Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
78Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Rancangan Mekanik, Sistem, Sensor dan Algoritma Robot Cerdas Secara Umum

Rancangan Mekanik, Sistem, Sensor dan Algoritma Robot Cerdas Secara Umum

Ratings: (0)|Views: 8,821|Likes:
Published by Mario Enstein Poli
mekanik dan Sistem Robot
mekanik dan Sistem Robot

More info:

categoriesTypes, Research, Science
Published by: Mario Enstein Poli on Dec 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See More
See less

06/06/2013

pdf

text

original

 
1
RANCANGAN MEKANIK ROBOT:1.1 Chasis (rangka):
Robot menggunakan acrylic sebagai rangka dengan ketebalan 3 mm. Bahan inidipilih karena mudah didapat dan mudah untuk dibentuk. Rangka terdiri dari tiga bagian.Bagian pertama merupakan bagian dasar yang mana roda, gear, proximity sensor,rangkaian utama serta baterai berada pada pada bagian ini.Pada bagian kedua ditempatkan 6 buah sensor ultrasonic. 4 buah sensor diletakkan pada keempat sisinya yang sejajar pada sumbu X,Y. Kemudian 2 buah sensor ultrasonic diletakkan dengan sudut 45˚. Hal ini untuk mendeteksi adanya pesimpanganatau belokan. Bagian utuh rancangan dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar penepatan sensor Ultrasonic pada lantai dua
Pada bagian ketiga dari robot berisi rangkain sensor Api (Hamamatsu R2868),kipas pemadam bersama pengungkitnya, motor servo dan sensor PIR yang diletakkan
 
2digantung pada bagian bawah lantai. Secara utuh bagian robot keseluruhan dapat dilihat pada gambar dibawah ini:
Gambar Utuh robot1.2 Roda
Robot menggunakan tiga buah roda yang terdiri dari dua buah didepan sebagairoda penggerak utama. Free thri-star wheels di bagian belakang. Pada bagian depankedua roda dibuat menggunakan 3 buah minidisc yang di gabung menjadi satu roda. Halini dipilih mempermudah pembuatan robot. Untuk membuat roda memiliki dayacengkram yang baik roda tersebut dilapisi karet. Kemudian roda dirangkaikan dengangear sistem penggerak.
 
3 
Gambar sistem pengerak robot (tampak samping)Gambar sistem pengerak robot (tampak Depan)
Pada bagian belakang menggunakan roda dengan jenis Free thri-star wheels. Jenisroda ini dipilih untuk memudahkan robot untuk menaiki tangga. Roda ini dipasang untuk  bergerak bebas mengikuti arah robot. Jenis roda ini meliki 3 buah roda yang dirangkaimembentuk tri-star.Pada saat bergerak ketiga roda akan bergerak berotasi tapi pada saat robot bergerak hanya dua buah roda bergerak yang menyetuh jalur yang akan beroperasi. Padasaat meniki tangga, ketika salah satu roda menyentuh tepian tangga maka roda akan berotasi sehingga roda kedua akan menaiki tangga.

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->