeta GKI

Jalan Menuju Penahbisan Pendeta GKI

Ratings: (0)|Views: 208 |Likes:
Published by X Sunhodos
Tentang Penahbisan Pendeta GKI, Sinode, Artikel Kristen
Tentang Penahbisan Pendeta GKI, Sinode, Artikel Kristen

More info:

Published by: X Sunhodos on Nov 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
11[ sun hodos - edisi I1 - oktober 2009 ]
PRAKTIS kini kita memiliki dua pengerja.Keduanya diharapkan dapat saling mengisidalam pelayanan untuk mengantisipasipelbagai pergumulan jemaat, termasuk diantaranya perkembangan jemaat GKI Serojayang semakin lama semakin berkembang,demikian kata sambutan Majelis Jemaat GKISeroja (MJ).Memang biaya yang dianggarkan untuk pro-gram ini jauh di atas anggaran yang sudahtersedia sehingga Majelis Jemaat mengambilkebijakan untuk menanggulanginya melaluipenggalangan dana melalui persembahankasih, baik melalui persembahan ibadahMinggu, atau melalui rekening bank yangtelah ditentukan. Khusus acara ini pulapanitia melakukan aksi donasi door to doorke rumah-rumah jemaat.Bagaimana kondisi keuangan GKI Serojauntuk membiayai KPP ini? Beberapa jemaatdan aktivis di komisi cukup tahu dan kritistentang hal ini. Bagaimana biasanya mem-biayai program kegiatan dan bagaimanamencari solusinya. Tergantung tolok ukurmana yang mau dipakai, anggaran tersebutrelatif boleh dibilang besar atau kecil. “Kalaudikaitkan dengan kondisi keuangan jemaatdan GKI Seroja, anggaran tersebut bolehdibilang besar,” ujar Ibu Esther Sinaga, man-tan Penatua. Bahkan, sewaktu dirinya masihdi MJ, di tahun-tahun belakangan GKI Serojatidak punya kas sebesar itu.MJ dan Panitia KPP mengakui besarnyaanggaran acara ini. Berdasarkan keteranganIbu Lely Purba (Sie Acara KPP), Ibu Budi-ningsih dan Ibu Sinulingga (Penatua) salahsatu faktor penyebabnya adalah karena GKIsudah menjadi tubuh Sinode Am denganwilayah yang lebih luas dan anggota yanglebih banyak.
Sinode Am GKI: Penyatuan
Penyatuan GKI Jawa Barat, GKI JawaTengah, dan GKI Jawa Timur yang diikrar-kan pada tanggal 26 Agustus 1988 silam itumenjadikan GKI Seroja bukan lagi bagiandari Sinode Wilayah GKI Jawa Barat saja,melainkan sudah menjadi bagian yang lebihluas lagi, yakni Sinode Am GKI.Implikasi dari penyatuan itu, KPP dan Pen-deta Rinto Tampubolon, S.Si (Teol) adalah juga bagian dari Sinode Am GKI. Daftarnama undangan pendeta dan perwakilanGKI dari tiga sinode menjadi sangat panjang.“Kami mengundang dari seluruh Sinode Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur,” jelas Bapak Peter Chandra, Bendahara KPP.Berdasarkan Laporan Keuangan KPP (selan- jutnya disingkat LK KPP), tercatat sebanyak 600 buah undangan memang disebarkanuntuk itu, hanya untuk para tamu, selain jemaat GKI Seroja.Kondisi tersebut membuat panitia dan MJmau tak mau harus memutar otak untuk memikirkan bagaimana cara menutup biayahotel bagi tamu yang berasal dari luar kota,dan undangan beserta ongkos kirimnya.Tentunya hal itu membutuhkan biaya yangboleh dikatakan tidak sedikit. Belum lagibiaya-biaya lain seperti buku tamu, spanduk,dokumentasi, perlengkapan liturgi kebaktiandan pos-pos lain terkait dengan KPP itusendiri.Satu lagi, karena jumlah tamu dan undangandiperkirakan cukup besar, maka KPP pundiputuskan dilaksanakan di Gedung BPKPenabur. Kebijakan ini mau tak mau diambilmengingat kapasitas gereja kita yang tidak memungkinkan dan tempat parkir yangtidak memadai. “Andaikata kita melak-sanakan di GKI Seroja, bukan nggak bisa,bisa. Pertama kali mungkin di dalam gerejahanya ada tamu, jemaat kita di luar,” terangBapak Rahardjo, Ketua Umum KPP denganmimik serius 
Anggaran Bukan Hambatan
 Jika alasan penyatuan tersebut menjadipegangan dalam penyusunan anggaran KPPapalagi dijadikan hal yang mengikat makahal ini jangan sampai memberatkan prosesperkembangan kesaksian dan pelayananGKI, khususnya tentang penahbisan Pendetadi sebuah Gereja Jemaat di masa yang akandatang.Mengapa demikian? Faktanya masih adaGKI Jemaat yang kondisi atau kemampuankeuangannya berada di bawah GKI Seroja.“Bayangkan anggaran 50 sampai dengan 60 juta itu? Kasihan mereka,” ujar Bapak FransPada, mantan Penatua GKI Seroja, dengannada prihatin. Pasal 4 Tata Dasar TataGereja 2003 (Tager) menyebutkan bahwatujuan GKI di bumi ini adalah menjalankanmisi Allah dengan mewujudkan persekutuanserta melaksanakan kesaksian dan pela-yanan. Sungguh suatu tujuan yang sangatmulia dan harus kita dukung sepenuhnya.Kemudian kita sepakati bersama-sama: salahsatu komponen penting untuk mewujudkanmisi mulia tadi adalah keberadaan Pendeta.Maka selain harus menelurkan dan memilikiPendeta-pendeta yang berkualitas, jumlah-nya pun harus kita perhatikan bersama.
 JALAN
 
menuju
Penahbisan
Melalui simbolisasi tumpang tanganpara Pendeta Gereja KristenIndonesia (GKI), Rinto Tampubolon,S.Si (Teol) secara resmi diangkatsebagai Pendeta GKI, lewat penah-bisan dirinya di Aula BPK Penabur,3 Agustus 2009 lalu. Beliau men- jadi pengerja berbasis jemaat GKISeroja mendampingi Pdt. SetiawatiSucipto, M. Min., yang ditahbiskan diGKI Seroja, 11 tahun lalu.
PENAHBISAN PENDETA GKISOROTAN

Activity (5)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Edith Mona liked this
Budy Haryanto liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->