Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Seni Budaya Di Nusantara

Seni Budaya Di Nusantara

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 2,239 |Likes:

More info:

Published by: Aditya Dwi cahyo Nugroho on Nov 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/16/2013

pdf

text

original

 
June 22, 2006 9:05 pmSeni Budaya Nusantara
Seni Budaya
 Kebudayaan adalah hasil karya cipta manusia. Kegiatan dalam masyarakat yangberkembang menjadi pola kehidupan dan menjadi ciri khas dari masyarakat disebut juga kebudayaan. Dari pola kehidupan tersebut dihasilkan suatu karya yang sangatindah disebut seni. Seni dan budaya berkembang seiring dengan waktu. Pada zamandulu, setiap suku bangsa mempunyai adat istiadat yang mereka junjung tinggi. Adatistiadat merupakan warisan dari nenek moyang yang masih dipelihara sampai sekarangdan dikenal sebagai budaya tradisional.Berkembangnya arus informasi memberikan dampak terhadap seni dan budaya.Dengan adanya fasilitas telekomunikasi yang canggih seperti internet, masyarakatdapat dengan mudah dan cepat mendapatkan informasi apapun, termasuk seni danbudaya. Fasilitas ini dapat memberikan kemudahan untuk mengetahui lebih jauhmengenai perkembangan seni dan budaya baik yang bersifat tradisional maupunmodern.Ide tersebut menjadi dasar pola pemikiran bagi kami yang berkecimpung di bidang jasainformasi melalui internet dengan kekhususan seni dan budaya. Manifestasi dari ide ituadalah situs ini. Kami berusaha keras untuk mengumpulkan informasi sebanyakmungkin mengenai seni dan budaya sehingga situs kami dapat dijadikan referensi bagisiapa pun.kunjungihttp://www.senibudaya-nus.co.id/Musik Nusantara
A. Pengertian Musik Nusantara
Musik Nusantara
adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara ini, yang menunjukkanatau menonjolkan ciri keindonesiaan, baik dalam bahasa maupun gaya melodinya. MusikNusantara terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik langgam,musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop.
B. Sejarah Musik Nusantara
Terdapat tahapan- tahapan perkembangan musik Indonesia (nusantara). tahapan tersebutadalah sebagai berikut.
Masa sebelum masuknya pengaruh Hindu- Buddha
Pada masa ini, musik dipakai sebagai bagian dari kegiatan ritual masyarakat. Dalambeberapa kelompok, bunyi- bunyian yang dihasilkan oleh anggota badan atau alat tertentudiyakini memiliki kekuatan magis. Instrumen atau alat musik yang digunakan umumnyaberasal dari alam sekitarnya.
Masa setelah masuknya pengaruh Hindu- Buddha
Pada masa ini, berkembanglah musik- musik istana (khususnya di Jawa). saat itu, musiktidak hanya dipakai sebagai bagian ritual saja, tetapi juga dalam kegiatan- kegiatankeistanaan (sebagai sarana hiburan para tamu raja). Musik istana yang berkembang adalahmusik gamelan. Musik gamelan terdiri dari 5 kelompok, yaitu kelompok balungan, kelompokblimbingan, kelompok pencon, kelompok kendang,dan kelompok pelengkap.
Masa setelah masuknya pengaruh Islam
 
