Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
102Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah mencontek isi

makalah mencontek isi

Ratings:

5.0

(4)
|Views: 30,973|Likes:
Published by Nimaz Tiyasrufi
ini isi makalahnya
ini isi makalahnya

More info:

Published by: Nimaz Tiyasrufi on Dec 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

02/09/2014

pdf

text

original

 
BAB I
Pendahuluan
Menyontek 
, satu kata yang tentunya sudah sangat familiardi telinga kita. Apalagi jika kita masih berstatus sebagai pelajar,baik pelajar SD, SMP sampai mahasiswa. Bahkan mungkinbanyak diantara kita sudah melakoninya, terutama saat ujianatau test. Lebih parah lagi, kegiatan nyontek tersebut sudahdianggap sebagai budaya yang laten, susah sekali untukdiberantas.Mungkin begitulah cermin dunia pendidikan kita.Menyontek adalah kebiasaan buruk yang harusdihindari.Terutama bagi kaum pelajar. Kebiasaan menyontekharus segera diberantas karena dapat merugikan berbagai pihak. Tentu saja pihak penyontek dan yang dicontek. Tidak belajar, tidak tahu hari ini akan ada ulangan, gugup,tidak tahu persis bahan yang akan dites adalah alasan-alasanyang paling sering diucapkan murid jika hasil test / ulanganmereka buruk. Sampai saat ini kebanyakan murid masih takutapabila mendengar jadwal ulangan. Sebenarnya para guru dapatmerubah keadaan ini karena seperti alat bantu mengajar yanglain, ulangan /test juga dapat dijadikan senjata guru untukmeningkatkan antusiasme murid-murid dalam belajar. Untukmenuju arah itu maka pertama kali para guru harus sudahmengetahui target topik yang harus dipelajari oleh muridsebelum memulai mengajar.Menyontek menurut Wikipedia Encyclopedia sebagai suatutindakan tidak jujur yang dilakukan secara sadar untukmenciptakan keuntungan yang mengabaikan prinsip keadilan. Inimengindikasikan bahwa telah terjadi pelanggaran aturan mainyang ada.Widiawan-seorang pemerhati pendidikan di Universitas PetraSurabaya-menyetujui pengertian menyontek atau menjiplak ataungepek (cheating) menurut Kamus Umum Bahasa Indonesiakarangan W.J.S. Purwadarminta yang dipertegas lagi dalamKamus Besar Bahasa Indonesia yang dikeluarkan Depdikbudsebagai suatu kegiatan mencontoh/meniru/mengutip tulisan,pekerjaan orang lain sebagaimana aslinya.
MAKALAH |Mengembangkan Pribadi Jujur Dengan TidakMenyontek1
 
Bahkan dia menambahkan pengertian menyontek daribahasa Inggrisnya cheat, diartikan sebagai act in a dishonestway to win an advantage or profit dalam Oxford AdvancedLearner’s Dictionary of Current English karangan A.S. Hornby.Artinya suatu tindakan yang tidak jujur untuk meraih keuntungantertentu.Abdullah Alhadza-Rektor Universitas Muhamadyah Kendari-menyetujui pendapat dari Bower (1964) yang mendefinisikancheating sebagai “manifestation of using illigitimate means toachieve a legitimate end (achieve academic success or avoidacademic failure),” maksudnya cheating adalah perbuatan yangmenggunakan cara-cara yang tidak sah untuk tujuan yangsah/terhormat yaitu mendapatkan keberhasilan akademis ataumenghindari kegagalan akademis.Bower ini juga senada dengan Deighton (1971) yangmenyatakan “Cheating is attempt an individuas makes to attainsuccess by unfair methods.” Maksudnya, menyontek adalahupaya yang dilakukan seseorang untuk mendapatkankeberhasilan dengan cara-cara yang tidak jujur.Dalam konteks pendidikan atau sekolah, beberapa perbuatanyang termasuk dalam kategori menyontek antara lain adalahmeniru pekerjaan teman, bertanya langsung pada teman ketikasedang mengerjakan tes/ujian, membawa catatan pada kertas,pada anggota badan atau pada pakaian masuk ke ruang ujian,menerima dropping jawaban dari pihak luar, mencari bocoransoal, arisan (saling tukar) mengerjakan tugas dengan teman,menyuruh atau meminta bantuan orang lain dalammenyelesaikan tugas ujian di kelas atau tugas penulisan paperdan take home test. Bahkan dalam Ujian Nasional (UN) yangbarusan diadakanpun telah berkembang melalui teknologi tinggisemisal handphone dengan memakai jaringan GSM, ataupunBluetooth.spektakuler.Berdasarkan uraian di atas maka yang dimaksud dengancheating dalam tulisan ini adalah segala perbuatan atau trik-trikyang tidak jujur, perilaku tidak terpuji atau perbuatan curangyang dilakukan oleh seseorang untuk mencapai keberhasilandalam menyelesaikan tugas-tugas akademik terutama yangterkait dengan evaluasi/ujian hasil dengan mengabaikan aturan
MAKALAH |Mengembangkan Pribadi Jujur Dengan TidakMenyontek2
 
dan kesepakatan yang ada. Menyontek bisa terjadi apabilaseseorang berada dalam kondisi underpressure, atau apabiladorongan atau harapan untuk berprestasi jauh lebih besar daripada potensi yang dimiliki.Menyikapi persoalan cheating sebagai suatu perilaku.Perilaku cheating banyak diakibatkan oleh pengaruh kelompokdimana orang cenderung berani melakukan karena melihatorang lain di kelompoknya juga melakukan. Apabilakecenderungan ini berlangsung secara terus-menerus, makamenyontek akan menjadi kebiasaan seseorang, yang akanditransfer tidak hanya pada kegiatan sekolah lainnya tetapikepada kegiatan kemasyarakatan pada umumnya berdasarkanprinsip transfer of learning. Pada akhirnya, menyontek akanmenimbulkan kehancuran di masa mendatang.
1.1Tujuan ulangan dan tes dalam proses belajarmengajar.
1.Mengetahui kemampuan siswa dalam menyerap materipelajaran. Maksudnya hasil ulangan bisa dijadikan sumberreferensi bagi sang guru dan wali murid untuk mengetahuikemampuan siswa dalam penyerapan materi pelajaranyang telah disampaikan bapak/ibu guru yaitu dengan caramelihat hasil ulangan tersebut. Hasilnya baik ataukahburuk, walaupun hal ini kurang efektif karena belum tentuhasilnya dari cara yang jujur atau dengan selinganmenyontek (kurang jujur).2.Melatih siswa disiplin dalam belajar. Maksudnya dengandiadakannya sebuah ulangan atau tes, terkadang merekamerasa cemas mendapat nilai yang jelek dan takutdimarahi orang tua. Dengan dorongan hal itu mereka akanberusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hasil yangmemuaskan. Tapi terkadang beberapa siswapun ada yangbersikap tak acuh, karena mereka bisa melakukan jalanpintas lebih praktis dan mudah yaitu menyontek daripekerjaan teman.3.Mengetahui sampai dimana kemampuan siswa didalampenguasaan materi pelajaran.
MAKALAH |Mengembangkan Pribadi Jujur Dengan TidakMenyontek3

Activity (102)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ahmad Ilham liked this
Seniman Iistyanto added this note|
susah downlodnya
Rahmat Setia-one liked this
Mhellan liked this
Rela Habibah liked this
Aris Wahyudi liked this
Dwi Khoirul liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->