Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
25Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
perkembangan sosial anak

perkembangan sosial anak

Ratings: (0)|Views: 1,460 |Likes:
Published by arief

More info:

Published by: arief on Dec 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Perkembangan yang terjadi pada anak meliputi segala aspek kehidupan yang mereka jalani baik bersifat fisik maupun non fisik. Perkembanmgan berarti serangkaian perubahan progresif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.Kesepakatan para ahli menyatakan bahwa :yang dimaksud dengan perkembangan itu adalah suatu proses perubahan padaseseorang kearah yang lebih maju dan lebih dewasa, naqmun mereka berbeda-beda pendapattentang bagaimana proses perubahan itu terjadi dalam bentuknya yang hakiki. (Ani Cahyadi,Mubin, 2006 : 21-22).Beberapa teori perkembangan manusia telah mengungkapkan bahwa manusia telahtumbuh dan berkembang dari masa bayi kemasa dewasa melalui beberapa langkah jenjang.Kehidupan anak dalam menelusuri perkembangnya itu pada dasarnya merupakankemampuan mereka berinteraksi dengan lingkungan. Pada proses integrasi dan interaksi inifaktor intelektual dan emosional mengambil peranan penting. Proses tersbut merupakan proses sosialisai yang mendudukkan anak-anak sebagai insan yang yang secara aktif melakukan proses sosialisasi
B. Rumusan Masalah
Sehubungan dengan latar belakang di atas, maka yang menjadi rumusan masalah didalam makalah ini adalah1. Apa makna perkembangan sosial anak ?2. Bagaimana bentuk – bentuk tingkah laku sosial pada anak ?3. Faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi perkembangan sosial anak ?4. Bagaimana pengaruh perkembangan sosial anak terhadap tingkah laku anak ?
C. Tujuan Penulisan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk mengetahui makna perkembangan sosial anak ;
 
2
mengetahui bentuk-bentuk perkembangan sosial anak ; mengetahui faktor-faktor yangmempengaruhi perkembangan sosial anak dan pengaruh perkembangan sosial anak terhadaptingkah laku anak.
D Sistematika Penulisan
Makalah ini terdiri dari tiga bagian, yaitu Pertama: Pendahuluan, meliputi latar  belakang masalah, rumusan masala dan sistimatika uraian. Kedua: Isi atau bagian teori danhasil meliputi ; makna perkembangan sosial anak, bentuk-bentuk perkembangan sosial anak ;faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial anak dan pengaruh perkembangansosial terhadap tingkah laku anak.
BAB IIPEMBAHASAN
 
3
A. Makna Perkembangan Sosial Anak 
Syamsu Yusuf (2007) menyatakan bahwa Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial. Perkembangan sosial dapat pula diartikansebagao proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma-norma kelompok, moral dantradisi ; meleburkan diri menjadi satu kesatuan dan saling berkomunikasi dan kerja sama.Pada awal manusia dilahirkan belum bersifat sosial, dalam artian belum memilikikemampuan dalam berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan sosial anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman bergaul dengan orang-orang dilingkungannya.Kebutuhan berinteraksi dengan orang lain telah dirsakan sejak usia enam bulan, disaatitu mereka telah mampu mengenal manusia lain, terutama ibu dan anggota keluarganya. Anak mulai mampu membedakan arti senyum dan perilaku sosial lain, seperti marah (tidak senangmendengar suara keras) dan kasih sayang. Sunarto dan Hartono (1999) menyatakan bahwa :Hubungan sosial (sosialisasi) merupakan hubungan antar manusia yang saling membutuhkan.Hubungan sosial mulai dari tingkat sederhana dan terbatas, yang didasari oleh kebutuhanyang sederhana. Semakin dewasa dan bertambah umur, kebutuhan manusia menjadikompleks dan dengan demikian tingkat hubungan sosial juga berkembang amat kompleks.Dari kutipan diatas dapatlah dimengerti bahwa semamin bertambah usia anak maka semakinkompleks perkembangan sosialnya, dalam arti mereka semakin membutuhkan orang lain.Tidak dipungkiri lagi bahwa manusia adalah makhluk sosial yang tidak akan mampu hidupsendiri, mereka butuh interaksi dengan manusia lainnya, interaksi sosial merupakankebutuhan kodrati yang dimiliki oleh manusia.
B. Bentuk – Bentuk Tingkah laku Sosial
Dalam perkembangan menuju kematangan sosial, anak mewujudkan dalam bentuk- bentuk interkasi sosial diantarannya :1. Pembangkangan (Negativisme)Bentuk tingkah laku melawan. Tingkah laku ini terjadi sebagai reaksi terhadap penerapan disiplin atau tuntutan orang tua atau lingkungan yang tidak sesuai dengankehendak anak. Tingkah laku ini mulai muncul pada usia 18 bulan dan mencapai puncaknya pada usia tiga tahun dan mulai menurun pada usia empat hingga enam tahun.

Activity (25)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Anita Vita Jbi liked this
Diana At Classic added this note
jempol thanks yaa
Alive Ichicqiwir liked this
Mutmainna Ikbal liked this
arief liked this
Sasandra Alsan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->