Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
98Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Teknologi Masa Depan Nanoteknologi

Teknologi Masa Depan Nanoteknologi

Ratings: (0)|Views: 2,976 |Likes:
Published by Mario Enstein Poli
Teknologi Masa Depan Nanoteknologi
Teknologi Masa Depan Nanoteknologi

More info:

Categories:Types, Research, Science
Published by: Mario Enstein Poli on Dec 09, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/07/2013

pdf

text

original

 
KARYA ILMIAH
TEKNOLOGI MASA DEPAN
”NANOTEKNOLOGI””NANOTEKNOLOGI””NANOTEKNOLOGI””NANOTEKNOLOGI”
Disusun Oleh :MARIO E. POLI020213044
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONALUNIVERSITAS SAM RATULANGIFAKULTAS TEKNIKMANADO2006
 
 ABSTRAK 
 Nanoteknologi atau nanosains adalah ilmu pengetahuan dan teknologi pada skala nanometer, atau sepermilyar meter. Richard Feynman dalamceramahnya yang berjudul “There is plenty room at the bottom” pada tahun 1959,mengemukakan bahwa, seorang fisikawan mampu membuat senyawa denganstruktur apapun yang diinginkan seorang kimiawan, dengan cara menyusun atom-atom yang diperlukan, dan merangkainya berdasarkan hukum fisika untuk membentuk senyawa baru tersebut. Berdasarkan pandangan ini, pendekatan yangdipergunakan berbeda dengan pendekatan teknologi sekarang yaitu bersifat bottom up atau bisa disebut molekular teknologi karena berusaha membangunsuatu produk atom demi atom atau molekul demi molekul. Pendekatan inimemiliki keunggulan utama dibandingkan teknologi konvensional yaitukemampuannya untuk memanipulasi material dengan fleksibel sesuai keinginandesainernya sebagai akibat pengontrolan pada level molekul. Hasil darikeunggulan ini adalah produk hampir tanpa cacat, tidak adanya atau sedikitlimbah yang dihasilkan dan hemat energi.Ilmuwan yang terkenal dalam konsep nanoteknologi adalah K.E. Drexler.Drexler mengembangkan nanoteknologi molekular dengan meniru apa yangterjadi pada sel. Hukum ini selanjutnya disebut Drexlerian Nanoteknologi denganidenya yang disebut assembler. Assembler ini bertindak seperti tangan robot pada pabrik skala makro, yang menaruh atom/molekul pada tempat yang diinginkan.Selanjutnya dengan menggunakan assembler-assembler level awal yang menyusul blok bangunan berupa atom, assembler-assembler pada ukuran yang lebih besar dibangun. Pada ukuran ini, blok bangunannya berupa molekul. Kemudianassembler yang lebih besar dibangun, dan seterusnya hingga produk-produk biasa berukuran makro dapat terbuat. Perbedaan dengan metode konvensional adalah, produk nanoteknologi molekular ini lebih kuat, prosesnya hemat energi dan presisinya hingga level atom. Untuk mempermudah prosesnya, assembler-assembler tingkat awal dilengkapi dengan kemampuan swa-replikasi (self-replication).
 
Investasi untuk nanoteknologi sangat tinggi yang didominasi olehamerika dan jepang menyusul negara eropa barat dengan jumlah total 434 jutaUSD. Investasi tersebut dialokasikan pada bidang-bidang: manufaktur memproduksi, elektronik, farmasi dan kesehatan dan industri kimia. Nanoteknologi datang dengan berbagai aspek yaitu kemampuan untuk mengatasi persoalan polusi dan merupakan teknologi yang ramah lingkungan. kemajuanteknologi di dunia masa mendatang ditopang tiga teknologi yang saling berhubungan dan saling mempercepat. Ketiga hal ini yaitu Nanoteknologi,Rekayasa Biologi (bio engineering) dan Teknologi Informasi (informationtechnology).

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->