Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
34Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Cara Memperlakukan Alat Dan Bahan Di Laboratorium Ipa

Cara Memperlakukan Alat Dan Bahan Di Laboratorium Ipa

Ratings: (0)|Views: 2,012 |Likes:
Published by hadiwijaya21

More info:

Published by: hadiwijaya21 on Dec 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/10/2013

pdf

text

original

 
CARA MEMPERLAKUKAN ALAT DAN BAHAN DI LABORATORIUM IPACara Menyimpan Alat dan Bahan Laboratorium IPAAlat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan dilaboratorium IPA memerlukan perlakuan khusus sesuaisifat dan karakteristik masing-masing. Perlakuan yangsalah dalam membawa, menggunakan dan menyimpanalat dan bahan di laboratorium IPA dapat menyebabkankerusakan alat dan bahan, terjadinya kecelakaan kerjaserta dapat menimbulkan penyakit. Cara memperlakukanalat dan bahan di laboratorium IPA secara tepat dapatmenentukan keberhasilan dan kelancaran kegiatan.Adapun perlakuan terhadap alat-alat di laboratorium seperti :
1.
Membawa alat sesuai petunjuk penggunaan
2.
Menggunakan alat sesuai petunjuk penggunaan.
3.
Menjaga kebersihan alat
4.
Menyimpan alatPrinsip yang perlu diperhatikan dalam penyimpanan alatdan bahan di laboratorium :
1.
AmanAlat disimpan supaya aman dari pencuri dan kerusakan, atas dasaralat yang mudah dibawa dan mahal harganya seperti stop watch perludisimpan pada lemari terkunci. Aman juga berarti tidak menimbulkanakibat rusaknya alat dan bahan sehingga fungsinya berkurang.
2.
Mudah dicariUntuk memudahkan mencari letak masing – masing alat dan bahan,perlu diberi tanda yaitu dengan menggunakan label pada setiaptempat penyimpanan alat (lemari, rak atau laci).
3.
Mudah diambilPenyimpanan alat diperlukan ruang penyimpanan dan perlengkapanseperti lemari, rak dan laci yang ukurannya disesuaikan dengan luasruangan yang tersedia.Cara penyimpanan alat dan bahan dapat berdasarkan jenis alat, pokokbahasan, golongan percobaan dan bahan pembuat alat :
1.
Pengelompokan alat – alat fisika berdasarkan pokok bahasannyaseperti : Gaya dan Usaha (Mekanika), Panas, Bunyi, Gelombang, Optik,Magnet, Listrik, Ilmu, dan Alat reparasi.
2.
Pengelompokan alat – alat biologi menurut golongan percobaannya,seperti : Anatomi, Fisiologi, Ekologi dan Morfologi.
3.
Pengelompokan alat – alat kimia berdasarkan bahan pembuat alattersebut seperti : logam, kaca, porselen, plastik dan karet. Jika alat laboratorium dibuat dari beberapa bahan, alat itu dimasukkan kedalam kelompok bahan yang banyak digunakan.Penyimpanan alat dan bahan selain berdasar hal – hal di atas, ada beberapahal yang perlu diperhatikan yaitu :
 
1.
Mikroskop disimpan dalam lemari terpisah dengan zat higroskopis dandipasang lampu yang selalu menyala untuk menjaga agar udara tetapkering dan mencegah tumbuhnya jamur.
2.
Alat berbentuk set, penyimpanannya harus dalam bentuk set yangtidak terpasang.
3.
Ada alat yang harus disimpan berdiri, misalnya higrometer, neracalengan dan beaker glass.
4.
Alat yang memiliki bobot relatif berat, disimpan pada tempat yangtingginya tidak melebihi tinggi bahu.
5.
Penyimpanan zat kimia harus diberi label dengan jelas dan disusunmenurut abjad.
6.
Zat kimia beracun harus disimpan dalam lemari terpisah dan terkunci,zat kimia yang mudah menguap harus disimpan di ruangan terpisahdengan ventilasi yang baik.Penyimpanan alat perlu memperhatikan frekuensi pemakaian alat. Apabilaalat itu sering dipakai maka alat tersebut disimpan pada tempat yang mudahdiambil. Alat – alat yang boleh diambil oleh siswa dengan sepengetahuanguru pembimbing, hendaknya diletakkan pada meja demonstrasi atau dilemari di bawah meja keramik yang menempel di dinding. Contoh alatyangdapat diletakkan di meja demonstrasi adalah : kaki tiga, asbes dengankasa dan tabung reaksi.Penyimpanan dan pemeliharaan alat / bahan harus memperhitungkansumber kerusakan alat dan bahan. Sumber kerusakan alat dan bahan akibatlingkungan meliputi hal – hal berikut :
1.
UdaraUdara mengandung oksigen dan uap air (memilki kelembaban).Kandungan ini memungkinkan alat dari besi menjadi berkarat danmembuat kusam logam lainnya seperti tembaga dan kuningan. Usahauntuk menghindarkan barang tersebut terkena udara bebas seprtidengan cara mengecat, memoles, memvernis serta melapisi dengankhrom atau nikel. Kontak dengan udara bebas dapat menyebabkanbahan kimia bereaksi. Akibat reaksi bahan kimia dengan udara bebasseperti timbulnya zat baru, terjadinya endapan, gas dan panas.Dampaknya bahan kimia tersebut tidak berfungsi lagi serta dapatmenimbulkan kecelakaan dan keracunan.
2.
Air dan asam – basaalat laboratorium sebaiknya disimpan dalam keadaan kering danbersih, jauh dari air, asam dan basa. Senyawa air, asam dan basadapatmenyebabkan kerusakan alat seperti berkarat, korosif dan berubahfungsinya. Bahan kimia yang bereaksi dengan zat kimia lainnyamenyebabkan bahan tersebut tidak berfungsi lagi dan menimbulkanzat baru, gas, endapan, panas serta kemungkinan terjadinya ledakan.
3.
SuhuSuhu yang tinggi atau rendah dapat mengakibatkan :alat memuai ataumengkerut, memacu terjadinya oksidasi, merusak cat sertamengganggu fungsi alat elektronika.
4.
MekanisSebaiknya hindarkan alat dan bahan dari benturan, tarikan dan

Activity (34)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fitri Wijarini liked this
iyekaraeng liked this
Rigusman Rigok liked this
Rian Triana liked this
Kris Tyaningsih liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->