Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
271Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
makalah lingkungan pendidikan

makalah lingkungan pendidikan

Ratings:

1.0

(1)
|Views: 28,974 |Likes:
Published by kalongirenk
Tentang Lingkungan Pendidikan Manusia
Tentang Lingkungan Pendidikan Manusia

More info:

Published by: kalongirenk on Dec 05, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/09/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Pendidikan merupakan faktor utama dalam pembentukkan pribadi manusia. Pendidikansangat berperan dalam membentuk baik atau buruknya pribadi manusia menurut ukurannormatif. Disisi lain proses perkembangan dan pendidikan manusia tidak hanya terjadi dandipengaruhi oleh proses pendidikan yang ada dalam sistem pendidikan formal (sekolah) saja.Manusia selama hidupnya selalu akan mendapat pengaruh dari keluarga, sekolah, danmasyarakat luas. Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan.Dengan kata lain proses perkembangan pendidikan manusia untuk mancapai hasil yangmaksimal tidak hanya tergantung tentang bagaimana sistem pendidikan formal dijalankan. Namun juga tergantung pada lingkungan pendidikan yang berada di luar lingkungan formal.
B.Permasahan
Dalam makalah ini akan dicoba untuk membahas dan menjabarkan tentang1.Pengertian LIngkungan Pendidikan2.Jenis Lingkungan Pendidikan3.Fungsi Lingkungan Pendidikan
 
BAB IIPENGERTIAN, JENISDAN FUNGSI LINGKUNGAN PENDIDIKAN
A.Pengertian Lingkungan Pendidikan
Lingkungan secara umum diartikan sebagai kesatuan ruang dengan segala benda,daya, keadaan, dan mahluk hidup, termasuk manusia dan perilakunya, yang mempengaruhikelangsungan perikehidupan dan kesejahteraan manusia serta mahluk hidupa lainnya.Lingkungan dibedakan menajdi lingkungan alam hayati, lingkungan alam non hayati,lingkungan buatan dan lingkungan sosial. Sebagai contoh saat berada di sekolah, lingkungan biotiknya berupa teman-teman sekolah, bapak ibu guru serta karyawan, dan semua orangyang ada di sekolah, juga berbagai jenis tumbuhan yang ada di kebun sekolah serta hewan-hewan yang ada di sekitarnya. Adapun lingkungan abiotik berupaudara, meja kursi, papantulis, gedungsekolah, dan berbagai macam benda mati yang ada di sekitar.Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran atau pelatihan agar peserta didik secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya supaya memiliki kekuatan spiritual keagamaan, emosional, pengendalian diri,kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya danmasyarakat.Sedangkan lingkungan pendidikan dapat diartikan sebagai berbgai factor lingkunganyang berpengaruh terhadap praktek pendidikan. Lingkungan pendidikan sebagai berbagailingkungan tempat berlangsungnya proses pendidikan, yang merupakan bagian darilingkungan sosial.
B.Jenis Lingkungan Pendidikan
a.Jenis Lingkungan PendidikanMengacu pada pengertian lingkungan pendidikan seperti tertulis diatas, makalingkungan pendidikan dapat dibedakan atau dikategorikan menjadi 3 macam lingkunganyaitu (1) lingkungan pendidikan keluarga; (2) lingkungan pendidikan sekolah ; (3)lingkungan pendidikan masyarakat atau biasa disebut tripusat Oleh KI Hajar Dewantaralingkungan ketiga disebut sebagai perkumpulan pemuda.

Activity (271)

You've already reviewed this. Edit your review.
Zely Septiani added this note
g' bsa dowlnload nich.
Ujang Kahfi liked this
bagaimana cara menulis kayak gni
Yanto Bali liked this
Siti Meisaroh liked this
Rian Akbar added this note
vvvvvv
Ambar Febriyanti liked this
Ujang Kahfi liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->