Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
72Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah pancasila

makalah pancasila

Ratings: (0)|Views: 6,747 |Likes:
Published by Amalia Yuli Astuti
mengenai dasar-dasr falsafah pancasila
mengenai dasar-dasr falsafah pancasila

More info:

Published by: Amalia Yuli Astuti on Nov 30, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/16/2013

pdf

text

original

 
BAB 1PENDAHULUANA.Latar Belakang
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia, atau disingkatdengan UUD 1945, adalah konstitusi Negara Indonesia saat ini. UUD 1945disahkan sebagai undang-undang dasar negara oleh PPKI pada tanggal 18Agustus 1945. Sejak tanggal 27 Desember 1949 di Indonesia berlakuKonstitusi RIS, dan sejak tanggal 17 Agustus 1950 berlaku UUDS 1950.Dekrit Presiden 5 Juli 1959 kembali memberlakukan UUD 1945,dengandikukuhkan sebagai aklamasi pada tanggal 22 Juli 1959.Pada kurun waktu 1999-2002, UUD 1945 telah mengalami empatkali perubahan yang mengubah susunan lembaga-lembaga dalam sistemketatanegaraan Republik Indonesia.Aspirasi untuk mengadakan perbaikan terhadap UUD 1945 inidilandasi oleh buruknya penyelenggaraan negara, terutama pada masa orde baru. Pada kenyataannya kekuasaan tertinggi saat itu tidak dipegang olehMPR melainkan dipengang sepenuhnya oleh presiden. Banyaknya pendapat yang muncul untuk mengamandemen UUD 1945.Amandemen benar-benar harus dilakukan saat itu sebab terjadikemelut politik dan krisis kepercayaan akibat dari adanya krisis moneter tahun 1997. Begitu kompleks masalah yang menyelimuti bangsamemperlihatkan kelemahan sistemik UUD 1945, yang menyebabkannyatidak mampu memberikan solusi untuk memecahkan masalah negara.Sebenarnya ketidakmampuan itu bukan hanya karena kesalahan kebijakan pemerintah dan ketidakmampuan presiden. Tetapi adalah kurangnyasemangat para penyelenggara negara. Ada sebuah faktor penting yangdilupakan saat itu untuk mengatasi keadaan yaitu tidak adanya dukungandan kepercayaan masyarakat luas.
1
 
Pada dasarnya terdapat dua hal utama yang melatarbelakangi studiini. Pertama, UUD 1945 memiliki banyak kelemahan yang menyebabkan banyak permasalahan pada kondisi kehidupan bernegara. Kedua,sebagaimana banyak dinyatakan oleh pakar hukum tata negara selama ini, para perumus UUD 1945 sendiri sudah menyadari bahwa UUD tersebutUUD sementara yang harus segera diselesaikan karena dorongan situasistrategis untuk memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.Terdapat pihak yang pro dan kontra terhadap amandemen UUD1945, karena kondisi kehidupan rakyat Indonesia yang makin memburuk. Namun ada beberapa pihak yang menyatakan kemajuan bangsa setelahamandemen. Oleh karena itu, pada makalah ini akan dibahas beberapa pendapat mengenai amandemen UUD 1945. Serta berbagai diskusimengenai adanya amandemen UUD 1945.
B.
Permasalahan
Kondisi negara yang memburuk pasca orde baru menyebabkanadanya perdebatan dalam berbagai bidang. Hal yang langsung menjadisorotan adalah masalah konstitusi negara. Konstitusi adalah naskah tertulisdan sebagai keseluruhan dari peraturan, baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Istilah “constitutionbagi sarjana ilmu politik merupakankeseluruhan peraturan, baik yang tertulis maupun tidak, yang mengatur secara mengikat cara-cara bagaimana suatu pemerintah diselenggarakandalam masyarakat. Sementara di Indonesia, istilah konstitusi sudahterbiasa diartikan sebagai undang-undang dasar.Maka dilakukanlah amandemen terhadap UUD 1945. Diharapkandengan adanya perubahan terhadap beberapa isi undang-undang dasar,kehidupan bernegara akan menjadi lebih baik. Namun sampai sekarang belum ada hasil yang terlihat jelas dari amandemen UUD 1945. Melihatkenyataan yang ada kesejahteraan masyarakat belum tercapai dan makin
2
 
 banyaknya jumlah rakyat yang miskin. Tujuan dari amandemen adalahuntuk memperbaiki kondisi bangsa yang memburuk. Namun apakah itusudah tercapai. 
C.Tujuan
Pengkajian terhadap permasalahan di atas diharapkan dapatmemenuhi tujuan sebagai berikut :1.Memberikan argumentasi tentang amandemen UUD 1945.2.Perlukah adanya amandemen kelima UUD 1945.
3.
Memberikan tanggapan terhadap penyimpangan mengenai isi pasalyang berubah pada Pancasila.
4.
Memberikan beberapa kesimpulan mengenai amandemen UUD 1945.5.Memberikan solusi untuk pemerintah mengenai pelaksanaanamandemen UUD 1945.
D.Pembatasan Masalah
Pada kali ini ada beberapa hal yang mungkin tidak disajikan dalammakalah ini. Disebabkan beberapa hal yang dapat menyebabkan cakupandari permasalahan terlalu banyak sehingga pembahasan masalah tidak fokus dan terlalu lebar. Oleh karena itu, hanya disajikan beberapa pendapatserta tanggapan mengenai pasal-pasal yang diamandemen. Namun hal lainmengenai adanya praktik UUD 1945 dalam kehidupan bernegara akandibatasi pada hal-hal tertentu saja. Seperti yang berhubungan dengankehidupan politik kenegaraan.
3

Activity (72)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eko Supriyadi liked this
Eko Supriyadi liked this
Eko Supriyadi liked this
Nesya Tropica liked this
Rafka Ryo liked this
Anton Caseres liked this
lintangf liked this
Ihwal Praja liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->