Selain berdagang dan menyebarkan agama islam, para pedagang arab jugamemperkenalkan musik mereka. Alat musik mereka berupa gambus & rebana. dari prosesitulah muncul orkes- orkes gambus di nusantara (Indonesia) hingga saat ini.
Masa Kolonialisme
Masuknya bangsa Barat ke Indonesia juga membawa pengaruh besar dalam perkembanganmusik Indonesia. Para pendatang ini memperkenalkan berbagai alat musik dari negerimereka, misalnya biola, selo (cello), gitar, seruling (flute), dan ukulele. Mereka punmembawa sistem solmisasi dalam berbagai karya lagu. Itulah masa- masa perkembanganmusik modern Indonesia. Saat itu,para musisi Indonesia menciptakan sajian musik yangmerupakan perpaduan musik barat dan musik Indonesia . Sajian musik itu dikenal sebagaimusik keroncong.
Masa Kini
Seiring dengan masuknya media elektronik ke Indonesia,masukpula berbagai jenis musikbarat, seperti pop, jazz, blues, rock, dan R&B. demikian pula dengan musik- musik negeriIndia yang banyak dibawa melalui film- filmnya. Dari perkembangan ini, terjadi perpaduanantara musik asing dengan musik Indonesia. Musik India mengalami perpaduan denganmusik melayu sehingga menghasilkan jenis musik dangdut. Maka, muncul pula berbagaimusisi Indonesia yang beraliran pop, jazz, blues, rock, dan R&B. Berkembang pula jenismusik yang memadukan unsur kedaerahan Indonesia dengan unsur musik barat, terutamaalat- alat musiknya. Jenis musik ini sering disebut musik etnis.
C. Fungsi Musik Nusantara
Secara umum, fungsi musik bagi masyarakat Indonesia antara lain sebagai sarana ataumedia upacara ritual, media hiburan, media ekspresi diri, media komunikasi, pengiring tari,dan sarana ekonomi.
Sarana upacara budaya (ritual)
Musik di Indonesia, biasanya berkaitan erat dengan upacara- upacara kematian, perkawinan,kelahiran, serta upacara keagamaan dan kenegaraan. Di beberapa daerah, bunyi yangdihasilkan oleh instrumen atau alat tertentu diyakini memiliki kekuatan magis. Oleh karenaitu, instrumen seperti itu dipakai sebagai sarana kegiatan adat masyarakat.
Sarana Hiburan
Dalam hal ini, musik merupakan salah satu cara untuk menghilangkan kejenuhan akibatrutinitas harian, serta sebagai sarana rekreasi dan ajang pertemuan dengan warga lainnya.Umumnya masyarakat Indonesia sangat antusias dalam menonton pagelaran musik. Jikaada perunjukan musik di daerah mereka, mereka akan berbondong- bondongmendatangitempat pertunjukan untuk menonton.
Sarana Ekspresi Diri
Bagi para seniman (baik pencipta lagu maupun pemain musik), musik adalah media untukmengekspresikan diri mereka. Melalui musik, mereka mengaktualisasikan potensi dirinya.Melalui musik pula, mereka mengungkapkan perasaan, pikiran, gagasan, dan cita- citatentang diri, masyarakat, Tuhan, dan dunia.
Sarana Komunikasi
Di beberapa tempat di Indonesia, bunyi- bunyi tertentu yang memiliki arti tertentu bagianggota kelompok masyarakatnya. Umumnya, bunyi- bunyian itu memiliki pola ritme tertentu,dan menjadi tanda bagi anggota masyarakatnya atas suatu peristiwa atau kegiatan. Alatyang umum digunakan dalam masyarakat Indonesia adalah kentongan, bedug di masjid, danlonceng di gereja.
Pengiring Tarian
Di berbagai daerah di Indonesia, bunyi- bunyian atau musik diciptakan oleh masyarakatuntuk mengiringi tarian- tarian daerah. Oleh sebab itu, kebanyakan tarian daerah diIndonesia hanya bisa diiringi olehmusik daerahnya sendiri. Selain musik daerah, musik-
 
