Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
55Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PENGELOMPOKAN MASALAH SISWA

PENGELOMPOKAN MASALAH SISWA

Ratings: (0)|Views: 4,720 |Likes:
Published by dwi wahyu wijayanto

More info:

Published by: dwi wahyu wijayanto on Dec 06, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/01/2013

pdf

text

original

 
PENGELOMPOKAN MASALAH SISWADI SMP N 1 JERUK LEGICILACAP
Oleh :Sulvia Oktasari4101408012Aisyah Eliani4101408030Setiawan Wicaksono4101408031Dwi Wahyu W6101404080
UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG2009
 
BAB IPENDAHULUAN
Sasaran pendidikan adalah manusia. Pendidikan bermaksud membantu peserta didik untuk menumbuhkembangkan potensi-potensi kemanusiaannya. Potensi Kemanusiaan merupakan benih kemungkinan untuk menjadi manusia. Ibarat biji mangga bagaimanapun wujudnya jikaditanam dengn baik, pasti menjadi pohon mangga dan bukannya menjadi pohon jambu.Di sekolah sangat mungkin ditemukan siswa yang yang bermasalah, dengan menunjukkan berbagai gejala penyimpangan perilaku. yang merentang dari kategori ringan sampai dengan berat. Upaya untuk menangani siswa yang bermasalah, khususnya yang terkait dengan pelanggaran disiplin sekolah dapat dilakukan melalui dua pendekatan yaitu: (1) pendekatandisiplin dan (2) pendekatan bimbingan dan konseling.Penanganan siswa bermasalah melalui pendekatan disiplin merujuk pada aturan danketentuan (tata tertib) yang berlaku di sekolah beserta sanksinya. Sebagai salah satu komponenorganisasi sekolah, aturan (tata tertib) siswa beserta sanksinya memang perlu ditegakkan untuk mencegah sekaligus mengatasi terjadinya berbagai penyimpangan perilaku siswa. Kendatidemikian, harus diingat sekolah bukan “lembaga hukum” yang harus mengobral sanksi kepadasiswa yang mengalami gangguan penyimpangan perilaku. Sebagai lembaga pendidikan, justrukepentingan utamanya adalah bagaimana berusaha menyembuhkan segala penyimpangan perilaku yang terjadi pada para siswanya.Oleh karena itu, disinilah pendekatan yang kedua perlu digunakan yaitu pendekatanmelalui Bimbingan dan Konseling. Berbeda dengan pendekatan disiplin yang memungkinkan pemberian sanksi untuk menghasilkan efek jera, penanganan siswa bermasalah melaluiBimbingan dan Konseling justru lebih mengutamakan pada upaya penyembuhan denganmenggunakan berbagai layanan dan teknik yang ada. Penanganan siswa bermasalah melaluiBimbingan dan Konseling sama sekali tidak menggunakan bentuk sanksi apa pun, tetapi lebihmengandalkan pada terjadinya kualitas hubungan interpersonal yang saling percaya di antarakonselor dan siswa yang bermasalah, sehingga setahap demi setahap siswa tersebut dapatmemahami dan menerima diri dan lingkungannya, serta dapat mengarahkan diri gunatercapainya penyesuaian diri yang lebih baik.
 
Secara visual, kedua pendekatan dalam menangani siswa bermasalah dapat dilihat dalam bagan berikut ini:Dengan melihat gambar di atas, kita dapat memahami bahwa di antara kedua pendekatan penanganan siswa bermasalah tersebut, meski memiliki cara yang berbeda tetapi jika dilihat darisegi tujuannya pada dasarnya sama yaitu tercapainya penyesuaian diri atau perkembangan yangoptimal pada siswa yang bermasalah. Oleh karena itu, kedua pendekatan tersebut seyogyanyadapat berjalan sinergis dan saling melengkapi.Berdasarkan observasi yang telah dilakukan di SMP Negeri 1 Jeruk Legi, Cilacap, banyak masalah yang dihadapi oleh siswa SMP tersebut, dari mulai terlambat masuk kelas, membolossampai yang paling pasrah, yaitu hamil diluar nikah. Masalah –masalah yang dihadapi oleh siswaseyogyang dapat di konsultasikan dengan Guru BK terkait.Dapat kita lihat bahwa peran seorang Guru BK sangat dibutuhkan dalam hal ini. Olehkarena itu, seorang guru BK harus dapat mengelompokkan atau mengkategorikan masalah dalam beberapa kelompok. Dalam makalah ini akan dibahas pengelompokan masalah berdasarkan pegelompokan menurut Prayitno agar dalam penanganan masalah siswa dapat mudah diatasioleh siswa yang bersangkutan dengan dibantu oleh guru BK.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->