Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
13Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Seni Lukis

Seni Lukis

Ratings: (0)|Views: 1,093 |Likes:
Published by budijoi
kumpulan tugas
kumpulan tugas

More info:

Published by: budijoi on Dec 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/26/2012

pdf

text

original

 
Sejarah umum seni lukis
 Zaman prasejarah
Secara historis, seni lukis sangat terkait dengan gambar. Peninggalan-peninggalan prasejarah memperlihatkan bahwa sejak ribuan tahun yang lalu,nenek moyang manusia telah mulai membuat gambar pada dinding-dindinggua untuk mencitrakan bagian-bagian penting dari kehidupan. Sebuahlukisan atau gambar bisa dibuat hanya dengan menggunakan materi yangsederhana seperti arang, kapur, atau bahan lainnya. Salah satu teknikterkenal gambar prasejarah yang dilakukan orang-orang gua adalah denganmenempelkan tangan di dinding gua, lalu menyemburnya dengan kunyahandaun-daunan atau batu mineral berwarna.Hasilnya adalah jiplakan tangan berwana-warni di dinding-dinding gua yangmasih bisa dilihat hingga saat ini. Kemudahan ini memungkinkan gambar(dan selanjutnya lukisan) untuk berkembang lebih cepat daripada cabangseni rupa lain seperti seni patung dan seni keramik.Seperti gambar, lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar sepertidinding, lantai, kertas, atau kanvas. Dalam pendidikan seni rupa modern diIndonesia, sifat ini disebut juga dengan dwi-matra (dua dimensi, dimensidatar).Objek yang sering muncul dalam karya-karya purbakala adalah manusia,binatang, dan obyek-obyek alam lain seperti pohon, bukit, gunung, sungai,dan laut. Bentuk dari obyek yang digambar tidak selalu serupa denganaslinya. Ini disebut citra dan itu sangat dipengaruhi oleh pemahaman sipelukis terhadap obyeknya. Misalnya, gambar seekor banteng dibuat denganproporsi tanduk yang luar biasa besar dibandingkan dengan ukuran tandukasli. Pencitraan ini dipengaruhi oleh pemahaman si pelukis yangmenganggap tanduk adalah bagian paling mengesankan dari seekorbanteng. Karena itu, citra mengenai satu macam obyek menjadi berbeda-beda tergantung dari pemahaman budaya masyarakat di daerahnya.Pada satu titik, ada orang-orang tertentu dalam satu kelompok masyarakatprasejarah yang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menggambardaripada mencari makanan. Mereka mulai mahir membuat gambar danmulai menemukan bahwa bentuk dan susunan rupa tertentu, bila diatursedemikian rupa, akan nampak lebih menarik untuk dilihat daripadabiasanya. Mereka mulai menemukan semacam cita-rasa keindahan dalamkegiatannya dan terus melakukan hal itu sehingga mereka menjadi semakin
 
ahli. Mereka adalah seniman-seniman yang pertama di muka bumi dan padasaat itulah kegiatan menggambar dan melukis mulai condong menjadikegiatan seni.
Seni lukis zaman klasik 
Seni lukis zaman klasik kebanyakan dimaksudkan untuk tujuan:* Mistisme (sebagai akibat belum berkembangnya agama)* Propaganda (sebagai contoh grafiti di reruntuhan kota Pompeii),Di zaman ini lukisan dimaksudkan untuk meniru semirip mungkin bentuk-bentuk yang ada di alam. Hal ini sebagai akibat berkembangnya ilmupengetahuan dan dimulainya kesadaran bahwa seni lukis mampuberkomunikasi lebih baik daripada kata-kata dalam banyak hal.
Seni lukis zaman pertengahan
Sebagai akibat terlalu kuatnya pengaruh agama di zaman pertengahan, senilukis mengalami penjauhan dari ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuandianggap sebagai sihir yang bisa menjauhkan manusia dari pengabdiankepada Tuhan. Akibatnya, seni lukis pun tidak lagi bisa sejalan denganrealitas.Kebanyakan lukisan di zaman ini lebih berupa simbolisme, bukan realisme.Sehingga sulit sekali untuk menemukan lukisan yang bisa dikategorikan"bagus".Lukisan pada masa ini digunakan untuk alat propaganda dan religi. Beberapaagama yang melarang penggambaran hewan dan manusia mendorongperkembangan abstrakisme (pemisahan unsur bentuk yang "benar" daribenda.
Seni lukis zaman Renaissance
Berawal dari kota Firenze. Setelah kekalahan dari Turki, banyak sekali ahlisains dan kebudayaan (termasuk pelukis) yang menyingkir dari Bizantiummenuju daerah semenanjung Italia sekarang.Dukungan dari keluarga deMedici yang menguasai kota Firenze terhadapilmu pengetahuan modern dan seni membuat sinergi keduanyamenghasilkan banyak sumbangan terhadap kebudayaan baru Eropa.
 
Seni Rupa menemukan jiwa barunya dalam kelahiran kembali seni zamanklasik. Sains di kota ini tidak lagi dianggap sihir, namun sebagai alat baruuntuk merebut kembali kekuasaan yang dirampas oleh Turki.Pada akhirnya, pengaruh seni di kota Firenze menyebar ke seluruh Eropahingga Eropa Timur. Tokoh yang banyak dikenal dari masa ini adalah:* Tomassi* Donatello* Leonardo da Vinci* Michaelangelo* Raphael
 Art Nouveau
Revolusi Industri di Inggris telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyakhal. Barang-barang dibuat dengan sistem produksi massal dengan ketelitiantinggi. Sebagai dampaknya, keahlian tangan seorang seniman tidak lagibegitu dihargai karena telah digantikan kehalusan buatan mesin.Sebagai jawabannya, seniman beralih ke bentuk-bentuk yang tidak mungkindicapai oleh produksi massal (atau jika bisa, akan biaya pembuatannyamenjadi sangat mahal). Lukisan, karya-karya seni rupa, dan kriya diarahkankepada kurva-kurva halus yang kebanyakan terinspirasi dari keindahangaris-garis tumbuhan di alam.
Sejarah seni lukis di Indonesia
Seni lukis modern Indonesia dimulai dengan masuknya penjajahan Belandadi Indonesia. Kecenderungan seni rupa Eropa Barat pada zaman itu ke aliranromantisme membuat banyak pelukis Indonesia ikut mengembangkan aliranini.Raden Saleh Syarif Bustaman adalah salah seorang asisten yang cukupberuntung bisa mempelajari melukis gaya Eropa yang dipraktekkan pelukisBelanda.

Activity (13)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
edo_kim2 liked this
Sofi Ani liked this
Khair Isme liked this
erwinz liked this
chumbucket27 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->