Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
1Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
x

x

Ratings: (0)|Views: 337|Likes:

More info:

Published by: hidup-di-dalam-kesendirian-7072 on Dec 02, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/02/2009

pdf

text

original

 
Latar Belakang Perkembangan Pendidikan Dan AwalMunculnya Kesadaran Nasional
Peranan pendidikan sangatlah menentukan munculnya golongan baruyaitu golongan intelegensia. Proses modernisasi yang tumbuh dalammasyarakat Indonesia pada tahap awal memiliki ciri-ciri sbb.1.tumbuhnya organisasi modern;2.tumbuhnya golongan terpelajar Indonesia yang dapat melihat lebihtajam akibat penjajahan;3.tumbuhnya kesadaran kebangsaan melalui peristiwa lahirnya BudiUtomo dengan Sumpah Pemuda dan puncaknya yaitu ProklamasiKemerdekaan 17 Agustus 1945;4.berorientasi pada organisasi modern.Pendidikan telah menyadarkan bangsa Indonesia untuk mengenaldirinya sendiri. Pemimpin bangsa Indonesia pada tahap awal, sekolah-sekolah didirikan oleh Belanda bukan untuk mencerdaskan bangsaIndonesia, tetapi semata-mata untuk memenuhi tenaga rendah dan Belanda pada permulaan abad ke-20 tidak dimaksudkan untuk meningkatkankemakmuran rakyat, melainkan lebih mengurus kepada proses pembaratan bagi penduduk bumiputra. Proses pembaratan ini merupakan usaha untuk menguasai penduduk bumiputra dan berbagai aspek kehidupan. Sesuaidengan perkembangan ekonomi di satu pihak dan perluasaan pemerintahserta administrasi di pihak lain, timbulah kebutuhan akan tenaga terdidik untk memenuhiya, pemerintah kolonial telah mendirikan sekolah-sekolah.Semula hanya terbatas sampai tingkat rendah saja dan baru dalam dasawarsakedua abad ke-20 dibuka sekolah tingkat menenagah dengan tingkat tinggi pada tahun 1920.Sekolah-sekolah pada zaman kolonial Belanda dibedakan menjadi delapan,yaitu sbb.
1.
Sekolah Eropa.Sekolah ini memakai model sekolah Negara. Belanda dalammemenuhi kebutuhan pendidikan dasar diintergrasikan dalam ELSatau HIS.Lama pendidikan Sekolah Eropa adalah tujuh tahun.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->