Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
12Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Faktor Penentu Kualitas Sia

Faktor Penentu Kualitas Sia

Ratings: (0)|Views: 465 |Likes:
Published by Siswanto

More info:

Categories:Types, Brochures
Published by: Siswanto on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/12/2012

pdf

text

original

 
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006) ISSN: 1907-5022Yogyakarta, 17 Juni 2006 
FAKTOR PENENTU UNTUK PENGEMBANGAN KUALITAS PROFESIONAL DIBIDANG SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Luciana Spica Almilia dan Mutia Anugrah Pratiwi
 Jurusan Akuntansi, Bidang Peminatan Sistem Informasi, STIE Perbanas Surabaya E-mail: almilia_spica@yahoo.com
ABSTRAKSI
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penentu dalam pengembangan muatan materimata kuliah yang terkait dengan Sistem informasi akuntansi (SIA) untuk menghadapi permintaan dalam duniakerja akan professional Sistem informasi akuntansi (SIA) yang berkualitas. Faktor penentu yang diteliti dalam penelitian ini terdiri dari: (1) Faktor Pengetahuan Bisnis, (2) Faktor Aplikasi Kemajuan SI, (3) Faktor User Support, (4) Faktor Programming, (5) Faktor Perencanaan Sistem. Sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan Provider yang ada di Surabaya. Sedangkan responden didalam penelitian ini adalah ProfessionalSistem Informasi yang terbagi kedalam tiga group yaitu : analis, programmer dan end user support division(devisi pendukung pemakai akhir) pada perusahaan-perusahaan provider yang dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan:
 Pertama
 , fungsi Pengetahuan Bisnis dibentuk oleh variabel memahamilingkungan bisnis, mengartikan masalah bisnis dan menghasilkan solusi teknologi yang tepat, dan pengetahuanbisnis.
 Kedua
 , aplikasi kemajuan sistem dibentuk oleh variabel programming, e-commerce, end-user computingsupport dan informasi perencanaan sistem, manajemen dan.
 Ketiga
 , pemakai pendukung dibentuk oleh variabelsistem pakar, kemampuan untuk menghasilkan dan menyampaikan keefektifan informasi dan presentasi yangmeyakinkan, pengetahuan industri spesifik dan pemakai pendukung.
 Keempat
 , programming dibentuk olehvariabel telekomunikasi/ networks, CASE tools dan perencanaan sistem.
 Kelima
 , perencanaan sistem dibentuk oleh variabel pelatihan/ pengetahuan, informasi akses dan keamanan dan kemampuan untuk bekerja lebih dekat kepada para pemakai dan pemeliharaan hubungan baik dengan pelanggan.
 Kata Kunci:
Sistem Informasi Akuntansi, profesional SI, muatan materi SI, analisis faktor.
 
1.
 
