Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
160Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Atenuasi dan Distorsi

Atenuasi dan Distorsi

Ratings: (0)|Views: 9,591 |Likes:
Published by api-19784032

More info:

Published by: api-19784032 on Nov 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/18/2014

pdf

text

original

 
almaadin@gmail.com 
MakalahData Communication
Attenuation and Distortion
Oleh
 
:
 
1.
 
 Ahmad
 
Hidayat
 
(2204.100.101)
 
2.
 
 Yuni
 
 Almaadin
 
(2206.100.035)
 
 3.
 
 Wahyu
 
Puja
 
Pradinta
 
(2206.100.112)
 
4.
 
Robby 
 
Hartanto
 
(2206.100.174)
 
Jurusan Teknik ElektroFakultas Teknologi IndustriInstitut Teknologi Sepuluh NopemberSurabaya
 
almaadin@gmail.com 
PENDAHULUAN
1.
 
Latar belakang
Pada setiap system telekomunikasi, selalu memiliki kelemahan-kelemahan. Salahsatu kelemahan dalam system telekomunikasi adalah kelemahan dalam prosestransmisinya. Beberapa hal yang sering menjadi masalah dalam proses transmisidata maupun voice adalah attenuasi dan distorsi. Attenuasi adalah gejalapelemahan sinyal yang terjadi pada proses transmisi sinyal informasi. Sedangkandistorsi adalah sebuah perubahan suara yang terjadi ketika amplitudo sinyalmelebihi range yang tersedia. Hasilnya adalah timbulnya artifact harmonistambahan seiring bentuk waveform berubah. Untuk mengatasi kelemahan-kelemahan itu, maka transmisi dirancang dengan memperhatikan beberapa hal.Yang pertama sinyal yang diterima harus mempunyai kekuatan yang cukupsehingga penerima dapat mendeteksi dan mengartikan sinyal tersebut. Yang keduasinyal harus mencapai suatu level yang cukup tinggi daripada noise agar diterimatanpa error. Dan juga attenuation adalah suatu fungsi dari frekuensi sehinggadiperlukan suatu penguat frekuensi.
2.
 
Pembatasan masalah
Dalam penulisan makalah ini kami membatasi pokok bahasan agar tidak keluardari masalah yang kita bahas. Masalah-masalah yang akan kita bahas adalahattenuasi dan distorsi yang mencakup pengertian, perhitungan, cara mengatasi,dan beberapa hal yang berkaitan dengan kedua hal tersebut.
3.
 
Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah untuk mengetahui kelemahan-kelemahan dalam system transmisi data dan cara mengatasinya.
 
almaadin@gmail.com 
PEMBAHASAN
Pada sistem komunikasi manapun, sinyal yang diterima akan selalu berbedadari sinyal yang dikirim. Pada sinyal analog, hal ini berarti dihasilkan variasimodifikasi random yang menurunkan kualitas sinyal. Pada sinyal digital, yaituterjadinya bit error artinya binary '1' akan menjadi binary '0' dan sebaliknya.Kelemahan yang paling signifikan yaitu :• Attenuation dan attenuation distorsi (pelemahan dan distorsi oleh pelemahan).• Delay distorsi (distorsi oleh delay).
Attentuation
Attenuation mengacu pada pelemahan sinyal selama ia berjalan melaluikabel. Ia kadang disebut sebagai roll off. Selama sinyal mengalir melalui kawat,gelombang kotaknya berubah bentuk sejauh ia mengalir. Jadi, attenuasisebenarnya adalah fungsi dari panjang kabel. Jika sinyal mengalir terlalu jauh,iabisa menurun kualitasnya sehingga stasiun penerimanya tidak mampu lagimenginterpretasikannya dan komunikasi akan gagal.Dalam arti lain atenuasi adalah melemahnya sinyal yang diakibatkan olehadanya jarak yang semakin jauh yang harus ditempuh oleh suatu sinyal dan jugaoleh karena makin tingginya frekuensi sinyal tersebutApabila sebuah sinyal dilewatkan suatu medium seringkali mengalamiberbagai perlakuan dari medium (kanal) yang dilaluinya. Ada satu mekanismedimana sinyal yang melewati suatu medium mengalami pelemahan energi yangselanjutnya dikenal sebagai atenuasi (pelemahan atau redaman) sinyal.

Activity (160)

You've already reviewed this. Edit your review.
ijin sedot om .. makasih share nya
Ida Loy added this note
apa penyebab atenuasi
1 thousand reads
1 hundred reads
Hadratul Hendra liked this
Febri Aryanti liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->