Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
85Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
EKOSISTEM laut

EKOSISTEM laut

Ratings: (0)|Views: 9,675 |Likes:
Published by Lz_ch42

More info:

Published by: Lz_ch42 on Dec 08, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/01/2013

pdf

text

original

 
EKOSISTEM
1. Pengertian EkosistemHubungan saling mempengaruhi antara makhluk hidup dengan lingkungannyamembentuk suatu sistem disebut Ekosistem.2. Satuan makhluk hidup dalam ekosistemBayangkan jika di bumi ini tanpa tumbuhan,tentu manusia dan hewan pemakantumbuhan akan kelaparan,bahkan mati.Bayangkan pula,jika di bumi ini hanya adahewan jantan saja,tentu jumlah hewan di bumi ini akan semakin berkurang.Hal inidi karenakan mereka tidak dapat memperbanyak diri.Jadi,semua makhluk hidupsaling membutuhkan dan saling mempengaruhi.3. Satuan-sauan makhluk hidup penyusun ekosistem.Di dalam sebuah ekosistem juga terdapat satuan-satuan makhluk hidup yang meliputiindividu,populasi,komunitas da biosfer.Bagian-bagian satuan makhluk hidup penyusun ekosistem yaitu;1.IndividuIstilah individu berasal dari bahasa latin,yaitu in yang berarti tidak dan dividus yang berartidapat di bagi.Jadi individu adalah makhluk hidup yang berdiri sendiri yangsecara fisiologis bersifat bebas atau tidak mempunyai hubungan dengansesamanya.Individu juga disebut satuan makhluk hidup tunggal.
 
 b.Populasi.Populasi berasal ari bahasa latin,yaitu populus yang berarti semua orang yang bertempat tinggal pada suatu tempat.Dalam ekosistem,populasi berarti kelompok makhluk hidup yang memiliki spesies sama [sejenis] dan menempati daerahtertentu.c.KomunitasKomunitas adalah berbagai jenis makhluk hidup yang terdapat di suatu daerah yangsama,misalnya halaman sekolah.d. Biosfer Biosfer adalaha semua ekossistem yang berada di permukaan bumi.4.Komponen-komponen ekosistem.Ekosistem merupakan kesatuan dari seluruh komponen yang membangunnya. Didalam suatu ekosisiem terdapat kesatuan proses yang saling terkait dan mempengauhiantar semua komponen.Pada suatu ekosistem terdapat komponen yang hidup[biotik]dan komponen tak hidup[abiotik].
 
[1] Komponen biotik Mansia,hewan dsn tumbuhan termasuk koomponen biotik yaang terdapat dalamsuatuekosistem. Komponen biotik di bedakan menjadi 3golongan yaitu;produsen,konsumen dan dekomposer.a.ProdusenSemua produsen dapat menghasilkan makanannya sendiri sehingga disebut organismeautotrof. Sebagai produsen,tumbuhan hijau mnghasilkan makanan[karbohidrat]melalui proses potosintesis. Makanan di manfaatkan oleh tumbuhan itu sendirimaupun makhluk hidup lainnya. Dengan demikian produsen merupakan sumber energi utama bagi organisme lain,yaitu konsumen. b.Konsumen.Semua konsumen tidak dapat membuat makanan sendiri di dalam tubuhnya sehinggadisebut heterotrof. Mereka mendapatkan zat-zat organik yang telah di bentuk oleh produsen,atau dari konsumen lain yang menjadi mangsanya.Berdasarkan jenis makanannya,konsumen di kelompokkan sebagai berikut;a]Pemeken tumbuhan [herbivora],nisalnyakambing,kerbau,kelini dan sapi. b]Pemakan daging[karnivora],misalnya harimau,burung elang,dan serigala,c]Pemeken tmbuhan dan daging[omnivora],misalnya ayam,itik, dan orabg hutan.c.Pengurai [dekomposer].Kelompok ini berperan penting dalam ekosistem.Jika kelompok ini tidak ada, kitaakan melihat sampah yang menggunung dan makhluk hidup yang mati tetap utuhselamanya. Dekomposer berperan sebagai pengurai,yang menguraikan zat-zatorganik[dari bangkai] menjadi zat-zat organik penyusunnya.

Activity (85)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Elhanief Chelsea liked this
e_ochorico_ liked this
Ribka Rismauli liked this
Adam Noor liked this
Yozie Pampuz liked this
Tika Kartika liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->