Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Proposal Penelitian Tindakan Kelas Jadi

Proposal Penelitian Tindakan Kelas Jadi

Ratings: (0)|Views: 2,253 |Likes:
Published by Iqbal ansori

More info:

Published by: Iqbal ansori on Nov 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
PROPOSALPENELITIAN TINDAKAN KELAS( PTK )
 
MENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKADENGAN MENGUNAKAN MEDIA DUA DIMENSIBAGI SISWA KELAS V MI DARUL HUDA WONOROTO UMBULSARITAHUN PELAJARAN 2008/2009“Untuk memenuhi tugas Mata Kuliah Penelitian Pendidikan” Oleh:IQBAL ANSORINIM 080210204170FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKANPROGRAM STUDI SI PGSDUNIVERSITAS JEMBER 2009
 
 
BAB I
 
PENDAHULUAN1.Latar Belakang
Kemajuan suatu bangsa tercermin pada keberlangsungan pendidikan bangsaitu. Bangsa dengan tingkat pendidikan yang memadai diyakini mampumenciptakan kehidupan yang beradab. Artinya peningkatan mutu pendidikandianggap sebagai suatu kebutuhan bangsa yang ingin maju. Oleh karena itu, pendidikan perlu mendapat perhatian yang besar agar kita dapat mengejar ketertinggalan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi yang mutlak kita perlukan untuk mengisi pembangunanDemikian halnya dengan Indonesia menaruh harapan besar terhadap pendidik dalam perkembangan masa depan bangsa ini, karena dari sanalah tunas mudaharapan bangsa sebagai generasi penerus dibentuk.Meski diakui bahwa pendidikan adalah investasi besar jangka panjang yangharus ditata, disiapkan dan diberikan sarana maupun prasarananya dalam artimodal material yang cukup besar, tetapi sampai saat ini Indonesia masih berkutat pada problemmatika ( permasalahan ) klasik dalam hal ini yaitu kualitas pendidikan. Setelah problematika ini dicoba untuk dicari akar permasalahannyaadalah bagaikan sebuah mata rantai yang melingkar dan tidak tahu darimana harusdiawali.Terkait dengan mutu pendidikan khususnya pendidikan pada jenjang SekolahDasar ( SD ) dan Madrasah Ibtidaiyah ( MI ) sampai saat ini masih jauh dari apayang kita harapkan. Kita masih ingat dengan hangat akan standarisasi Ujian Akhir Sekolah ( UAS ) dengan nilai masing – masing mata pelajaran 4,51 banyak dikeluhkan oleh semua para pendidik bahkan oleh orang tua siswa sendiri, karenaanak atau siswanya ditakutkan tidak dapat lulus. Hal lucu yang sebenarnya tidak  perlu terjadi. Melihat kondisi rendahnya minat belajar atau hasil belajar siswatersebut beberapa upaya dilakukan salah satunya adalah peningkatan minat belajar siswa dengan menggunkan media alat perga. dengan menggunkan media duadimensi kepada siswa diharapkan siswa dapat meningkatkan aktifitas belajarnya,sehingga terjadi penyusunan (mengkontstruksi) dan penguatan terhadap meteriyang diberikan di sekolah dengan harapan siswa mampu meningkatkan hasil belajar atau prestasi siswa.
 
2.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang permasalahan sebagaimana tersebut diatas, makarumusan permasalahan yang diajukan dalam proposal ini adalah :
 Apakah melalui tehnik penggunaan media dua dimensi dapat meningkatkanminat belajar Matematika bagi siswa kelas V MI Darul Huda WonorotoUmbulsari?
1.Pemecahan MasalahImplementasiya sangat dibutuhkan guru yang profesional, guru yang profesionaldituntut menguasai sejumlah kemampuan dan keterampilan, antara lain :
1. Kemampuan menguasai bahan ajar 
2. Kemampuan dalam mengelola kelas
3. Kemampuan dalam menggunakan metode, media dan sumber  belajar 
4. Kemampuan untuk melakukan penilaian baik proses maupunhasilDengan diberikanya perlakuan dan perhatian yang lebih baik dalam belajar disekolah maupun di rumah, tentunya akan lebih baik pula penguasaan kertramilanatau konsep terhadap mata pelajaran – mata pelajaran yang dipelajarinya. Dengan penggunaan media dua dimensi secara rutin dan terorganisir dengan baik palingtidak akan mampu mengkondisikan dalam bentuk konstruktisme bagi siswa itusendiri.Demikian halnya dengan guru memberikan pemahaman konsep denganmenggunkan media dua dimensi sehingga siswa mempunyai gambaran nyatatentang materi, yang jelas mengkondisikan siswa harus belajar. Dengan polademikian tentunya anak akan lebih berminat dan tertarik dalam belajar.a. Hipotesis TindakanHipotesis yang diajukan dalam proposal penelitian ini adalah :“ Melalui penggunaan media dua dimensi dapat meningkatkan minat belajar matematika bagi siswa kelas V MI Darul Huda ”

Activity (55)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Darmin Ly added this note
ilmu itu ternyata mahal,,,dan untuk mendapatkanny hrs dibeli,,,sangat luar biasanya manusia yg seperti ini
Ririn Sutharini liked this
Satria Darmawan added this note
Pelit
Erna Wati liked this
Nurul Karimah liked this
akbe75 liked this
miftahol liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->