Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
3Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
10 Karakter Pribadi Muslim

10 Karakter Pribadi Muslim

Ratings: (0)|Views: 169 |Likes:
Published by gupay

More info:

Published by: gupay on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/12/2010

pdf

text

original

 
10 karakter pribadi muslimAl-Qur'an dan hadits adalah dua pusaka Rasulullah SAW yangharus selalu dirujuk setiap muslim dalam segala aspek kehidupan.Satu dari sekian aspek kehidupan yang sangat penting adalah pembentukan dan pengembangan pribadi muslim.Pribadi muslim yang dikehendaki Al-Qur'an dan sunnah adalah pribadi yang saleh. Pribadi yang sikap, ucapan dan tindakannyaterwarnai oleh nilai-nilai yang datang dari Allah SWT.Persepsi atau gambaran masyarakat tentang pribadi muslimmemang berbeda-beda. Bahkan banyak yang pemahamannyasempit sehingga seolah-olah pribadi muslim itu tercermin padaorang yang hanya rajin menjalankan Islam dari aspek ubudiyahnyasaja.Padahal, itu hanyalah salah satu aspek saja dan masih banyak aspek lain yang harus melekat pada pribadi seorang muslim. Biladisederhanakan, setidaknya ada sepuluh karakter atau ciri khasyang mesti melekat pada pribadi muslim.1.
Salimul Aqidah
(Aqidah yang bersih).
Salimul aqidah
merupakan sesuatu yang harus ada pada setiap muslim. Denganaqidah yang bersih, seorang muslim akan memiliki ikatan yangkuat kepada Allah SWT. Dengan ikatan yang kuat itu dia tidak akan menyimpang dari jalan dan ketentuan-ketentuanNya.Dengan kebersihan dan kemantapan aqidah, seorang muslim akanmenyerahkan segala perbuatannya kepada Allah.
"Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku, semua bagi Allah tuhan semesta alam" 
(QS. 6:162). Karena aqidah yang bersih merupakansesuatu yang amat penting, maka pada masa awal da'wahnyakepada para sahabat di Mekkah, Rasulullah SAW mengutamakan pembinaan aqidah, iman dan tauhid.
 
 2.
Shahihul Ibadah
(ibadah yang benar).
Shahihul ibadah
merupakan salah satu perintah Rasulullah SAW yang penting.Dalam satu haditsnya, beliau bersabda:
"Shalatlah kamu sebagaimana melihat aku shalat" 
. Dari ungkapan ini maka dapatdisimpulkan bahwa dalam melaksanakan setiap peribadatanharuslah merujuk kepada sunnah Rasul SAW yang berarti tidak  boleh ada unsur penambahan atau pengurangan.3.
Matinul Khuluq
(akhlak yang kokoh).
Matinul khuluq
merupakan sikap dan perilaku yang harus dimiliki oleh setiapmuslim, baik dalam hubungannya kepada Allah SWT maupundengan makhluk-makhlukNya. Dengan akhlak yang mulia,manusia akan bahagia dalam hidupnya, baik di dunia apalagi diakhirat.Rasulullah SAW diutus untuk memperbaiki akhlak dan beliausendiri telah mencontohkan kepada kita akhlaknya yang agungsehingga diabadikan oleh Allah SWT di dalam Al Qur'an. Allah berfirman yang artinya:
"Dan sesungguhnya kamu benar-benar memiliki akhlak yang agung" 
(QS. 68:4).4.
Qowiyyul Jismi
(kekuatan jasmani).
Qowiyyul jismi
merupakansalah satu sisi pribadi muslim yang harus ada. Kekuatan jasmani berarti seorang muslim memiliki daya tahan tubuh sehingga dapatmelaksanakan ajaran Islam secara optimal dengan fisiknya yangkuat. Shalat, puasa, zakat dan haji merupakan amalan di dalamIslam yang harus dilaksanakan dengan fisik yang sehat dan kuat.Apalagi berjihad di jalan Allah dan bentuk-bentuk perjuanganlainnya.Karena itu, kesehatan jasmani harus mendapat perhatian seorangmuslim dan pencegahan dari penyakit jauh lebih utama daripada pengobatan. Karena kekuatan jasmani juga termasuk hal yang penting, maka Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
"Mukmin
 
 yang kuat lebih aku cintai daripada mukmin yang lemah.
(HR.Muslim)5.
Mutsaqqoful Fikri
(intelek dalam berfikir).
Mutsaqqoful fikri
merupakan salah satu sisi pribadi muslim yang juga penting.Karena itu salah satu sifat Rasul adalah fatonah (cerdas). Al Qur'an juga banyak mengungkap ayat-ayat yang merangsang manusiauntuk berfikir, misalnya firman Allah yang artinya:
"Merekabertanya kepadamu tentang khamar dan judi. Katakanlah: "padakeduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagimanusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya". Danmereka bertanya kepadamu apa yang mereka nafkahkan. Katakanlah: "Yang lebih dari keperluan". Demikianlah Allahmenerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu supaya kamu berfikir" 
(QS2: 219)Di dalam Islam, tidak ada satupun perbuatan yang harus kitalakukan, kecuali harus dimulai dengan aktifitas berfikir. Karenanyaseorang muslim harus memiliki wawasan keislaman dan keilmuanyang luas.Allah SWT berfirman yang artinya:
 Katakanlah: "samakah orang  yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui?"', sesungguhnya orang-orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran".
(QS 39: 9)6.
Mujahadatul Linafsihi
(berjuang melawan hawa nafsu).
Mujahadatul linafsihi
merupakan salah satu kepribadian yangharus ada pada diri seorang muslim karena setiap manusiamemiliki kecenderungan pada yang baik dan yang buruk.Melaksanakan kecenderungan pada yang baik dan menghindariyang buruk amat menuntut adanya kesungguhan.Kesungguhan itu akan ada manakala seseorang berjuang dalammelawan hawa nafsu. Hawa nafsu yang ada pada setiap diri

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->