Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
4Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Liputan Penahbisan Pendeta GKI

Liputan Penahbisan Pendeta GKI

Ratings: (0)|Views: 398 |Likes:
Published by X Sunhodos
Tentang Penahbisan Pendeta GKI, Sinode, Artikel Kristen
Tentang Penahbisan Pendeta GKI, Sinode, Artikel Kristen

More info:

Published by: X Sunhodos on Nov 24, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/03/2013

pdf

text

original

 
6[ sun hodos - edisi I1 - oktober 2009 ]
PENAHBISAN
Pnt. Rinto Tampubolon, S.Si. Teol
BAGI Jemaat GKI Seroja yang ingin meng-hadiri acara tersebut, Majelis Jemaat GKISeroja menyediakan 4 buah bus sebagai alattransportasi pergi-pulang.Tema acara ini diambil dari Injil Markus“…maka tergeraklah hati-Nya oleh belaskasihan kepada mereka…” (Markus 6:34).Sebuah tema yang dipilih sendiri oleh Pnt.Rinto Tampubolon, yang didasarkan ataspandangannya bahwa kehidupan Tuhan Ye-sus bukan semata digerakkan oleh tujuantetapi utamanya diisi oleh belas kasihan. Be-las kasihanlah yang memberi makna padatujuan-Nya, memberi wajah pada kehidu-pan sehingga tujuan menjadi dapat dikenalidan dirasakan kehadirannya. Tujuan akanmenjadi tidak berarti apa-apa jika bukandialasi belas kasih.
Kebaktian Penahbisan
Kurang lebih satu jam menjelang kebaktianpenahbisan dimulai, Majelis Jemaat GKI Se-roja, Panitia Penahbisan, dan keluarga calonbergantian melakukan foto bersama de-ngan calon.Pada kebaktian ini, jemaat disuguhkanpelayanan pujian oleh paduan suara Anu-grah dari GKI Seroja. Jemaat juga berke-sempatan menyaksikan penampilan paduansuara Gita Kasih dari GKI GMM Tangerang.Kedua paduan suara yang menempati sisikanan panggung ini, masing-masing mem-persembahkan satu buah lagu pujian. Tak ketinggalan pula kelompok musik angklungGKI Seroja ikut serta meramaikan acara. Ke-lompok ini menempati sisi kiri panggung danhampir seluruh pemainnya adalah ibu-ibu.Kebaktian yang diawali dengan sesi JemaatBerhimpun ini, dibuka dengan saat teduhdan prosesi. Saat prosesi, para pendeta GKIdan calon pendeta yang akan ditahbiskanberjalan memasuki ruangan dengan diiringinyanyian “Hai Puji Nama-Nya” oleh Prokan-tor. Prokantor dan pemusik yang mengiringipujian berjumlah 23 orang. Mereka menem-pati deretan bangku yang ada di kiri ataspanggung.Pelayan Liturgi pada kebaktian ini adalahPdt. Timur Citra Sari, M. Th dari GKI BekasiTimur. Setelah penyampaian votum, salamdan kata pembuka, Pelayan Liturgi menga- jak jemaat sekalian untuk menaikkan pujianpembuka “Tuhan Kasihinilah”.Selanjutnya masuk ke sesi Pelayanan Fir-man. Pelayanan Firman dibuka dengan doaoleh Pdt. Timur Citra Sari dan diteruskandengan pembacaan Alkitab yang diambil dariMarkus 6:30-44 serta penyampaian khotbah“…maka tergeraklah hati-Nya oleh belas ka-sihan kepada mereka…”. Pelayanan Firmandiakhiri dengan nyanyian jemaat “AndaikanKasihMu Tidak Merangkulku”.
“...Maka Tergeraklah Hati-Nya OlehBelas Kasihan Kepada Mereka...”
Sesi berikutnya adalahPelayanan Penahbisan,yang dibuka denganpengantar dan doasyukur oleh PelayanLiturgi. Perhatian pa-ra jemaat tercurahke atas panggung saatPelayan Liturgi me-ngundang Pnt. RintoTampubolon, S. Si. Teoldan para pendeta GKI –yang mengenakan toga, stola merah dankalung salib– untuk maju ke depan. Calonbertelut sedangkan Pelayan Liturgi danpara pendeta berdiri mengelilinginya. De-ngan menumpangkan tangan kepada calon,Pelayan Liturgi dan para pendeta menahbis-kannya sebagai pendeta. Setelah itu, PelayanLiturgi memakaikan toga, stola, dan kalungsalib kepada Pdt. Rinto Tampubolon, yangkemudian diikuti dengan penyematan pinsalib oleh salah seorang wakil dari Majelis Jemaat GKI Seroja. Pdt. Rinto Tampubolonmemberikan respon terhadap penahbisandengan berikrar untuk tugas pelayanan GKIdisaksikan oleh para jemaat yang hadir. Padasesi ini, selain dilakukan penyerahan Alkitab,bejana baptisan, dan perangkat perjamuankudus oleh Pelayan Liturgi, juga dilakukan
      s         h        /         d      a        t 
sh/dat
      s        h        /        d      a       t
Hari Senin, tanggal 3 Agustus 2009 yang lalu,Pnt. Rinto Tampubolon, S. Si. Teol –yang telahmelewati proses percakapan gerejawi dalamPersidangan Majelis ke-14 GKI Klasis JakartaUtara di Aula BPK Penabur Gading Serpong,Tangerang, 6 Maret 2009– ditahbiskan kedalam jabatan Pendeta GKI dengan basis pelayanan di GKI Jl. Seroja No. 2 Cengkareng, Jakarta Barat. Acara Penahbisan Pendetayang dilaksanakan di Aula SMAK 1, Lt. 8 BPK Penabur, Tanjung Duren, dimulai pukul 18.00WIB. Sekitar lima ratus anggota jemaat GKISeroja maupun simpatisan hadir dalam acaraini. Selain itu, acara juga dihadiri oleh keluargaPnt. Rinto Tampubolon, 30 orang calon pen-deta dan 57 orang pendeta.
PENAHBISAN PENDETA GKI
TIM LIPUTAN :Dedy Apul T, Christian Gotti,Randy Sihombing, Gregory K.
Prosesi liturgi penahbisan

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Edith Mona liked this
Tumbur Sihaloho liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->