Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
107Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD

Penilaian Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 8,505 |Likes:
Published by starainisa

More info:

Published by: starainisa on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/28/2013

pdf

text

original

 
BAB IIISIA.
 
Pengertian Evaluasi, Penilaian, Pengukuran, dan Tes
Banyak orang mencampuradukan pengertian evaluasi,pengukuran
(measurement),
tes,dan penilaian
(assesment),
padahal keempatnya memilikipengertian yang berbeda.
 Evaluasi
adalah kegiatan identifikasi untuk melihat apakah suatu programyang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapatpula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya.
Penilaian
adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alatpenilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswaatau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa.
Pengukuran
adalah proses pemberian angka atau usaha memperolehdeskripsi numerik dari suatu tingkatan bila seorang siswa telah mencapaikarakteristik tertentu. Hasilnya dapat berupa nilai kualitatif (pernyataan naratif dalam kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).
Tes
adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswapada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarattertentu yang jelas.
B.
 
Penilaian Kelas
Penilaian kelas adalah proses pengumpulan dan penggunaan informasioleh guru untuk pemberian nilai terhadap hasil belajar siswa berdasarkan tahapankemajuan belajarnya sehingga didapatkan potret/profil kemampuan siswa sesuaidengan daftar kompetensi yang ditetapkan dalam kurikulum, untuk mendapatkan
 
nilai kualitatif maupun aktifitas pengukuran untuk mendapatkan nilai kuantitatif (angka). Penilaian kelas dilakukan untuk memperoleh informasi tentang hasilbelajar siswa yang dapat digunakan sebagai diagnosis dan masukan dalammembimbing siswa dan menetapkan tindak lanjut yang perlu dilakukan gurudalam rangka meningkatkan pencapaian kompetensi siswa.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan merupakan penjabaran dari standarisi dan standar kompetensi kelulusan. Di dalamnya memuat standar kompetensidan kompetensi dasar secara utuh yang merefleksikan pengetahuan, keterampilandan sikap sesuai karakteristik masing-masing mata pelajaran.Teknik penilaian yang digunakan harus disesuaikan dengan karakteristik indikator, standar kompetensi dasar dan kompetensi. Tidak menutup kemungkinanbahwa satu indikator dapat diukur dengan beberap teknik penilaian, hal ini karenamemuat domain kognitif, psikomotor dan afektif.Penilaian kelas merupakan suatu proses yang dilakukan melalui langkah-langkah perencanaan, penyusunan alat nilai pengumpulan informasi melaluisejumlah bukti yang menunjukan pencapaian hasil belajar siswa yang sesuaidengan indikator, standar kompetensi dan kompetensi dasar. Tekniknya melaluipenilaian unjuk kerja, penilaian tertulis atau lisan, penilain proyek, penilaianproduk, penilaian melalui kumpulan hasil kerja/karya siswa dan penilaian dirisesuai dengan tuntutan indikator.Penilaian hasil belajar baik formal maupun informal diadakan dalamsuasana yang menyenangkan, sehingga peserta didik menunjukan apa yangdipahami dan mampu dikerjakannya. Penilaian kelas merupaskan suatu prosesyang dilakukan melalui langkah-langkah perecanaan pengumpulan informasimelalui sejumlah bukti yang menunjukan pencapaian hasil belajar siswa,pelaporan dan penggunaan informasi tentang hasil belajar siswa
(Depdiknas,2006).
Dalam penilaian, guru seyogyanya:
 
1.
 
Memandang penilaian dan kegiatan belajar-mengajar secara terpadu.2.
 
Mengembangkan strategi yang mendorong dan memperkuat penilaian sebagaicermin diri.3.
 
Melakukan berbagai strategi penilaian di dalam program pengajaran untuk menyediakan berbagai jenis informasi tentang hasil belajar siswa.4.
 
Mempertimbangkan berbagai kebutuhan khusus siswa.5.
 
Mengembangkan dan menyediakan sistem pencatatan yang bervariasi dalampengamatan kegiatan belajar siswa.6.
 
Menggunakan penialaian dalam rangka mengumpulkan informasi untuk membuat keputusan tentang tingkat pencapaian siswa.Manfaat penilaian kelas antara lain sebagai berikut:1.
 
Untuk memberikan umpan balik bagi peserta didik agar mengetahui kekuatandan kelemahannya dalam proses pencapaian kompetensi.2.
 
Memantau kemajuan dan mendiagnosis kesulitan belajar yang dialami peertadiidik.3.
 
Umpan balik bagi pendidik dalam memperbaiki metode, pendekatan,kegiatandan sumber belajar yang digunakan.4.
 
Masukan bagi pendidk guna merancang kegiatan belajar.5.
 
Memberikan informasi kepada orang tua dan komite satuan pendidikantentang efektifitas pendidikan.6.
 
Memberi umpan balik bagi pengambil kebijakan (diknas daerah) dalammempertimbangkan konsep penilaian kelas yang digunakan.Penilaian kelas memiliki fungsi:

Activity (107)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Detti Maharani liked this
Imam Tantowi liked this
Vyvyan Hatta added this note
minta cntoh format wawancara dhonk
Yulis Koh liked this
Kesya Fanika liked this
Dyana Aray liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->