Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
35Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Poligami menurut ajaran islam

Poligami menurut ajaran islam

Ratings: (0)|Views: 7,684|Likes:
Published by api-19773958

More info:

Published by: api-19773958 on Nov 28, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
PoligamiMenurut Pandangan Islamdan Siswa-Siswi SMA 38 Jakarta
Tugas Bahasa IndonesiaOleh :
Dina AgustinaFitria D. DewantariIkrima Nur EndahPatra TiganaYulizar Ade PutraKelompok 8
SMAN 38 JAKARTA
 
Kata Pengantar
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa,yang telah berkenan memberi kekuatandan petunjuk kepada kami sehingga karya ilmiah kelompok kami dapat selesai dengan tepat waktu.Karya ilmiah ini bertujuan untuk mengangkat permasalahan poligami yang sedang banyak dibicarakanmasyarakat dan untuk mengetahui hokum poligami dalam agama islam serta pandangan poligamimenurut siswa-siswi SMA 38 Jakarta.Tidak lupa kami haturkan ucapan terima kasih kepada Ibu Sita selaku guru mata pelajaran BahasaIndonesia yang telah membimbing kami dalam pembuatan karya ilmiah ini dan kepada siswa-siswiSMA 38 yang telah meluangkan waktunya untuk mengisi angket.Harapan kami,semoga karya ilmiah ini dapat bermanfaat bagi pembaca,dan dapat memberikangambaran negative dari poligami serta memberikan pandangan-pandangan poligami menurut islam danSMAN 38 yang dapat dijadikan pelajaran dalam hidup.
BAB IPendahuluan1.1 Latar Belakang
Poligami merupakan suatu tindakan yang saat ini masih menjadi pro-kontra di masyarakat. Hal inidikarenakan perbedaan pandangan masyarakat akan poligami itu sendiri. Masih banyak masyarakatyang menganggap poligami adalah suatu perbuatan yang negatif. Ini terjadi karena poligami dianggapmenyakiti kaum wanita dan hanya menguntungkan bagi kaum pria saja. Di Indonesia sendiri, masih belum adanya Undang-Undang yang menjelaskan secara rinci boleh tidaknya poligami dilakukan.Tujuan hidup berkeluarga adalah untuk mendapatkan kebahagiaan lahir dan batin. Namun denganadanya poligami yang dilakukan sang suami, kebahagiaan dalam rumahtangga dapat menjadi hilang.Keharmonisan dalam keluarga juga akan hilang. Hal ini tentu merugikan bagi istri dan anak-anaknyakarena mereka beranggapan bahwa mereka tidak akan mendapatkan perlakuan yang adil dari sangsuami.Pandangan masyarakat terhadap poligami beragam, ada yang setuju namun ada juga yang menentang.Terlebih lagi bagi kaum hawa yang merasa dirugikan, karena harus berbagi dengan yang lain. Hal inidiperparah dengan perekonomian keluarga yang tidak memungkinkan poligami. Berdasarkan uraian itulah kami memilih judul “Poligami Menurut pandangan Islam dan Siswa-Siswi SMA 38” untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang permasalahan poligami yang masih menjadi pro-kontra masyarakat.
1.2 Pembatasan Masalah
Mengingat terbatasnya waktu dalam penulisan karya ilmiah ini, kami hanya membatasi pembahasan“Poligami Menurut Pandangan Islam dan Siswa-Siswi SMA 38 Jakarta”.
1.3 Tujuan Pembahasan Masalah
Untuk mengetahui pandangan islam dan siswa siswi SMA 38 terhadap poligami.
1.4 Metode Penulisan
Kelompok kami menggunakan metode penelitian dan kepustakaan dalam membuat karya tulis ilmiahini. Kami mencari data dengan membaca beberapa buku dan beberapa sumber dari internet mengenai poligami. Kami juga menyebarkan angket dalam pencarian data.
 
1.5 Sistematika Penulisan
Bab I Pendahuluan1.1 Latar Belakang1.2 Pembatasan Masalah1.3 Tujuan Pembahasan Masalah1.4 Metode Penulisan1.5 Sistematika PenulisanBab II Isi2.1 Pengertian Poligami2.1.1.Pengertian Poligami Menurut Pandangan Islam2.1.2. Pengertian Poligami Menurut Para Ulama2.2 Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Seseorang Berpoligami2.2.1. Faktor Biologis2.2.2 Faktor Internal Rumah Tangga2.2.3. Faktor Sosial2.3 Dampak Negatif Poligami2.3.1. Dampak Negatif Poligami Terhadap Kehidupan Keluarga2.3.2. Dampak Negatif Poligami Terhadap Istri2.3.3. Dampak Negatif Poligami Terhadap Anak 2.4 Pandangan Siswa-Siswi SMA 38 Terhadap Poligami
BAB IIISI2.I Pengertian Poligami
Dalamantropologi sosial, poligami merupakan praktik  pernikahankepada lebih dari satu suami atau istri (sesuai dengan jenis kelamin orang bersangkutan) sekaligus pada suatu saat (berlawanan denganmonogami, di mana seseorang memiliki hanya satu suami atau istri pada suatu saat).Terdapat tiga bentuk poligami, yaitu poligami (seorang pria memiliki beberapa istri sekaligus), poliandri(seorang wanita memiliki beberapa suami sekaligus), dan  pernikahan kelompok ( bahasa Inggris: group marriage, yaitu kombinasi poligami dan poliandri). Ketiga bentuk poligami tersebutditemukan dalam sejarah, namum poligami merupakan bentuk yang paling umum terjadi.Walaupun diperbolehkan dalam beberapa kebudayaan, poligami ditentang oleh sebagian kalangan.Terutama kaum feminismenentang poligini, karena mereka menganggap poligini sebagai bentuk   penindasan kepada kaum wanita.Islampada dasarnya memperbolehkan seorang pria beristri lebih dari satu (poligini). Islammemperbolehkan seorang pria beristri hingga empat orang istri dengan syarat sang suami harus dapat berbuat adil terhadap seluruh istrinya (Suratan-Nisaayat 34:3). Poligini dalam Islam baik dalam hukum maupun praktiknya, diterapkan secara bervariasi di tiap-tiap negara dengan mayoritas penduduk  beragama Islam. Di Indonesia sendiri terdapat hukum yang memperketat aturan poligini untuk  pegawainegeri, dan sedang dalam wacana untuk diberlakukan kepada publik secara umum.Tunisiaadalah contoh negara arabdimana poligini tidak diperbolehkan. Menurut Gustave Le Bon, di Eropa tidak ada praktik atau tradisi timur yang dikritik dengan begitusengitnya selain poligami.
2.1.1. Poligami Menurut Pandangan Islam

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ieda Syidah liked this
Wawan Noer liked this
slavoniap liked this
Joko Teguh liked this
Yuyu Lili liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->