Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
113Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perbedaan Manajemen Dan Kepemimpinan

Perbedaan Manajemen Dan Kepemimpinan

Ratings: (0)|Views: 25,423|Likes:
Published by Muh. Talib

More info:

Published by: Muh. Talib on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/03/2013

pdf

text

original

 
1
Tugas Individu. I
Mata Kuliah :
Manajemen Pendidikan dan Pelatihan
 Dosen Pembina : 1.
Prof. Dr. M. Saeruddin Mandra, M.Ed
2.
Dr. H.M. Arifin Ahmad, M.A
MANAJEMEN DAN KEPEMIMPINAN
M. TALIB, S.Pd
No. Pokok. 08503032
Kekhususan Manajemen PendidikanProgram Pasca SarjanaUniversitas Negeri Makassar2009
 
 
2
MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
A. Definisi Manajemen
1. Tiga definisi manajemen :a. Manajemen adalah proses penggunaan sumber daya organisasi denganmenggunakan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi secaraefisien dan efektif. (Wibowo, 2008:2).b. Manajemen adalah suatu proses pencapaian tujuan organisais lewatusaha orang-orang lain. (Mifta, 2007:8)c. Manajemen pada dasarnya merupakan suatu seni atau proses dalammenyelesaikan sesuatu yang terkait dalam pencapaian tujuan. (Erniedkk, 2005:6)2. Manajemen digunaka dalam kegiatan mengelolah kegiatan sekelompok oranguntuk mencapai tujuan dengan efisien dan efektif.3. Definisi manajemen berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwa manajemenadalah suatu kegiatan usaha kearah pencapaian tujuan tertentu dengan melaluikerja sama orang lain serta dengan pemamfaatan sumber-sumber lain yangtersedia untuk itu antara lain orang, uang, materi, peralatan atau mesin, metodekerja dan pemasaran.4. Perbedaan Manajemen dan manajer adalah bahwa manajemen adalahprosesnya dari suatu kegiatan pencapaian tujuan melalui kerjasama orang lain,sedangka Manajer adalah orangnya yang senantiasa memikirkan kegiatanpencapaian tujuan dimaksud.
 
3
B. Definisi Kepemimpinan
1. Tiga definisi kepemimpinan (leadership) :a. Kepemimpinan adalah keterampilan dan kemampuan seseorangmempengaruhi perilaku orang lain, baik yang kedudukannya lebih tinggi,setingkat maupun yang lebih rendah dari padanya, dalam berpikir danbertindak agar perilaku yang semula mungkin individualistik danegosentrik berubah menjadi perilaku organizasional (Siagian, 1982:12).b. Kepemimpinan menyangkut sebuah proses mempengaruhi sosialdengan pengaruh yang disengaja digunakan oleh seseorang terhadaporang lain untuk menstruktur kegiatan-kegiatan dan hubungan-hubungandalam sebuah kelompok atau organisasi. (Gary Yulk, 1998:815)c. Kepemimpinan sebagai proses menggerakkan dan mempengaruhi oranglain untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (Pangewa, 1989:18)2. Cara kepemimpinan diterapkan adalah dengan menjaga integritas individusehingga mampu memancarkan pengaruh dan wibawa sedemikian rupansehingga orang lain mau melakukan apa yang dikehendaki, dengan cara atautaktik tertentu sehingga orang lain bersedia digerakkan atau dipengaruhi untukmencapai tujuan tertentu.3. Definisi kepemimpinan berdasarkan ketiga pendapat di atas bahwakepemimpinan adalah proses mempengaruhi dan menggerakkan orang laindengan sengaja untuk menapai tujuan yang telah ditentukan.
C.
Perbedaan manajemen dan kepemimpinan adalah Kemimpinan terjadi setiap saatdan di mana pun asalkan ada seseorang yang berusaha untuk mempengaruhiperilaku orang lain atau kelompok, tanpa mengindahkan bentuk alasannya.

Activity (113)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Unikhe Icha liked this
Vidy liked this
Rabial Kanada liked this
Nur Afifah liked this
yang lebih terperinci

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->