Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
36Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Peranan Pemimpin Dalam Pengambilan Keputusan

Peranan Pemimpin Dalam Pengambilan Keputusan

Ratings: (0)|Views: 4,234 |Likes:
Published by Zulfajri

More info:

Published by: Zulfajri on Dec 07, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/10/2013

pdf

text

original

 
 
1
PENDAHULUANLatar Belakang penelitian
Kepemimpinan dalam kelompok menjadi hal yang sangat strategis untukdiperhatikan pada usaha pemberdayaan masyarakat melalui pendekatan kelompok.Kepemimpinan kelompok merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhianggota kelompoknya untuk bertingkah laku seperti yang dikehendaki oleh pemimpindalam mencapai tujuan kelompok secara bersama.Dalam kelompok selalu ada pemimpin yang dapat menampilkan berbagaiperanan, khususnya dalam mengerakkan anggota agar melakukan berbagai kegiatanuntuk mencapai tujuan kelompok. Alasan lain pentingnya kepemimpinan dalamkelompok adalah pada berbagai kondisi masyarakat desa, maupun masyarakat kotayang satu dengan lain sangat berbeda karakteristiknya serta cara mencapai tujuan darikelompok itu sendiri.Kelompok keswadayaan masyarakat adalah kelembagaan yang dirancang untukmembangun kembali kehidupan masyarakat mandiri yang mampu mengatasikemiskinannya sendiri. Di samping itu kelompok keswadayaan masyarakat mengembanmisi untuk menumbuhkan kembali ikatan-ikatan sosial dan menggalang solidaritassosial sesama warga agar saling bekerja sama demi kebaikan bersama.Pada kelompok masyarakat kota dicirikan dengan masyarakat yang sudahmeninggalkan tradisi dan adat-istiadat, di sisi lain masyarakat miskin kota belummemiliki mobilitas yang tinggi dan masih terbatas akses terhadap berbagai kemajuanindutrialisasi, informasi dan tehnologi. Seiring dengan kondisi ini perubahan yang terjadipada masyarakat kota berlangsung secara cepat bila dibandingkan dengan komunitasmasyarakat desa. Peran dari
stakeholder 
termasuk pemimpin kelompok yang ada dalam
 
 
2masyarakat kota menjadi sangat penting untuk diperhatikan oleh semua pihak maupunagen pembaharu dalam pemberdayaan kelompok swadaya masyarakat miskin kota.Pengamatan menunjukkan bahwa komunitas masyarakat miskin kota padahakekatnya, berkeinginan untuk mengadakan perubahan-perubahan yang akhirnyadapat membawa perbaikan taraf hidup. Di sinilah peran agen dan pembaharu baik yangbersumber dari pemerintah seperti penyuluh maupun LSM untuk bisa menjembatanipencapaian tujuan dengan berbagai program pemberdayaan sesuai dengansumberdaya alam, budaya dan tipe interaksi sosial dalam kelompok masyarakattersebut.Keberadaan kepemimpinan kelompok pada masyarakat miskin di perkotaanyang berbeda sejalan dengan karakteristik anggotanya, maka diperlukan kepemimpinanyang berbeda pula baik dalam hal pengetahuan, ketrampilan, pengalaman maupunkarakteristik dari kelompok itu sendiri serta peranan dari kepemimpinan kelompok dalamusaha meningkatkan kedinamisan masyarakat miskin perkotaan yang akhirnya akanmempercepat proses pemberdayaan masyarakat miskin kota.
Masalah Penelitian
Dalam usaha mendinamiskan anggota kelompok keswadayaan masyarakatmiskin perkotaan di mana peran pemimpin kelompok dianggap sangat penting, makaada tuntutan yang harus dijawab: pemimpin yang bagaimana yang ideal bagipeningkatan kedinamisan masyarakat miskin perkotaan berdasarkan faktor internal danekternal dalam kelompok masyarakat miskin perkotaan. Berpijak dari masalah ini makapertanyaan penelitian yang akan dikaji adalah sebagai berikut:
 
 
31. Apa faktor-faktor internal dan eksternal anggota kelompok swadaya masyarakatmiskin kota?2. Sejauh mana persepsi anggota tentang peran pemimpin kelompok swadayamasyarakat miskin perkotaan?3. Bagaimana hubungan antara faktor internal dan eksternal dengan persepsianggota terhadap peran pemimpin kelompok pada masyarakat miskinperkotaan.
Tujuan Penelitian
Dari pertanyaan penelitian di atas, maka dapat dirumuskan tujuan penelitiansebagai berikut:1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal dan eksternal anggota kelompok swadayamasyarakat miskin perkotaan.2) Mengetahui persepsi anggota terhadap peran pemimpin kelompok swadayamasyarakat miskin perkotaan
3) Menjelaskan hubungan antara faktor internal dan eksternal denganpesepsi anggota terhadap peran pempimpin kelompok pada masyarakatmiskin perkotaan.
Kegunaan Penelitian
Penelitian ini diharapkan berguna bagi pengembangan pengetahuan, dan parapraktisi yang berkecimpung langsung dalam pemberdayaan masyarakat. Lebih khususdiharapkan bermanfaat bagi:

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
aal liked this
adambitor1713 liked this
Deffrizal St liked this
adambitor1713 liked this
adambitor1713 liked this
Syafrial Hanif liked this
Syafrial Hanif liked this
Briantoo Briyan liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->