Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
19Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
wacana

wacana

Ratings: (0)|Views: 3,069|Likes:
Published by em_pheb

More info:

Published by: em_pheb on Dec 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/14/2013

pdf

text

original

 
Wacana adalah satuan bahasa yang mempunyai koherensi dan kohesi yang tinggi. Katakoherensi mengandung makna keteraturan atau kerapian dan kohesi mengandung maknakepaduan.
Wacana digunakan untuk berkomunikasi dalam konteks sosial. Satuan bahasa itudapat berupa rangkaian kalimat atau ujaran. Dalam peristiwa komunikasi secaralisan, dapat dilihat bahwa wacana sebagai proses komunikasi antarpenyapa danpesapa, sedangkan dalam komunikasi secara tulis, wacana terlihat sebagai hasildari pengungkapan ide/gagasan penyapa.Macam-macam wacana :
Wacana Lisan dan Tulis (medium)
Berdasarkan saluran yang digunakan dalam berkomunikasi, wacana dibedakan atas wacana tulisdan wacana lisan. Wacana lisan berbeda dari wacana tulis. Wacana lisan cenderung kurangterstruktur (gramatikal), penataan subordinatif lebih sedikit, jarang menggunakan piranti hubung(alat kohesi), frasa benda tidak panjang, dan berstruktur topik-komen. Sebaliknya wacana tuliscenderung gramatikal, penataan subordinatif lebih banyak, menggunakan piranti hubung, frasa benda panjang, dan berstruktur subjek-predikat.
Wacana Monolog, Dialog, dan Polilog (wujud)
. Bila dalam suatu komunikasi hanya ada satu pembicara dan tidak ada balikan langsung dari peserta yang lain, maka wacana yang dihasilkan disebut monolog. Dengan demikian, pembicaratidak berganti peran sebagai pendengar. Bila peserta dalam komunikasi itu dua orang dan terjadi pergantian peran (dari pembicara menjadi pendengar atau sebaliknya), maka wacana yangdibentuknya disebut dialog. Jika peserta dalam komunikasi lebih dari dua orang dan terjadi pergantian peran, maka wacana yang dihasilkan disebut polilog.
Wacana Deskripsi, Eksposisi, Argumentasi, Persuasi dan Narasi(sifat)
argumentasi, persuasi, dan narasi. Wacana deskripsi bertujuan membentuk suatu citra (imajinasi)tentang sesuatu hal pada penerima pesan. Aspek kejiwaan yang dapat mencerna wacana narasiadalah emosi. Sedangkan wacana eksposisi bertujuan untuk menerangkan sesuatu hal kepada penerima agar yang bersangkutan memahaminya. Wacana eksposisi dapat berisi konsep-konsepdan logika yang harus diikuti oleh penerima pesan. Oleh sebab itu, untuk memahami wacanaeksposisi diperlukan proses berpikir. Wacana argumentasi bertujuan mempengaruhi pembacaatau pendengar agar menerima pernyataan yang dipertahankan, baik yang didasarkan pada
 
 pertimbangan logika maupun emosional. Untuk mempertahankan argumen diperlukan bukti yangmendukung. Wacana persuasi bertujuan mempengaruhi penerima pesan agar melakukan tindakansesuai yang diharapkan penyampai pesan. Untuk mernpengaruhi ini, digunakan segala upayayang memungkinkan penerima pesan terpengaruh. Untuk mencapai tujuan tersebut, wacana persuasi kadang menggunakan alasan yang tidak rasional. Wacana narasi merupakan satu jeniswacana yang berisi cerita. Oleh karena itu, unsur-unsur yang biasa ada dalam narasi adalah unsur waktu, pelaku, dan peristiwa.
Sosiolinguistik 
adalah kajian interdisipliner yang mempelajari pengaruh  budaya terhadap cara suatu bahasadigunakan. Dalam hal ini bahasa berhubungan erat denganmasyarakat  suatu wilayah sebagai subyek atau pelaku berbahasa sebagai alat komunikasi daninteraksi antara kelompok yang satu dengan yang lain.
Metabahasa
adalah bahasa atau perangkat lambang yang dipakai untuk menguraikan bahasa
HAMBATAN KOMUNIKASI
1.
Hambatan dari Proses Komunikasi
Hambatan dari pengirim pesan, misalnya pesan yang akan disampaikan belum jelas bagidirinya atau pengirim pesan, hal ini dipengaruhi oleh perasaan atau situasi emosional.
Hambatan dalam penyandian/simbolHal ini dapat terjadi karena bahasa yang dipergunakan tidak jelas sehingga mempunyaiarti lebih dari satu, simbol yang dipergunakan antara si pengirim dan penerima tidak sama atau bahasa yang dipergunakan terlalu sulit.
Hambatan media, adalah hambatan yang terjadi dalam penggunaan media komunikasi,misalnya gangguan suara radio dan aliran listrik sehingga tidak dapat mendengarkan pesan.
Hambatan dalam bahasa sandi. Hambatan terjadi dalam menafsirkan sandi oleh si penerima
Hambatan dari penerima pesan, misalnya kurangnya perhatian pada saat menerima/mendengarkan pesan, sikap prasangka tanggapan yang keliru dan tidak mencariinformasi lebih lanjut.

Activity (19)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Fiki Saranghe added this note
paksa tua eeeee............
Patris Nage liked this
Yaniar Larasita added this note
mkasih ya
Melki Radja added this note
trima kasih kepda pemlik blog ini...
Fiki Saranghe liked this
juejie liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->