Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
139Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Tindakan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi

Tindakan, Motif, Dan Prinsip Ekonomi

Ratings:

5.0

(1)
|Views: 14,223 |Likes:
Published by Triacute

More info:

Published by: Triacute on Dec 03, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/05/2013

pdf

text

original

 
 Tindakan, Motif, dan Prinsip Ekonomi
A.
 Tindakan Ekonomi
 Tindakan Ekonomi adalah segala usaha manusia untukmemenuhi kebutu-han yang tidak terbatas denganpertimbangan yang baik berdasarkan skala prioritas untukmencapai kemakmuran.
Kebutuhan adalah keinginan manusia yang menuntut untukdipenuhi se-perti makan, minum, pakaian, perumahan,pendidikan, dan sebagainya.
Manusia yang berusaha atau bekerja untuk memperolehpendapatan, ber-arti ia telah melakukan tindakan ekonomi,karena manusia dapat menggu-nakannya untuk memenuhikebutuhannya sehari-hari.
Manusia berusaha memenuhi kebutuhannya mulai darikebutuhan yang pa-ling mendasar (kebutuhan pangan,sandang, dan papan) hingga ke kebutu-han yang lebih tinggi(kebutuhan keamanan, penghargaan, harga diri, danaktualisasi diri).
Hierarki (tingkatan) kebutuhan manusia menurut teoriAbraham H. Maslow antara lain :
1)
Kebutuhan fisikKebutuhan manusia yang mendasar dan penting bagikebutuhan fisik-nya, seperti kebutuhan mendapatrkanmakanan, minuman, dan tempat tinggal.
2)
Kebutuhan akan rasa keamananKebutuhan manusia akan perlunya mendapatperlindungan atau rasa aman dari orang lain. Sebagaicontoh, ketika seorang anak sakit, ia mem-butuhkanbantuan (perawatan) dari orangtuanya hingga sembuh.
3)
Kebutuhan akan pengakuan diri Kebutuhan manusia untuk dapat diterima di lingkungansekitarnya sebagai individu yang berbeda dengan individulain. Contoh kebutuhan pengakuan diri antara lain
 
kebutuhan akan teman bermain, sahabat, dansebagainya.
4)
Kebutuhan akan harga diri Kebutuhan untuk dihargai atas potensi, kemampuan, ataukesuksesan yang diraihnya. Contoh kebutuhan harga diriantara lain si Badu adalah ketua kelas, Bapak Budi adalahseorang direktur dari sebuah perusahaan ternama, dansebagainya.
5)
Kebutuhan akan perwujudan diri Kebutuhan manusia untuk menggali potensinya untukdipakai sebagai pengembangan diri seorang individu.Contoh kebutuhan akan perwuju-dan diri antara lainseorang manajer memberi kesempatan kepada kar-yawannya untuk berpatisipasi dalam membuat keputusanmengenai pekerjaanya serta untuk belajar memanfaatinformasi, pengetahuan, ke-ahlian, dan kemampuan.
A.
Motif Ekonomi
Motif Ekonomi adalah keinginan atau alasan yangmendorong manusia un-tuk melakukan tindakan ekonomiatau kegiatan ekonomi seperti produksi, distribusi, ataukonsumsi.
Macamnya :
i.
Dilihat dari asalnya
1)
Motif intrinsik
Motif intrinsik 
adalah keinginan untuk memperolehbarang atau ja-sa yang diinginkan dengan kesadaransendiri. Contoh motif intrinsik ialah seseorang yangingin pandai maka ia harus belajar dengan sendirinyasecara sungguh-sungguh.
2)
Motif ekstrinsik

Activity (139)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elvi Khayrani Siregar added this note
ekonomi klz 7
AiSy Ingieen DicIeentha added this note
I LIKE IT
Ivo Ryzky Ananda added this note
is very gooooddddd i like it......
Rifat Nugraha added this note
bgrr
Ridwan Rezpector Nugraha added this note
bagus...
Sapari liked this
Has Ayah Nisa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->