Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
362Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Asuhan Keperawatan Klien dengan Fraktur

Asuhan Keperawatan Klien dengan Fraktur

Ratings:

3.0

(2)
|Views: 59,094|Likes:
Published by Ruslan Muchtar
Fraktur adalah pemisahan atau robekan pada kontinuitas tulang yang terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan pada tulang dan tulang tidak mampu untuk menahannya
Fraktur adalah pemisahan atau robekan pada kontinuitas tulang yang terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan pada tulang dan tulang tidak mampu untuk menahannya

More info:

Published by: Ruslan Muchtar on Nov 25, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/03/2013

pdf

text

original

 
Mata Kuliah : Keperawatan Dewasa IIDosen : Ns. Ruslan, S.Kep
FRAKTUR & DISLOKASI
Disusun Oleh
Kelompok III
EDY SUPARDISRI MELATISURIYANTI ABD. RAHMANSUPARLANGSARTIKA  MARDIANA 
SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BARAMULI PINRANGPRODI S1 KEPERAWATAN2009
 Authorized www.ruslanpinrang.blogspot.com
 
FRAKTUR & DISLOKASIA.DEFINISI
Fraktur adalah pemisahan atau robekan pada kontinuitastulang yang terjadi karena adanya tekanan yang berlebihan padatulang dan tulang tidak mampu untuk menahannya.Fraktur adalah putusnya hubungan normal suatu tulang atautulang rawan yang disebabkan oleh kekerasan. (E. Oerswari, 1989 :144).Fraktur atau umumnya patah tulang adalah terputusnyakontinuitas jaringan tulang atau tulang rawan yang disebabkan olehrudapaksa (Mansjoer, 2000 : 347).Fraktur adalah patah tulang, biasanya disebabkan oleh traumaatau tenaga fisik dan sudut dari tenaga tersebut, keadaan dari tulangitu sendiri dan jaringan lunak di sekitar tulang akan menentukanapakah fraktur yang terjadi itu lengkap, tidak lengkap. (Arice, 1995 :1183)Patah tulang adalah terputusnya hubungan normal suatu tulangatau tulang rawan yang disebabkan oleh kekerasan.(Oswari, 2000 :144)Fraktur adalah terputusnya kontinuitas jaringan tulang dan atautulang rawan yang umumnya disebabkan oleh ruda paksa. (Mansjoer,2000 : 42).
B.ETIOLOGI
Penyebab fraktur / patah tulang menurut (Long, 1996 : 367) adalah :a.Benturan dan cedera (jatuh pada kecelakaan)b.Fraktur patologik (kelemahan hilang akibat penyakit kanker,osteophorosis)
 Authorized www.ruslanpinrang.blogspot.com
 
c.Patah karena letihd.Patah karena tulang tidak dapat mengabsorbsi energi karenaberjalan terlalu jauh.Menurut Sachdeva (1996), penyebab fraktur dapat dibagi menjaditiga yaitu :
a.
Cedera traumaticCedera traumatik pada tulang dapat disebabkan oleh :1) Cedera langsung berarti pukulan langsung terhadap tulangsehingga tulang pata secara spontan. Pemukulan biasanyamenyebabkan fraktur melintang dan kerusakan pada kulitdiatasnya.2) Cedera tidak langsung berarti pukulan langsung berada jauhdari lokasi benturan, misalnya jatuh dengan tangan berjulur danmenyebabkan fraktur klavikula.3) Fraktur yang disebabkan kontraksi keras yang mendadak dariotot yang kuat.
 b.
Fraktur PatologikDalam hal ini kerusakan tulang akibat proses penyakitdimana dengan trauma minor dapat mengakibatkan fraktur dapat juga terjadi pada berbagai keadaan berikut :
1)
 Tumor tulang (jinak atau ganas) : pertumbuhan jaringan baruyang tidak terkendali dan progresif.
2)
Infeksi seperti osteomielitis : dapat terjadi sebagai akibatinfeksi akut atau dapat timbul sebagai salah satu proses yangprogresif, lambat dan sakit nyeri.
3)
Rakhitis : suatu penyakit tulang yang disebabkan oleh defisiensiVitamin D yang mempengaruhi semua jaringan skelet lain,biasanya disebabkan oleh defisiensi diet, tetapi kadang-kadang
 Authorized www.ruslanpinrang.blogspot.com

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->