Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
24Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
12. SISTEM REPRODUKSI

12. SISTEM REPRODUKSI

Ratings: (0)|Views: 1,475 |Likes:
Published by Hamda-h3

More info:

Published by: Hamda-h3 on Dec 04, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/12/2013

pdf

text

original

 
[BIOLOGI BY : HAMDALA]
Hamda_h3
SISTEM REPRODUKSI
SISTEM REPRODUKSI
Reproduksi merupakan proses menghasilkan individu baru dari organisme sebelumnya.
 
Organisme bereproduksi melalui 2 Cara :
 
1.
 
Repoduksi aseksual (vegetatit)Adalah terbentuknya individu baru tanpa melakukan peleburan sel kelamin.
 
2. Reproduksi seksual (generatif)Umumnya melibatkan persatuan sel kelamin (gamet) dari 2 individu yang berbeda jenis kelamin.
 
Reproduksi Aseksual / Vegetatif95
 
Individu baru (keturunannya) yang terbentuk mempunyai ciri dan sifat yang samadengan induknya. Individu-individu sejenis yang terbentuk secara reproduksi aseksualdikatakan termasuk dalam satu klon, sehingga anggota dari satu klon mempunyaisusunan genetik yang sama.Reproduksi aseksual dapat dibagi atas lima jenis, yaitu :
 
1. Fisi2. Pembentukan spora3. Pembentukan tunas4. Fragmentasi5. Propagasi vegetatif 
 
1. Fisi
 
Fisi terjadi pada organisme bersel satu. Pada proses fisi individu terbelah menjadidua bagian yang sama.Contoh :- Pada pembelahan sel bakteri.- Pada Plasmodum, reproduksi dengan fisi berganda, yaitu inti sel membelahberulang kali dan kemudian setiap anak inti dikelilingi sitoplasma. Proses ini disebutskizogoni, sel yang mengalami skizogoni disebut skizon.
2.
 
Pembentukan spora
 
Dibentuk di dalam tubuh induknya dengan cara pembelahan sel. Bila kondisilingkungan baik, maka spora akan berkecambah dan tumbuh menjadi individu baru,spora dihasilkan oleh jamur, lumut, paku, sporozoa (salah satu kelas protozoa) dan
 
[BIOLOGI BY : HAMDALA]
Hamda_h3
kadang-kadang juga dihasilkan oleh bakteri.
 
3.
 
Pembentukan tunas
 
Organisme tertentu dapat membentuk tunas, berupa tonjolan kecil yang akanberkembang dan kemudian mempunyai bentuk seperti induknya dengan ukurankecil. Kemudian tunas ini akan lepas dari induknya dan dapat hidup sebagai individubaru. Pembentukan tunas merupakan ciri khas sel ragi dan Hydra (sejenisCoelenterata).
 
4.
 
Fragmentasi
 
Kadang-kadang satu organisme patah menjadi dua bagian atau lebih, kemudiansetiap bagian akan tumbuh menjadi individu baru yang sama seperti induknya.Peristiwa fragmentasi bergantung pada kemampuan regenerasi yaitu kemampuanmemperbaiki jaringan atau organ yang telah hilang. Fragmentasi terjadi antara lainpada hewan spons (Porifera), cacing pipih, algae berbentuk benang.
 
5.
 
Propagasi vegetatif 
 
Istilah propagasi vegetatif diberikan untuk reproduksi vegetatif/tumbuhan berbiji.Pada proses propagasi bila bagian tubuh tanaman terpisah maka bagian tersebutakan berkembang menjadi satu/lebih tanaman baru. Propagasi vegetatif alamiahdapat terjadi dengan menggunakan organ-organ sebagai berikut :
 
a.
 
Stolon
Stolon adalah batang yang menjalar di atas tanah. Di sepanjang stolon dapattumbuh tunas adventisia (liar), dan masing-masing tunas ini dapat menjadianakan tanaman. Contoh: pada rumput teki, rumput gajah dan strawberi.
 
b.
 
Akar tinggal atau rizom
Rizom adalah batang yang menjalar di bawah tanah, dapat berumbi untukmenyimpan makanan maupun tak berumbi. Ciri rizom adalah adanya daun yangmirip sisik, tunas, ruas dan antar ruas. Rizom terdapat pada bambu, dahlia,bunga iris, beberapa jenis rumput, kunyit, lengkuas, jahe dan kencur.
c
.
Tunas yang tumbuh di sekitar pangkal batang
Tunas ini membentuk numpun, misalnya: pohon pisang, pohon pinang dan pohonbambu.
d.
 
Tunas liar
Tunas liar terjadi pada tumbuhan yang daunnya memiliki bagian meristem yangdapat menyebabkan terbentuknya tunas-tunas baru di pinggir daun. Contoh:tunas cocor bebek
(Kalanchoe pinnata)
dan
begonia.
 
e.
 
Umbi lapis
Umbi lapis adalah batang pendek yang berada di bawah tanah. Umbi lapisdiselubungi oleh sisik-sisik yang mirip kertas. Contoh: tumbuhan lili, tulip danbawang.
 
f.
 
Umbi batang
Umbi batang adalah batang yang tumbuh di bawah tanah, digunakan sebagaitempat penyimpanan cadangan makanan sehingga bentuknya membesar. Padaumbi terdapat mata tunas - mata tunas yangakan berkembang menjadi tanaman baru.Contoh: kentang dan
Caladium.
Reproduksi Seksual / Generatif
 
 
[BIOLOGI BY : HAMDALA]
Hamda_h3
Pada reproduksi generatif terjadi persatuan dua macam gamet dari dua individu yangberbeda jenis kelaminnya, sehingga terjadi percampuran materi genetik yangmemungkinkan terbentuknya individu baru dengan sifat baru.
 
Pada organisme tingkat tinggi mempunyai dua macam gamet, gamet jantan atauspermatozoa dan gamet betina atau sel telur, kedua macam gamet tersebut dapatdibedakan baik dari bentuk, ukuran dan kelakuannya, kondisi gamet yang demikiandisebut heterogamet.
 
Peleburan dua macam gamet tersebut disebut singami. Peristiwa singami didahuluidengan peristiwa fertilisasi (pembuahan) yaitu pertemuan sperma dengan sel telur.
 
Pada organiseme sederhana tidak dapat dibedakan gamet jantan dan gamet betinakarena keduanya sama, dan disebut isogamet. Bila salah satu lebih besar dari lainnyadisebut anisogamet.
Reproduksi Generatif Pada Angiospermae
 
Organ yang berfungsi untuk alat reproduksi generatif adalah bunga.
Gbr. Bunga dan bagian-bagian penyusunnya
 
TABEL BAGIAN-BAGIAN BUNGA
 
BAGIAN BUNGA
 
FUNGSI
1. Kelopak (kalik)
 
Melindungi kuncup bunga
 
2. Mahkota (korola)
 
Menarik perhatian serangga
 
3. Benang sari (stamen) terdiri dari :
 
a.
 
tangkai sari (filamen)
 
b.
 
kepala sari (antera) terdiri atas 4 kantongsari
 
Sebagai penghasil gamet jantan,yaitu serbuk sari (pollen)
 

Activity (24)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Dessy She Cuex'z liked this
Jakop hutapea liked this
061101056 liked this
Sherly Fleming liked this
bojes liked this
Levi Aelanta liked this
novi149 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->