Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
3Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis TIK

Kegiatan Belajar Mengajar Berbasis TIK

Ratings: (0)|Views: 932|Likes:
Published by Kebonsapi
Sebuah makalah yang disusun dalam rangka memenuhi tugas Bahasa Indonesia kelas XI dan berisikan tentang proses KBM yang didasari atau menggunakan TIK.
Sebuah makalah yang disusun dalam rangka memenuhi tugas Bahasa Indonesia kelas XI dan berisikan tentang proses KBM yang didasari atau menggunakan TIK.

More info:

Published by: Kebonsapi on Nov 29, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/10/2011

pdf

text

original

 
MAKALAH BAHASA INDONESIA
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR BERBASIS TEKNOLOGIINFORMASI DAN KOMUNIKASI
Oleh:
1.Guge Faizal Rahman Bastari(18)2.Hanif Ilmawan(21)3.Rofik Susetyo Nugroho(35)4.Saktiyan Abiyanto(37)5.Tegar Okta Yogana(39)
KELAS XI IA 7SMA NEGERI 1 PURWOKERTO
 
TAHUN AJARAN 2008/2009
2
 
BAB IPENDAHULUAN
1.1
LATAR BELAKANG
Peradaban manusia semakin maju. Hal itu dapat kita lihat pada semuasektor kehidupan. Fleksibilitas juga dituntut untuk memenuhi kebutuhanmanusia yang semakin banyak. Salah satu jawaban yang mampu untuk menjawab kebutuhan manusia yang ada adalah Teknologi Informasi danKomunikasi. Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah teknologi yangerat kaitannya dengan barang-barang elektronika.Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah tumpuan utama dalammenghadapi era globalisasi. Semua urusan dapat dengan mudah dan cepatdiselesaikan dengan adanya TIK. Teknologi Informasi dan Komunikasimerupakan suatu hal yang amat penting bagi negara-negara yang ada didunia, khususnya negara-negara maju. Semua negara maju bersaing untuk mengembangkan dan berinovasi terus menerus dalam bidang TIK.Indonesia sebagai negara berkembang sementara ini belum mampu bersaingdengan negara-negara maju di dunia dalam hal TIK, akan tetapi setidaknyaIndonesia telah menggunakan TIK.Indonesia saat ini telah mulai mengembangkan Kegiatan BelajaBerbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Secara ringkas hal itu dapatdiartikan bahwa semua kegiatan belajar didasarkan pada teknologi informasidan komunikasi, atau dengan kata lain dalam belajar kita diharapkan mampumenggunakan TIK secara maksimal untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Konsekuensi dari hal tersebut adalah diikutsertakannya TIK sebagai salah satu mata pelajaran yang diajarkan ditingkat SMP dan SMA, bahkan ditingkat SD. Dengan adanya mapel TIK pada setiap jenjang pendidikan, diharapkan semua siswa mampu menguasai paling tidak tingkatdasar dari TIK itu sendiri. Guru sebagai pembimbing juga harus menguasaiTIK dengan lebih baik. Apabila semua komponen yang ada dalam system pendidikan saling bekerja sama dengan solid bukan tidak mungkin suatusaat Indonesia akan menjadi negara maju dalam hal TIK.Menurut Rosenberg (2001), dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam proses pembelajaran yaitu:
(1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertaske “on line” atau saluran, (4) fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5)
3

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->