PENDAHULUAN
Perubahan revolusioner yang terjadi diseluruh penjuru dunia dalam hal teknologi sisteminformasi akuntansi ditandai dengan semakinbanyaknya jumlah pekerja dalam industri komputerdan software hampir tiga kali lipat dari dekadeterakhir. Menurut data statistik Departemen TenagaKerja untuk periode 2000-2010 sepuluh pekerjaanyang tumbuh paling cepat adalah pekerjaan yangberhubungan dengan komputer, karena komputerdiproyeksikan sebagai industri dengan penghasilandan gaji pegawai yang tumbuh dengan cepat.Mengingat saat ini hampir disetiap sektorekonomi diperlukan pegawai/tenaga sisteminformasi akuntansi, maka sistem informasiakuntansi harus dirancang sedemikian rupa agardapat dipahami oleh semua pihak khususnya pihak-pihak yang cenderung memilih sistem informasiakuntansi sebagai jenjang karirnya nanti. Keadaanini menciptakan suatu atmosfer dimana programsistem informasi akuntansi butuh di evaluasi dandirubah untuk menghadapi permintaan. Dalam halini pendidik mempunyai tanggung jawab yang besaruntuk mencetak para professional SI untuk masadepan dalam keadaan yang dinamis ini.Peran serta perguruan tinggi dalammenciptakan tenaga yang ahli dibidang sisteminformasi akuntansi sangat diperlukan. Upaya-upayayang perlu dilakukan oleh tenaga pendidik sisteminformasi akuntansi adalah melakukanpengembangan materi sistem informasi akuntansidan melakukan proses review yang lebih mendalamdengan bantuan para pengguna lulusan di bidangsistem informasi akuntansi mengenai muatan materiyang diperlukan untuk menjadi tenaga profesionaldibidang sistem informasi akuntansi. Upaya iniseharusnya dilakukan secara berulang-ulang,mengingat perkembangan teknologi dan sisteminformasi semakin pesat dan berkesinambungan.Dengan semakin berkembangnya bidangsistem informasi akuntansi diharapkan mahasiswa jurusan akuntansi tidak hanya mengetahui prosesakuntansi secara manual tetapi lebih kepadapengetahuan dan keahlian sistem informasiakuntansi dalam membantu proses akuntansi. Agarlulusan jurusan akuntansi juga memilikipengetahuan dan keahlian dibidang akuntansi makaperlu adanya pengembangan dan review yangdilakukan secara terus-menerus terhadap muatanmateri mata kuliah dibidang sistem informasiakuntansi. Pengembangan dan review terhadapmuatan materi sistem informasi akuntansi ini akanmembantu membentuk lulusan yang memilikikompetensi di bidang sistem informasi. Oleh karenaitu, dalam studi ini akan diteliti tentang faktor-faktoryang mempengaruhi pengembangan muatan materimata kuliah yang terkait dengan Sistem InformasiAkuntansi (SIA) sehingga dapat meningkatkankeahlian/ kemampuan professional Sistem informasiakuntansi (SIA). Adapun tujuan yang ingin dicapaioleh peneliti adalah untuk mengetahui faktor-faktorpenentu dalam pengembangan muatan materi matakuliah yang terkait dengan Sistem informasiakuntansi (SIA) untuk menghadapi permintaandalam dunia kerja akan professional Sisteminformasi akuntansi (SIA) yang berkualitas.
2.
 
PERUMUSAN MASALAH
Permasalahan utama dalam penelitian iniadalah menganalisa faktor-faktor apa sajakah yang
E-
89
 
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006) ISSN: 1907-5022Yogyakarta, 17 Juni 2006 
menentukan pengembangan muatan materi matakuliah yang terkait dengan Sistem informasiakuntansi (SI) sehingga dapat meningkatkankeahlian/ kemampuan professional Sistem informasiakuntansi (SI). Beberapa faktor yang berpengaruhterhadap pengembangan muatan materi mata kuliahyang terkait dengan Sistem informasi akuntansi(SIA) dalam usaha menciptakan professionalmenurut Lee, Trauth dan Farwell (1999) adalah:pengetahuan bisnis, aplikasi kemajuan Sistem,
user support 
(Pemakai Pendukung),
 programming
danperencanaan Sistem.
3.
 
