Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword or section
Like this
68Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penerapan Metode Mengajar Di SD

Penerapan Metode Mengajar Di SD

Ratings: (0)|Views: 18,638|Likes:
Published by starainisa

More info:

Published by: starainisa on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

12/24/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.
 
Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah usaha sadar untuk mengembangkan potensi sumberdaya manusia melalui kegiatan pengajaran. Agar sesuai dengan fungsi dansifatnya, idealnya pendidikan tidak dilaksanakan secara sembarang, melainkanharus dilaksanakan secara bijaksana. Pendidikan meliputi kegiatan yang dilakukanmulai dari perencanaan, pelaksanaan kegiatan, sampai evaluasi dan programtindak lanjut. Pendidikan harus dilaksanankan secara sadar, sehingga jelaslandasannya, jelas tujuannya, efektif cara-cara pelaksanaannya. Implikasinya,dalam pendididikan harus terdapat momen studi pendidikan, saat berpikir atausaat mempelajari pendidikan, dan momen praktek pendidikan, saatdilaksanakannya berbagai tindakan pendidikan atas dasar hasil studi pendidikan.
 
Dalam pelaksanaan proses pendidikan akan terjadi interaksi antara pesertadidik dan pendidik. Peserta didik adalah orang yang mencari dan menerimapelajaran yang dibutuhkannya, sedangkan pendidik adalah orang yang mengolahkegiatan belajar mengajar dan seperangkat peranan lainnya yang memungkinkanberlangsungnya kegiatan belajar mengajar yang efektif. Sebelum melaksanakanpendidikan, pendidik perlu terlebih dahulu mempelajari dan mempertimbangkanbeberapa hal yang terlibat dan berhubungan dengan pendidikan.
 
Pendidikanmelibatkan beberapa komponen, yaitu peserta didik, pendidik, tujuanpembelajaran, isi pelajaran, metode mengajar, media, dan evaluasi.Metode mengajar perlu dimiliki oleh pendidik karena keberhasilan prosesbelajar mengajar bergantung pada cara mengajar pendidik. Metode mengajarbanyak ragamnya, namun pendidik tentu harus menguasai seluruh metode tersebutdan disesuaikan penerapannya dengan kemampuan dirinya maupun peserta didik serta tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Adapun yang dibahas dalamlaporan ini adalah mengenai praktik penerapan metode mengajar pada beberapamata pelajaran di SD N Sari Mulya V Cikampek.
 
B.
 
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dikemukakan di atas,timbul masalah-masalah yang dirumuskan sebagai berikut :1.
 
Apa arti dari pendidikan?2.
 
Bagaimanakah Undang-Undang mengatur pendidikan?3.
 
Apa saja jenis aliran atau mazhab pendidikan?4.
 
Apakah perbedaan dari mendidik, mengajar, dan melatih?5.
 
Apa yang dimaksud dengan metode mengajar dan apa saja jenis dari metodemengajar?6.
 
Bagaimanakah penerapan metode mengajar di SD N Sari Mulya VCikampek?
C.
 
Prosedur Pemecahan Masalah
Untuk menjawab rumusan masalah di atas, kami melakukan kajian pustakadari berbagai sumber. Selain itu, kami juga melakukan observasi di SD N SariMulya V Cikampek.
D.
 
Sistematika
Makalah ini terbagi menjadi tiga bagian, yaitu pendahuluan, teoritis, danpenutup. Pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, prosedurpemecahan masalah, dan sistematika. Teoritis berisi pengertian pendidikan,undang-undang pendidikan, mazhab-mazhab pendidikan, mendidik, mengajar,dan melatih, metode-metode mengajar, serta kajian observasi. Sedangkan penutupdari makalah ini berupa kesimpulan.
 
BAB IITEORITIS
A.
 
Pengertian Pendidikan
Apabila kita mengkaji berbagai literatur pendidikan akan ditemukansejumlah pengertian pendidikan. Ada yang mengartikan pendidikan hanyaberdasarkan satu sudut pandang ilmu tertentu monodisipliner, ada pula yangmengartikannya berdasarkan sudut pandang sistem multidisipliner. Selain itudalam konteks pendidikan nasional, pendidikan mempunyai pengertian tertentupula. Hal ini sebagaimana dikemukakan dalam Undang-Undang R.I. No. 20
Tahun 2003 tentang “Sistem Pendidikan Nasional”.
 1.
 
Pendidikan dalam arti luasPendidikan adalah hidup, dan hidup adalah pendidikan. Dengan kata lainpendidikan adalah segala pengalaman hidup dalam berbagai lingkungan yangberpengaruh positif bagi perkembangan individu, yang berlangsung sepanjanghayat. Pendidikan berlangsung bagi siapa pun, kapan pun dan dimana pun.Pendidikan tidak terbatas pada penyekolahan saja, bahkan pendidikan berlangsungsejak lahir hingga meninggal dunia. Pendidikan berlangsung dalam keluarga,sekolah, maupun di masyarakat. Mortimer J. Adler
 
menyatakan bahwa :
education is lifelong process of which schooling is only a small but necessary
 part”
. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan, jumlah tujuan pendidikan tidak terbatas.2.
 
Pendidikan dalam arti sempitPendidikan hanya berlangsung bagi mereka yang menjadi siswa ataumahasiswa dari suatu sekolah atau lembaga pendidikan formal, diciptakan secarasengaja untuk pendidikan dalam konteks program pendidikan sekolah. Dalam halini tujuan pendidikan pada umumnya mencakup empat hal, yaitu:a)
 
Berkenaan dengan pengembangan pribadi, baik jasmani, mental, moral dankeagamaanb)
 
Berkenaan dengan tuntutan sosial

Activity (68)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fadilah Insaniah liked this
Rumah Murah added this note|
good!
Thariq Ibrahim liked this
Alay Ngalay liked this
Rika Angraeni liked this
Linda Wati liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->