Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
73Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penerapan Filsafat Pendidikan Di SD

Penerapan Filsafat Pendidikan Di SD

Ratings: (0)|Views: 5,855 |Likes:
Published by starainisa

More info:

Published by: starainisa on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/17/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang Masalah
Anak merupakan pribadi terkecil dari masyarakat yang masih memerlukanbimbingan dalam proses adaptasi dan mempelajari norma, nilai, serta hal lain yangberarti untuk menjalani kehidupannya sebagai makhluk sosial di kemudian hari.Berkaitan dengan hal tersebut, diciptakan suatu pendidikan, baik yang bersifat formal,informal, maupun nonformal. Selain anak mendapatkan pendidikan dari keluarga, anak  juga dapat mengikuti pendidikan di taman kanak-kanak yang kemudian dilanjutkan kesekolah dasar. Di sekolah dasar inilah anak dikenalkan arti sebenarnya tentang sebuahpendidikan.
B.
 
Masalah
Dalam prakteknya, kelancaran proses pendidikan yang besifat formal tidak mudahuntuk dicapai, dan tidak bisa berjalan dengan sendirinya tanpa dasar persiapan,pelaksanaan, dan tujuan yang jelas. Selain itu, ada beberapa masalah pendidikan yangluas, kompleks dan mendalam, serta hanya dapat dijawab juga diselesaikan oleh ilmutertentu saja, yaitu filsafat atau dengan kata lain, pendidikan memerlukan filsafat. Jadi,
timbul pertanyaan yang meliputi “Apa itu filsafat pendidikan?”, “Apa saja jenis ataumazhab filsafat pendidikan?”, serta “Bagaimana penerapan filsafat pendidikan disekolah dasar?”.
 
C.
 
Prosedur Pemecahan Masalah
Semua pihak yang terlibat dalam pendidikan harus mengetahui dan mempelajari apaarti dan fungsi dari filsafat pendidikan beserta aliran-alirannya, hakikat dari pendidikansekolah dasar, serta bagaimana penerapan filsafat pendidikan di sekolah dasar. Denganbegitu, proses pendidikan akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan dandirencanakan sebelumnya. Dalam makalah ini disusun berbagai teori dari hasil kajianpustaka yang menjawab seluruh pertanyaan tersebut.
 
2
D.
 
Sistematika Uraian
Kata PengantarDaftar IsiBab I .PendahuluanA.
 
Latar Belakang MasalahB.
 
MasalahC.
 
Prosedur Pemecahan MasalahD.
 
Sistematika UraianBab II .PembahasanA.
 
Filsafat PendidikanB.
 
Mazhab-Mazhab Filsafat PendidikanC.
 
Pendidikan Sekolah DasarD.
 
Penerapan Filsafat Pendidikan di Sekolah DasarBab III .PenutupDaftar Pustaka
 
3
BAB IIPEMBAHASAN
A.
 
Filsafat Pendidikan
Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani kuno,
 philos
artinya cinta dan
sophia
 artinya kearifan atau kebijakan. Filsafat berarti cinta yang mendalam terhadap kearifanatau kebijakan. Dan dapat pula diartikan sebagai sikap atau pandangan seseorang yangmemikirkan segala sesuatunya secara mendalam dan melihat dari segi yang luas danmenyeluruh dengan segala hubungan. Menurut Harold Titus, dalam arti sempit filasafatdiartikan sebagai sains yang berkaitan dengan metodologi, dan dalam arti luas filsafatmencoba mengintegrasikan pengetahuan manusia yang berbeda-beda dan menjadikansuatu pandangan yang komprehensif tentang alam semesta, hidup, dan makna hidup.Jadi, filsafat memiliki karakteristik spekulatif, radikal, sistematis, komprehensif, danuniversal.Butler mengemukakan beberapa persoalan yang dibahas dalam filsafat, yaitu :1.
 
Metafisika adalah cabang filsafat yang mempersoalkan tentang hakikat yangtersimpul di belakang dunia fenomena, membahas ontologi, teologi, kosmologi, danantropologi.2.
 
Epistemologi ialah cabang filsafat yang membahas atau mengkaji asal, struktur,metode, serta keabsahan pengetahuan.3.
 
Aksiologi adalah cabang filsafat yang mempelajari nilai, yaitu etika dan estetika.Kata pendidikan berasal dari kata didik. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia,pendidikan ialah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orangdalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan. Para ahlimengemukakan definisi pendidikan adalah sebagai berikut :
 
McLeod :
“Pendidikan berarti perbuatan atau proses perbuatan untuk memperoleh pengetahuan.”
 
 
Tardif :

Activity (73)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Isma Yunita liked this
Ulya Agustina liked this
hafis muaddab liked this
Fida Amatillah liked this
Mhita Jf Loverz liked this
Calista Sandy liked this
Rudi Addhail liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->