Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
93Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Sepak Bola 3

Sepak Bola 3

Ratings: (0)|Views: 10,820 |Likes:
Published by kennynanda

More info:

Published by: kennynanda on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/25/2013

pdf

text

original

 
PERMAINAN SEPAK BOLA
 
A.
 
Ketrampilan Gerak Dasar Permainan
 Sepak bola adalah suatu permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola, yangmempunyai tujuan untuk memasukkan bola ke gawang lawan dan mempertahankan gawangtersebut, agar tidak kemasukan bola. Di dalam memainkan bola, setiap pemain diperbolehkanmenggunakan seluruh anggota badan kecuali tangan dan lengan. Hanya penjaga gawangyang diperbolehkan memainkan bola dengan kaki dan tangan.Keberhasilan tim sepak bola selain ditentukan ketrampilan masing-masing individu pemain juga ditentukan oleh ketepatan formasi dalam taktik bertahan dan menyerang. Dalam hal iniakan dibicarakan tentang pola bertahan. Ada dua macam pola bertahan, yaitumemmpertahankan daerah (
 zona defence
) dan satu lawan satu (
man to man marking
).Tujuan pertahanan sendiri adalah merampas bola dan membersihkan bola dari daerahberbahaya sehingga selamat dari kemungkinan kemasukan bola / gol.
B.
 
Strategi Dasar Bertahan (
 Devensif Strategy
)
 1.
 
Mengoper, Menghentikan, dan Menggiring bola dengan temanUntuk latihan ini minimal diperlukan satu orang teman, caranya buat formasi dua berjajardengan teman sebelahnya kira-kira berjarak 4-5 meter.2.
 
Teknik Menyundul BolaMenyundul bola dapat digunakan untuk 
 passing
untuk menembak ke gawang dan untuk bertahan. Walaupun suatu usaha yang nyata di dalam permainan sepak bola untuk tetapmemelihara dengan bola selalu rendah tetapi bola-bola yang tinggi juga merupakan taktik yang berguna di dalam situasi yang berbeda.Demikianlah pemain-pemain tidak akan dapat menghindari bermain tanpa menyundulbola. Pemain belakang harus ahli dalam hal menyundul bola ini. Sebaliknya sewaktumenyundul bola diarahkan ke bawah, terutama kalau
 passing
dan menembak ke arah atasgawang. Hal ini karena memudahkan kawannya untuk mengontrol bola dan lebihmenyulitkan penjaga gawang. Menyundul bola dapat dilakukan dengan sikap berdiri ditempat atau dengan melompat. Melompat dapat dilakukan dengan atau tanpa awalan.Menyundul bola adalah gerakan dari seluruh badan, oleh karena itu yang perludiperhatikan di dalam menyundul bola ialah penggunaan dari sekelompok otot-otot besardari tubuh. Otot-otot leher ditegangkan dan dahi bagian kepala yang kontak dengan bola.Menurut anatomi dahi adalah daerah yang paling menguntungkan untuk menyundul bola.Karena di samping mempunyai daerah yang relatif luas sehingga ketepatannya dapatdipertanggungjawabkan, juga tidak akan merasa sakit.
 
Menyundul bola dengan dahi berarti mempunyai kemungkinan yang baik untuk mengamati bola dalam permainan. Untuk menjaga keseimbangan badan maka keduatangan direntangkan dan yang penting kedua mata harus terbuka. Menurut bentuknya adaempat cara dalam menyundul bola, yaitu :a.
 
Menyundul bola dalam sikap berdiri1)
 
Pemain dapat mengambil sikap kaki muka belakang atau kaki sejajar, sedangkedua lutut ditekut.2)
 
Selama bola melambung mendekati, pemain melakukan persiapan gerakandengan cara mencondongkan badan ke belakang.3)
 
Berat badan diletakkan pada kaki yang belakang, apabila mengambil sikap kakimuka belakang yang lebih dibengkokkan lututnya.4)
 
Sundulan dimulai dengan gerakan lecutan ke depan dari bagian atas dan denganmeluruskan kaki yang di depan, sampai pemain hanya berdiri pada ujungsepatunya.5)
 
Kedua tangan diayunkan berlawanan dengan gerakan badan untuk menambahkekuatan.b.
 
Menyundul bola dengan awalanPada dasar pelaksanaannya sama dengan menyundul bola di tempat. Adapun caramelakukannya sebagai berikut :1)
 
Persiapan gerakan dilakukan selama langkah terkakhir sebelum kontak denganbola.2)
 
Kaki yang di belakang menyentuh tanah/rumput.3)
 
Kaki yang lain menyusul tanah/rumput selama ayunan ke depan dari badan.4)
 
Persiapan, gerakaannya tidak seintensif seperti menyundul bola dalam sikapberdiri, karena ayunan dengan lari tidak dapat dilakukan sepenuhnya.c.
 
Menyundul bola dengan melompatMenyundul bola dengan melompat dapat dilakukan dari berbagai sikap, biasanyatolakan cari sikap berdiri di tempat dilakukan dengan dua kaki, sedang menyunduldengan awalan dilakukan dengan tolakan satu kaki. Untuk menyundul bola denganmelompat dapat dilakukan dengan dua fase, yaitu fase melompat dan fase menyundul.Cara melakukannya sebagai berikut :
 
1)
 
Selama fase melompat gerakkan persiapan dari badan bagian atas dilakuan.2)
 
Apabila lompatan mencapai titik tertinggi maka fase kedua dijalankan, yaitugerakan menyundul bola.3)
 
Badan bagian atas dan kedua kaki digerakkan ke depan sehingga badanbengkok pada pinggulnya4)
 
Sundulan kepala pada saat melompat mencapai titik tertinggi menyebabkanpemain lebih baik pengamatannya dan ketepatannya.d.
 
Menyundul bola dengan melayangBola yang disundul dengan melayang adalah bola yang setinggi lutut atau paha. Caramelakukannya sebagai berikut :1)
 
Pemain dapat menggunakan satu atau dua kaki untuk menolak/melompat.2)
 
Kepala ditegakkan sehingga bola dapat diamati dan dapat disundul dengandahi.3)
 
Kedua tangan digunakan sebagai bantalan sewaktu badan kontak dengan tanah.4)
 
Menyundul bola dengan melayang hanya dilakukan pada situasi tertentu karenasangat berbahaya, salah-salah dapat kena sepatu kaki lawan.
C.
 
Posisi Pemain
 Bermain sepak bola dengan menekankan pada posisi pemainSistem permainan dapat dibedakan menjadi tiga bagian sebagai berikut :1.
 
Formasi susunan dari barisan pertahanan (tanpa atau dengan
libero
)2.
 
Jumlah pemain dari barisan penghubung (lapangan tengah)3.
 
Jumlah dan susunan dari penyeranga.
 
Sistem permainan dengan pola 4-4-2Sistem ini secara otomatis membuat kecendreungan agar keamanan barisanpertahanan leibh baik dan suatu peningkatan keseimbangan di lapangan tengah.Cara melakukannya :1)
 
Di depan daerah pertahanan sendiri diperkuat oleh empat pemain tengah.

Activity (93)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Hans Rangu Reta added this note
thanks.akhirnya tugas gue selesai jg.
iis suyanto liked this
Riri Vitriani liked this
Sayed Abdul Aziz liked this
Kasmari Kas liked this
Bahtiar Tiar liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->