TINJAUAN PUSTAKA
Posisi akuntan sangat penting dalampengembangan sistem informasi akuntansi terutamasistem informasi akuntansi yang berbasis manual.Pada kondisi tersebut, peran akuntan dapat dikatakansebagai penguasa proyek. Mulai proses perencanaansistem, perekayasaan, uji coba sampai denganpemeliharaan sistem, akuntan selalu terlibat secaradominan. Namun, setelah perkembangan teknologi,dimana sistem informasi direncanakan dengan basiskomputer, peran komputer menjadi dominan.Pengembang sistempun bukanlah seorang akuntan,melainkan sekelompok programmer komputer yangmempelajari akuntansi dan kemudian menyusunsistem dengan bantuan para pekerja akuntansi diperusahaan.Perubahan lingkungan bisnis dan informasi,seperti yang telah digambarkan di atas, mendorongakuntan untuk mempunyai wawasan/pandangan baruterhadap profesi mereka. Satu cara yang dapatdilakukan adalah dengan mengubah peran penyedialaporan keuangan tradisional menjadi desainer,manager dan auditor tentang sistem
database
.Adalah penting bagi mahasiswa untuk mampumenyikapi perubahan lingkungan dan pemintaan-permintaan baru yang dihadapi oleh profesi akuntan.Mata kuliah Sistem Informasi Akuntansi(SIA) adalah mata kuliah yang termasuk dalamkurikulum inti pada jurusan Akuntansi. Modelpengajaran mata kuliah ini tentu berbeda antara satuinstitusi dengan institusi lain. Bahkan, beberapapengampu mata kuliah pada satu institusi yangsama dimungkinkan menggunakan isi dan metodepengajaran yang berbeda. Menyikapi perubahankebutuhan pasar tenaga kerja akan kompetensisarjana akuntansi, maka diperlukan suatu kajianuntuk mengetahui sejauh mana muatan materiSistem Informasi Akuntansi (SIA) yang dapatmembantu lulusan untuk memiliki keahlian dibidang sistem informasi.
3.1
 
Penelitian Terdahulu
Penelitian di bidang Sistem informasiakuntansi meliputi beberapa topik, sedangkan topik yang sering dibahas adalah tentang kepuasanpemakai sistem informasi misalnya penelitian yangdilakukan oleh Luciana dan Emiria (2005) danNurmala dan Yuda (2005). Penelitian Luciana danEmiria (2005) mencoba mengkaji ulang pengaruhkompatibilitas program, fleksibilitas program,fasilitas program, harga/biaya, memori penyimpanandata, tingkat keandalan program, kemampuanlaporan serta faktor tugas fungsional terhadapkepuasan pemakai accounting software. Hasilpenelitian Luciana dan Emiria (2005) menunjukkanbahwa untuk seluruh sampel yang merupakan paramanajer dan staf pengguna software akuntansi padaperusahaan manufaktur yang terdapat di wilayahkota Surabaya, menunjukkan bahwa hanya faktorkompatibilitas yang berpengaruh secara signifikanterhadap kepuasan pemakai. Variabel iniberpengaruh positif terhadap kepuasan pemakai,yang artinya meningkatnya faktor kompatibilitasakan menyebabkan peningkatan kepuasan pemakai.Sedangkan penelitian yang dilakukan olehNurmala dan Yuda (2005) menguji faktor-faktoryang berpengaruh pada tingkat kepuasan penggunasistem informasi berbasis WEB. Responden dalampenelitian Nurmala dan Yuda (2005) adalahpengguna website Yahoo, Google, MSN, LYCOS,Altavista, dan Plasa. Hasil penelitian Nurmala danYuda (2005) memberikan bukti bahwa instrumenEUCS (
end user computer satisfaction
) yang terdiridari faktor isi, akurasi, format, kemudahanpenggunaan, dan ketepatan waktu masih merupakanalat ukur yang valid dan reliabel meskipun adasedikit revisi yang diperlukan. Hal ini mungkindikarenakan perbedaan lingkungan sistem informasidan perbedaan sampel penelitian.Lee, Trauth dan Farwell (1999) melakukanpenelitian bahwa pekerjaan dalam sistem informasisangat beragam dan pengembangan muatan materimata kuliah yang terkait dengan Sistem informasiakuntansi (SI) tidak sesuai dengan kebutuhanpekerjaannya. Karena itu pengembangan muatanmateri mata kuliah yang terkait dengan Sisteminformasi akuntansi (SI) tersebut harusdikembangkan dan berisi kompetensi yang berbeda -beda sesuai dengan target pekerjaan. Untuk seorang
 programmer 
, dan
database administrator 
,kompetensi yang diperlukan terkait denganditekankan pada penempatan aplikasi kemajuansistem informasi akuntansi yang spesifik, misalnya
 Decission Support System
(DSS),
 Executive Information System
(EIS). Lee, Trauth dan Farwell(1999) melakukan penelitian dengan menggunakankuisioner yang disebar kepada responden yaitu enampuluh perusahaan dimana perusahan-perusahaantersebut dengan tingkat pengembalian kuesionersebesar 13%. Penelitian yang dilakukan oleh Lee,Trauth dan Farwell (1999) ini meneliti tingkatkemampuan tiga group staff yaitu terdiri dari
 programmer 
, analis dan
end-user support 
dimanakeahlian-keahlian ini akan sangat dibutuhkan padamasa datang, sedangkan faktor-faktor yang ditelitiadalah faktor-faktor yang mempengaruhipengembangan kurikulum meliputi pengetahuanbisnis, aplikasi kemajuan sistem informasiakuntansi, pemakai pendukung, programmer danperencanaan sistem.Dalam survey program sistem informasi diUnited State, Gill dan Hu (1998) dalam Lee, Trauthdan Farwell (1999) melaporkan bahasa programyang paling popular adalah CC++, SQL (StructureQuery Languange), dan COBOL (Common BusinessOriented Languange) sedangkan sistem informasiyang paling dominan adalah windows/ OS2 dan
E-
90
 
Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2006 (SNATI 2006) ISSN: 1907-5022Yogyakarta, 17 Juni 2006 
Unix. Gill dan Hu (1998) dalam Lee, Trauth danFarwell (1999) menyarankan bahwa dalampengembangan muatan materi mata kuliah yangterkait dengan Sistem Informasi (SI) yang baru harusditambahkan pembelajaran mengenai hubungansistem informasi akuntansi dengan lingkunganorganisasi bisnis untuk menyiapkan lulusan yanglebih baik dalam menghadapi pekerjaan sistemanalis.Dari keahlian-keahlian yang menjadi faktor-faktor penentu dalam menghasilkan pengembanganmuatan materi mata kuliah yang terkait denganSistem informasi akuntansi (SIA) yaitu denganmemasukkan area keahlian dalam pengembanganmuatan materi mata kuliah yang terkait denganSistem informasi akuntansi (SIA). Sebagai bagiandari proses yang berkelanjutan dalam pengembanganmuatan materi mata kuliah yang terkait denganSistem informasi akuntansi (SIA) dan peningkatanprogram, data pendaftaran, trend perekrutan danpenempatan data harus terus dimonitor.
3.2
 
Keahlian yang Dibutuhkan ProfessionalSistem informasi Akuntansi
Lee, Trauth dan Farwell (1999), menyatakanbahwa faktor-faktor yang dibutuhkan untuk paraprofessional SI, antara lain:1.
 
Pengembangan Muatan Materi Mata KuliahYang Terkait Dengan Sistem informasiakuntansi (SI). Perubahan sistem informasiakuntansi yang cepat di lapangan dewasa inimenyebabkan program pendidikan harus terusdievaluasi dan direvisi. Hal ini dimaksudkanuntuk membuat proses yang lebih teratur dandapat menciptakan program yang lebih baik danakurat yang merefleksikan permintaan pasar,karena itu diperlukan pengembangan muatanmateri mata kuliah yang terkait dengan Sisteminformasi akuntansi (SI).2.
 
