Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
35Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Berbicara

Berbicara

Ratings: (0)|Views: 2,927 |Likes:
Published by dulba

More info:

Published by: dulba on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/19/2013

pdf

text

original

 
: Berbicara Mata Kuliah Pokok Bahasan : Pengertian dan Ruang LingkupBerbicara Pertemuan Ke-1 Pembahasan
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP BERBICARA Kompetensi Dasar
Setelah membaca dan mengerjakan pelatihan dalam modul ini, Anda diharapkan mampu berkomunikasi secara efektif, baik searah maupun multi arah serta mampumenumbuhkembangkan kemampuan tersebut dalam proses belajar mengajar.
Indikator
Setelah membaca dan mengerjakan pelatihan dalam modul ini, Anda diharapkan dapatmemahami :Berbicara;Tujuan dan Cakupan Mata Kuliah Berbicara;Fungsi Berbicara;Relevansi Berbicara.
 Uraian Materi1.Pengertian Berbicara
Keterampilan berbicara menunjang keterampilan bahasa lainnya. Pembi-cara yang baik mampu memberikan contoh agar dapat ditiru oleh penyimak yang baik. Pembicara yang baik mampu memudahkan penyimak untuk menangkap pembicaraan yang disampaikan.Berbicara dan menyimak merupakan kegiatan berbahasa lisan, dua-duanya berkaitandengan bunyi bahasa. Dalam berbicara seseorang menyampaikan informasi melalui suara atau bunyi bahasa, sedangkan dalam menyimak seseorang mendapat informasi melalui ucapan atausuara.Berbicara dan menyimak merupakan dua kegiatan yang tidak dapat di-pisahkan, kegiatan berbicara selalu disertai kegiatan menyimak, demikian pula kegiatan menyimak akan didahuluikegiatan berbicara. Keduanya sama-sama penting dalam komunikasi.Manusia adalah mahluk sosial. Manusia baru akan menjadi manusia bila ia hidup dalamlingkungan manusia. Kesadaran betapa pentingnya berbicara dalam kehidupan manusia dalam bermasyarakat dapat mewujudkan bermacam aneka bentuk. Lingkungan terkecil adalahkeluarga, dapat pula dalam bentuk lain seperti perkumpulan sosial, agama, kesenian, olah raga,dan sebagainya.
 
Setiap manusia dituntut terampil berkomunikasi, terampil menyatakan pikiran, gagasan,ide, dan perasaan. Terampil menangkap informasi-informasi yang didapat, dan terampil pulamenyampaikan informasi-informasi yang diterimanya.Kehidupan manusia setiap hari dihadapkan dalam berbagai kegiatan yang menuntutketerampilan berbicara. Contohnya dalam lingkungan keluarga, dialog selalu terjadi, antara ayahdan ibu, orang tua dan anak, dan antara anak-anak itu sendiri.Di luar lingkungan keluarga juga terjadi pembicaraan antara tetangga dengan tetangga,antar teman sepermainan, rekan kerja, teman perkuliahan dan sebagainya. Terjadi pula pembicaraan di pasar, di swalayan, di pertemuan-pertemuan, bahkan terkadang terjadi aduargumentasi dalam suatu forum. Semua situasi tersebut menuntut agar kita mampu terampil berbicara.Berbicara berperan penting dalam pendidikan keluarga. Tata krama dalam pergaulandiajarkan secara lisan. Adat kebiasaan, norma-norma yang berlaku juga seringkali diajarkansecara lisan. Hal ini berlaku dalam masyarakat tradisional maupun masyarakat modern. 
2.Tujuan dan Cakupan Mata Kuliah Berbicara
Materi Mata Kuliah Berbicara mencakup berbagai hal. Secara garis besar materi itutercakup dalam empat bagian pokok. Pertama, Mata Kuliah Berbicara yang meliputi rasional,tujuan dan cakupan, fungsi, dan relevansi Mata Kuliah Berbicara. Kedua, hakikat berbicara yangmeliputi pengertian, tujuan, dan fungsi berbicara, konsep dasar berbicara, dan jenis-jenis berbicara. Ketiga, faktor yang mempengaruhi efektivias berbicara meliputi kecemasan berbicara, bahasa tubuh dalam berbicara, ciri-ciri pembicara ideal, dan merencanakan pembicaraan.Keempat, pengembangan keterampilan berbicara yang meliputi pengajaran berbicara, dan praktik berbicara dengan berbagai tema.Berdasarkan kegiatan komunikasi lisan, cakupan kegiatan berbicara sangat luas. Daerahcakupan itu membentang dari komunikasi lisan yang bersifat informal sampai kegiatankomunikasi lisan yang bersifat formal. Semua kegiatan komunikasi lisan yang melibatkan pembicara dan pendengar termasuk daerah cakupan berbicara.Daerah cakupan berbicara meliputi kegiatan komunikasi lisan sebagai berikut, berceramah, berdebat, bercakap-cakap,
 
 berkhotbah, bertelepon, bercerita, berpidato, bertukar pikiran, bertanya, bermain peran, berwawancara, berdiskusi, berkampanye,menyampaikan sambutan, selamat, pesan,melaporkan,menanggapi,menyanggah pendapat,menolak permintaan, tawaran, ajakan,menjawab pertanyan,menyatakan sikap,menginformasikan,membahas,melisankan (isi drama, cerpen, puisi, bacaan),menguraikan cara membuat sesuatu,menawarkan sesuatu,meminta maaf,memberi petunjuk,memperkenalkan diri,menyapa,mengajak,mengundang,memperingatkan,mengoreksi,tanya-jawab. 
3.Fungsi Berbicara

Activity (35)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Ayumeitri Yanti liked this
Bryan Pandawa liked this
Anthy Rhymaryef liked this
Anthy Rhymaryef liked this
MUHAMMAD RAMLI liked this
Feby Polymorpa liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->