Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
102Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Permainan Bola Voli

Permainan Bola Voli

Ratings:

2.67

(3)
|Views: 26,784|Likes:
Published by kennynanda

More info:

Published by: kennynanda on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

05/31/2013

pdf

text

original

 
PERMAINAN BOLA VOLI
A. SEJARAH PERMAINAN BOLA VOLI 
Pada awal penemuannya, olahraga permainan bolavoli ini diberi nama Mintonette. Olahraga Mintonette ini pertama kaliditemukan oleh seorang Instruktur pendidikan jasmani (Director of PhsycalEducation) yang bernama William G. Morgan di YMCA pada tanggal 9Februari 1895, di Holyoke, Massachusetts (Amerika Serikat).William G. Morgan dilahirkan di Lockport, New York pada tahun 1870, danmeninggal pada tahun 1942. YMCA (Young Men’s Christian Association)merupakan sebuah organisasi yang didedikasikan untuk mengajarkanajaran-ajaran pokok umat Kristen kepada para pemuda. Organisasi inididirikan pada tanggal 6 Juni 1884 di London, Inggris oleh George William.
 
Setelah bertemu dengan James Naismith (seorang pencipta olahragabola basket yang lahir pada tanggal 6 November 1861, dan meninggal padatanggal 28 November 1939), Morgan menciptakan sebuah olahraga baruyang bernama Mintonette. Sama halnya dengan James Naismith, William G.Morgan juga mendedikasikan hidupnya sebagai seorang instrukturpendidikan jasmani. William G. Morgan yang juga merupakan lulusanSpringfield College of YMCA, menciptakan permainan Mintonette ini empattahun setelah diciptakannya olahraga permainan basketball oleh JamesNaismith. Olahraga permainan Mintonette sebenarnya merupakan sebuahpermainan yang diciptakan dengan mengkombinasikan beberapa jenispermainan. Tepatnya, permainan Mintonette diciptakan dengan mengadopsiempat macam karakter olahraga permainan menjadi satu, yaitu bola basket,baseball, tenis, dan yang terakhir adalah bola tangan (handball). Padaawalnya, permainan ini diciptakan khusus bagi anggota YMCA yang sudah
 
tidak berusia muda lagi, sehingga permainan ini-pun dibuat tidak seaktif permainan bola basket.
 
Perubahan nama Mintonette menjadi volleyball (bola voli) terjadi padapada tahun 1896, pada demonstrasi pertandingan pertamanya diInternational YMCA Training School. Pada awal tahun 1896 tersebut, Dr.Luther Halsey Gulick (Director of the Professional Physical Education TrainingSchool sekaligus sebagai Executive Director of Department of PhysicalEducation of the International Committe of YMCA) mengundang danmeminta Morgan untuk mendemonstrasikan permainan baru yang telah iaciptakan di stadion kampus yang baru. Pada sebuah konferensi yangbertempat di kampus YMCA, Springfield tersebut juga dihadiri oleh seluruhinstruktur pendidikan jasmani. Dalam kesempatan tersebut, Morganmembawa dua tim yang pada masing-masing tim beranggotakan limaorang. Kedua tim tersebut diketuai oleh seorang Mayor dan Kepala pasukanpemadam kebakaran Holyoke.
 
Dalam kesempatan itu, Morgan juga menjelaskan bahwa permainantersebut adalah permainan yang dapat dimainkan di dalam maupun di luarruangan dengan sangat leluasa. Dan menurut penjelasannya pada saat itu,permainan ini dapat juga dimainkan oleh banyak pemain. Tidak ada batasan jumlah pemain yang menjadi standar dalam permainan tersebut. Sedangkansasaran dari permainan ini adalah mempertahankan bola agar tetapbergerak melewati net yang tinggi, dari satu wilayah ke wilayah lain(wilayah lawan).
 
 
 
Demonstrasi pertandingan yang dibawakan oleh kedua tim, sertapenjelasan yang telah disampaikan oleh Morgan-pun telah membawa sebuahperubahan pada Mintonette. Perubahan pertama yang terjadi padapermainan tersebut terjadi pada namanya. Atas saran dari Profesor Alfred T.Halstead yang juga menyaksikan dan memperhatikan demonstrasi sertapenjelasan Morgan, nama Mintonette-pun berubah menjadi Volleyball (bolavoli). Pemilihan nama Volleyball sebagai pengganti Mintonette-pun tidakdilakukan dengan tanpa pertimbangan. Nama Volleyball dipilih berdasarkangerakan-gerakan utama yang terdapat pada permainan tersebut, yaitugerakan memukul bola sebelum bola tersebut jatuh ke tanah (volley). Padaawalnya, nama Volleyball-pun dieja secara terpisah (dua kata), yaitu “VolleyBall”. Kemudian pada tahun 1952, Komite Administratif USVBA (UnitedStates Volleyball Association) memilih untuk mengeja nama tersebut dalamsatu kata, yaitu “Volleyball”. USVBA adalah persatuan olahraga bola voliyang terdapat di Amerika Serikat. Asosiasi ini pertama kali didirikan padatahun 1928, dan pada saat ini USVBA lebih dikenal dengan nama USAV (USAVoleyball). Setelah demonstrasi tersebut, komite YMCA berjanji untukmempelajari peraturan-peraturan permainan yang telah ditulis dandiserahkan oleh Morgan.
 

Activity (102)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Afifah Nur liked this
Whyte Dove liked this
Icshan Skillers liked this
Tilka Manuhuttu liked this
Mat Bhotak liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->