musik pop dan dangdut juga dipakai untuk mengiringi tarian- tarian modern, seperti dansa,poco- poco, dan sebagainya.
Sarana Ekonomi
Bagi para musisi dan artis professional, musik tidak hanya sekadar berfungsi sebagai mediaekspresi dan aktualisasi diri. Musik juga merupakan sumber penghasilan. Mereka merekamhasil karya mereka dalam bentuk pita kaset dan cakram padat (Compact Disk/CD) sertamenjualnya ke pasaran. Dari hasil penjualannya ini mereka mendapatkan penghasilan untukmemenuhi kebutuhan hidup. Selain dalam media kaset dan CD. Para musisi juga melakukanpertunjukan yang dipungut biaya. Pertunjukan tidak hanya dilakukan di suatu tempat, tetapi juga bisa dilakukan di daerah- daerah lain di Indonesia ataupun di luar Indonesia.
D. Ragam Musik Nusantara
Ragam musik di Indonesia dapat dibedakan atas musik tradisi, musik keroncong, musikdangdut, musik perjuangan, dan musik pop.
Musik Daerah/Tradisional
Musik daerah atau musik tradisional adalah musik yang lahir dan berkembang di daerah-daerah di seluruh Indonesia. Ciri khas pada jenis musik ini teletak pada isi lagu daninstrumen (alat musiknya). Musik tradisi memiliki karakteristik khas, yakni syair danmelodinya menggunakan bahasa dan gaya daerah setempat. Indonesia adalah sebuahnegara yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Papua hingga Aceh. Dari sekianbanyaknya pulau beserta dengan masyarakatnya tersebut lahir, tumbuh dan berkembang.Seni tradisi yang merupakan identitas, jati diri, media ekspresi dari masyarakatpendukungnya.Hampir diseluruh wilayah Indonesia mempunyai seni musik tradisional yang khas. Keunikantersebut bisa dilihat dari teknik permainannya, penyajiannya maupun bentuk/organologiinstrumen musiknya. Hampir seluruh seni tradisional Indonesia mempunyai semangatkolektivitas yang tinggi sehingga dapat dikenali karakter khas orang/masyarakat Indonesia,yaitu ramah dan sopan. Namun berhubung dengan perjalanan waktu dan semakinditinggalkanya spirit dari seni tradisi tersebut, karekter kita semakin berubah dari sifat yangmenjunjung tinggi nilai-nilai kebersamaan menjadi individual/egoistis. begitu banyaknya senitradisi yang dimiliki bangsa Indonesia, maka untuk lebih mudah mengenalinya dapat digolongkan menjadi beberapa kelompok yaitu alat musik/instrumen perkusi, petik dan gesek.
I. Instrumen Musik Perkusi.
Perkusi adalah sebutan bagi semua instrumen musik yang teknik permainannya di pukul,baik menggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini beberapa instrumen musik yangtergolong dalam alat musik perkusi adalah, Gamelan, Arumba, Kendang, kolintang, tifa,talempong, rebana, bedug, jimbe dan lain sebagainya.Gamelan adalah alat musik yang terbuat dari bahan logam. Gamelan berasal dari daerahJawa Tengah, DI. Yogyakarta, Jawa Timur juga di Jawa Barat yang biasa disebut denganDegung dan di Bali (Gamelan Bali). Satu perangkat gamelan terdiri dari instrumen saron,demung, gong, kenong, slenthem, bonang dan beberapa instrumen lainnya. Gamelanmempunyai nada pentatonis/pentatonic.Talempong adalah seni musik tradisi dari Minangkabau/Sumatera Barat. Talempong adalahalat musik bernada diatonis (do, re, mi, fa, sol, la, ti, do)Kolintang atau kulintang berasal dari daerah Minahasa/ Sulawesi Utara. Kolintangmempunyai tangga nada diatonis/diatonic yang semua instrumennya terdiri dari bas, melodisdan ritmis. Bahan dasar untuk membuat kulintang adalah kayu. Cara untuk memainkan alatmusik ini di pukul dengan menggunakan stik.Arumba (alunan rumpun bambu) berasal dari daerah Jawa Barat. Arumba adalah alat musikyang terbuat dari bhan bambu yang di mainkan dengan melodis dan ritmis. Pada awalnyaarumba menggunakan tangga nada pentatonis namun dalam perkembangannyamenggunakan tangga nada diatonis.

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
lai_urf liked this
Ryofumy Shun liked this
Muktar Ismail liked this
Nad Yeacz liked this
Permata Aaina liked this
itinimoetz liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->