Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
25Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rangkuman Fisika

Rangkuman Fisika

Ratings: (0)|Views: 8,043|Likes:

More info:

Published by: Suhartini Lestari Putri on Dec 01, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/07/2012

pdf

text

original

 
A. Pengertian Energi
Segala sesuatu yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-harimembutuhkan energi. Untuk bertahan hidup kita membutuhkan energi yangdiperoleh dari makanan. Setiap kendaraan membutuhkan energi untuk bergerakdan energi itu diperoleh dari bahan bakar. Hewan juga membutuhkan energiuntuk hidup, sebagaimana manusia dan tumbuhan.Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja/usaha. Satuan energidalam SI adalah joule (J). Satuan lain untuk energi adalah kalori (kal). Hubunganantara joule dan kalori adalah sebagai berikut :
1 kalori = 4,2 joule atau 1 joule =0,24 kalori
1.Bentuk-bentuk Energi
a.Energi Panas (Kalor)
Energi panas (kalor) timbul karena adanya energi kinetik partikel-partikelpenyusun benda. Jika suhu benda makin tinggi, maka gerakan partikel semakincepat sehingga energi panas yang dihasilkan semakin besar. Jadi, energi panas(kalor) adalah energi yang dihasilkan oleh gerakan partikel penyusun benda.
b.Energi Listrik
Energi Listrik adalah energi akhir yang dibutuhkan bagi peralatan listrikuntuk menggerakkanmotor ,lampupenerangan, memanaskan, mendinginkan ataupun untuk menggerakkan kembali suatu peralatan mekanik untukmenghasilkan bentuk energi yang lain. Energi yang dihasilkan ini dapat berasaldari berbagai sumber misalnya,air ,minyak,batu bara,angin,panas bumi,nuklir , mataharidan lainnya. Energi ini besarnya dari beberapavoltsampai ribuan hingga jutaan volt.
c.Energi Bunyi
Energi bunyi dihasilkan oleh benda yang bergetar, misal gitar yang dipetikatau bel listrik. Secara umum, semua benda yang bergetar akan menghasilkanenergi yang disebut energi bunyi.
d.Energi Cahaya
Energi cahaya merupakan gelombang elektromagnetik, misal yangdipancarkan dari matahari atau lampu pijar.
e.Energi Nuklir 
Energi nuklir berasal dari reaksi pembelahan atom (reaksi fisi) ataupenggabungan atom (reaksi fusi). Energi ini dihasilkan oleh bahan-bahanradioaktif. Penggabungan atau pembelahan inti atom akan melepaskan energiyang sangat besar sebagai hasil perubahan di dalam inti atom.
 
2.Pemanfaatan Energi dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebagian besar energi yang kita gunakan berasal dari Bahan BakaMinyak (BBM). Bahan bakar minyak merupakan enrgi yang tidak dapatdiperbaharui.Sumber energi yang paling utama di Bumi adalah matahari, tetapiterdapat sumber energi lain yang dapat digunakan untuk kesejahteraan manusiaseperti energi angin, energi panas bumi, energi pasang surut, energi listrik,energi biogas, dan energi nuklir.
a.Energi Matahari
Energi surya atau matahari telahdimanfaatkan di banyak belahan dunia dan jika dieksplotasi dengan tepat, energi iniberpotensi mampu menyediakan kebutuhankonsumsi energi dunia saat ini dalam waktuyang lebih lama. Matahari dapat digunakansecara langsung untuk memproduksi listrikatau untuk memanaskan bahkan untukmendinginkan. Potensi masa depat energisurya hanya dibatasi oleh keinginan kitauntuk menangkap kesempatan.
b. Energi Angin
Energi angin merupakan salah satusumber energi alternatif untuk pembangkitanuntuk pembangkitan listrik dan sedangmendapatkan perhatian besar dari duniadikarenakan sifatnya yang terbarukan danramah lingkungan.
c.Energi ai
Potensi energi air danpemanfaatannya pada umumnya berbedabila dibandingkan dengan penggunaantenaga lain. Sumber tenaga air secara teratur dibangkitkan kembali karena adanyapemanasan sinar matahari, sehingga sumber tenaga air merupakan sumber yang dapatdiperbaharui.Potensi secara keseluruhan tenaga air relatif kecil bila dibandingkan dengan jumlahsumber bahan bakar fosil.Penggunaan tenaga air merupakan pemanfaatan multiguna, karenadikaitkan dengan irigasi, pengendalian banjir, perikanan darat dan pariwisata.
 
Pembangkit listrik tenaga air dilakukan tanpa adanya perubahan suhu,karena tidak ada proses pembakaran bahan bakar. Sehingga mesin hidro yangdipakai bisa lebih tahan lama bila dibandingkan dengan mesin bahan bakar.
d.Energi Panas Bumi
Energi panas bumi adalahenergiyangdiekstraksi daripanasyang tersimpan didalambumi
.
Energi panas bumi ini berasaldariaktivitas tektonikdi dalambumiyang terjadi sejakplanetini diciptakan.Panasini  juga berasal daripanas matahariyangdiserap olehpermukaan bumi.Energiini telah dipergunakan untuk memanaskan(ruangan ketikamusim dinginatauair ) sejak peradabanRomawi, namun sekarang lebihpopuler untuk menghasilkanenergi listrik.Sekitar 10 Giga Wattpembangkit listriktenaga panas bumitelah dipasang di seluruhduniapada tahun 2007, dan menyumbangsekitar 0.3% totalenergi listrik dunia.Energi panas bumi cukup ekonomis danramah lingkungan, namun terbatashanya pada dekat areaperbatasan lapisan tektonik.
e.Energi Pasang Surut
Energi pasang surut adalahenergi gerak laut yang diakibatkan olehfenomena pasang surut air laut.Fenomena pasang surut air lautmerupakan perbedaan ketinggianpermukaan air laut pada sebuah tempatyang diakibatkan oleh kombinasi gayagravitasi bulan dan matahari sertagerakan revolusi bumi. Pengaruh gayagravitasi bulan lebih besar dari gayagravitasi matahari. Hal ini terjadi karenawalaupun bulan lebih kecil darimatahari, tetapi posisinya lebih dekat kebumi.
f.Energi Nukli
Energi nuklir yang berkembang saat ini memang berkisar tentangpenggunaan energi nuklir dalam bentuk bom nuklir dan bayangan buruk tentangmusibah hancurnya reaktor nuklir di Chernobyl. Isu-isu ini telah membentukbayangan buruk dan menakutkan tentang nuklir dan pengembangannya.Padahal, pemanfaatan yang bijaksana, bertanggung jawab, dan terkendali atas

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Joy Setia'one liked this
Agustinus Agung liked this
Dewii C. Bagas Kara added this note|
ada yang lebih ringkas gak ya ?
Tika Dirli liked this
shawol liked this
shawol liked this
Grace Anne liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->