Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
4Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penelitian Bumi Dari Angkasa

Penelitian Bumi Dari Angkasa

Ratings: (0)|Views: 1,150|Likes:
Published by nicorio

More info:

Published by: nicorio on Nov 26, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

08/31/2010

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
Pengindraan jarak jauh dikenal sebagai suatu ilmu dan seni untukmemperoleh informasi tentang suatu objek, daerah, atau fenomena. Informasidiperoleh melalui analisis data piktorial dan/atau numerik yang diperoleh dengansuatu alat tanpa kontak langsung dengan objek, daerah, atau fenomena yangdikaji. Pengumpulan data dari jarak jauh dilakukan dengan berbagai bentuktermasuk dengan teknik pemancaran daya, pemancaran gelombang bunyi, ataupemancaran dan penangkapan energi gelombang elektromagnetik. Sebagaicontoh, suatu grafimeter memperoleh data pada variasi penyebaran daya tarikbumi. Sonar pada sistem navigasi di air memperoleh data tentang variasi dalampemancaran gelombang bunyi. Mata kita pun mendapat data dari variasipemancaran energi elektromagnetik dari benda-benda yang kita lihat.
TINJAUAN PUSTAKA
Penelitian bumi dari angkasa/antariksa telah bergeser dari bidangpenelitian murni ke bidang aplikasi (te-rapan) dalam kehidupan sehari-hari.Dewasa ini, kita bergantung pada sensor wahana antariksa untuk membantutugas-tugas mulai dari prakiraan cuaca, peramalan tanaman, penghitunganpotensi tegakan (kayu) hutan, peneli-tian lahan dan sumber daya mineral,sampai kepada terapan yang beraneka ragam seperti pendeteksianpencemaran, pemantauan daerah ternak, perikanan komersial, bahkan dalamsistem pertahanan/keamanan memantau aktivitas kemiliteran sebuah negara(seperti yang dilakukan Amerika terhadap negara lain).
 
Teknologi pengindraan jarak jauh terus-menerus berubah dari waktuke waktu menuju peningkatan detail objek pantau. Hal itu dilakukan denganpeningkatan dan atau perbaikan teknologi wahana dan pesawat-pesawatterbang atau pesawat antariksa yang baru serta penempatannya di orbit bumi.GIS dan teknologi lainnya menjadi fokus utama di banyak kegiatanpenelitian CIFOR. Dalam salah satu penerapan temuan barunya, para peneliti diHumid Forest Zone, Kamerun, menggunakan GIS untuk lebih memahamikarakteristik pasar hasil hutan non-kayu. Meskipun banyak kajian tentang pasar NTFP sering menyebutkan adanya beberapa karakteristik spatial yangmempengaruhi komersialisai NTFP seperti jarak, infrastruktur transportasi, jumlah populasi dan penyebaran hutan, tetapi hanya sedikit yang menggunakanGIS sebagai alat analisis. Penggunaan teknik ini memudahkan para penelitiCIFOR dan mitranya untuk lebih memahami struktrur spatial pasar dan dinamikaperdagangan NTFP di kawasan yang dikaji – hal ini sangat bermanfaat jika lebihditujukan pada penanganan intervensi kebijakan.Demikian halnya dengan program baru penelitian NTFP di KalimantanTimur, Indonesia yang dilakukan oleh CIFOR dan lembaga mitranya akanmemperoleh manfaat dengan digunakannya GIS serta komponen analisa spasialyang diluncurkan pada tahun 1998. GIS/kegiatan analisa spasial yang dibiayaioleh hibah dari Canadian International Development Agency (CIDA), akanmengukur serta memetakan perubahan penutupan hutan dan pemanfaatanlahan yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Hal ini diperlukan untuk menyusunkerangka kerja dalam rangka mendukung kajian tentang ketergantunganpenduduk lokal pada perdagangan NTFP pada berbagai tingkatanperkembangan hutan.
MATERI DAN METODE
I. MATERI
 
Praktikum Ini telah berlangsung pada-hari dan tanggal : jumat, 13 April 2007
-
Waktu :07.30 - 09.30
-
Tempat :Ruang Lab Komputer di fakultas kelautanII.METODEII.I. ALAT
-
Komputer 
-
Program ER MAPPERIII.Langkah-langkah Kerja
III.I. INTERFACE
III.I.I. Buka program ER MAPPERIII.I.I. Buka program ER MAPPERFungsi-fungsi ToolbarsMemilih menu perintah dan meng-klik tombol;menunjukan pada image untuk melihat nilai data ataukoordinatMembuka window baru.Membuka proyek yang disimpan.Menggandakan windoMenggeser image dalam image window.Melakukan zoom pada image dalam image window.Melakukan dragging membentuk kotak untuk melakukanzooming pada kotak yang dibentuk.III.I.2. Untuk menampilkan atau menghilangkan Toolbar yang ada, berikan
Menu bar Meun bar 

Activity (4)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 thousand reads
1 hundred reads
Mul Yana liked this
dark_wright3756 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->