Kemampuan Sistem informasi akuntansi.Pengetahuan sistem informasi akuntansiberhubungan dengan seluruh organisasi danpengetahuan bisnis yang digunakan sebagaipondasi untuk meningkatkan kemampuanpertumbuhan sistem informasi akuntansi dalamdunia kerja yang menuntut kebutuhan akanprofesional Sistem nformasi (SI) yangberpendidikan tinggi.
3.3
 
Pengembangan Muatan Materi Mata KuliahSistem informasi Akuntansi
Srinivan, Guan dan Wright (1999)menerangkan proses pengembangan muatan materimata kuliah yang terkait dengan Sistem informasiakuntansi (SI) pekerja dan bekerjasama denganrekan bisnis. Mereka juga menyarankanmenggunakan rekan bisnis sebagai “klinik” yaitutempat untuk menolong pengajar untuk mengembangkan muatan materu mata kuliah sisteminformasi akuntansi agar menghasilkan lulusan yangmemiliki kompetensi dibidang sistem informasiakuntansi. Hingorani dan Sankar (1995)mengadakan survey tentang persepsi kemampuanpara lulusan dan membandingkan hasilnya dengankeahlian/kemampuan yang diminta oleh industri.Mereka menemukan bahwa para lulusan sadar akankebutuhan para usahawan/industri, mereka jugamerekomendasikan program mereka yang spesifik.Lee, Trauth dan Farwell (1995) menyatakan bahwapermintaan para usahawan/industri akanprofessional SI adalah yang dapat memimpinaktivitas organisasi sistem informasi akuntansi danmemahami tidak hanya keahlian dalam haltekhnologi tetapi juga operasi bisnis, manajemen dankeahlian interpersonal. Dasar dari prosespengembangan muatan materi mata kuliah yangterkait dengan Sistem informasi akuntansi (SIA)adalah mereview literatur yang berhubungan dengankemampuan tempat kerja dan ilmu pengetahuanuntuk professional SIA.
3.4
 
Faktor-faktor yang Mempengaruhi MuatanMateri Mata Kuliah SIA
Menurut Lee, Trauth dan Farwell (1999) adabeberapa faktor yang berpengaruh terhadappengembangan muatan materi mata kuliah yangterkait dengan Sistem informasi akuntansi (SIA)dalam usaha menciptakan professional SI yangberpendidikan tinggi dan berkualitas sebagai berikut:1.
 
Fungsi pengetahuan bisnis, meliputi:kemampuan untuk mengartikan masalah bisnisdan menghasilkan solusi tekhnologi yang tepat,kemampuan memahami lingkungan bisnis,pengetahuan industri spesifik, kemampuanuntuk kolaborasi kerja dalam lingkungan timproyek, kemampuan untuk menghasilkan danmenyampaikan keefektifan informasi danpresentasi yang meyakinkan, kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan dan perananpenting proyek-proyek dan kemampuan untuk merencanakan, mengorganisasikan dan tekhnik menulis manual, dokumentasi dan hasil-hasilnya.2.
 
Aplikasi Kemajuan Sistem, meliputi: E-Commerce, Sistem Pendukung Keputusan(DSS/ 
 Decision Suport System
), Sistem Pakar(ES/ 
 Expert Systems
), engetahuan Sisteminformasi Manjemen (SIM), Sistem InformasiEksekutif (EIS)3.
 
User Support (Pemakai Pendukung), meliputi:End-User Computing Support, informasi pusat,pelatihan dan pengetahuan,telekomunikasi/networks, kemampuan untuk bekerja lebih dekat dengan para pemakai danpemelihara positif atau dengan pelanggan yangbaik.4.
 
Programming, meliputi: pengembangan aplikasiperangkat lunak atau software dan penyeleksian,model database dan pengembangan,pemrograman/CASE tools5.
 
Perencanaan wistem, meliputi: akusisi hardware(evaluasi dan seleksi), analisis sistem,perencanaan sistem informasi manajemen danevaluasi, informasi akses dan keamanan
4.
 
METODE PENELITIAN4.1
 
Variabel Penelitian
Variabel yang diteliti dalam penelitian initerdiri dari: (1) Faktor Pengetahuan Bisnis, (2)Faktor Aplikasi Kemajuan SI, (3) Faktor User
E-
91

Activity (12)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Eduardus Imam liked this
Indra Nitronz liked this
Indra Nitronz liked this
Indra Nitronz liked this
Dita Elvandari liked this
tiyarasari28 liked this
Ira Yunita liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->