Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
62Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
ATRESIA REKTI

ATRESIA REKTI

Ratings: (0)|Views: 5,075 |Likes:
Published by yuli yani

More info:

Published by: yuli yani on Dec 10, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/23/2013

pdf

text

original

 
ATRESIA REKTIPengertian :
Atresia Ani / Atresia Rekti adalah ketiadaan atau tertutupnya rectal secaracongenital.
Tanda Gejala :
Tanda dan gejala dari Atrsia Ani ini antara lain adalah : Mekonium tidak keluar dalam waktu 24 - 48 jam setelah lahir; Tinja keluar dari vagina atau uretra; Perutmenggembung; Muntah; Tidak bisa buang air besar; Tidak adanya anus, dengan ada/tidak adanya fistula; Pada atresia ani letak rendah mengakibatkan distensi perut, muntah,gangguan cairan elektrolit dan asam basa.2
Etiologi :
Kegagalan pada fase embrio yang penyebab belum diketahuiFaktor Herediter Abnormal kromosom, mutasi gen dan teratogen
Klasifikasi :
Melbourne
 
membagi berdasarkan garis pubocoxigeus dan garis yang melewatiischii kelainan disebut :-
 
Letak tinggi, rectum berakhir di atas M.Levator ani ( m.pubo coxigeus )-
 
Letak intermediet, akhiran rectum terletak di M.Levator ani-
 
Letak rendah, akhiran rectum berakhir di bawah M.Levator ani
Komplikasi :
Tidak ada komplikasiKomplikasi minor Komplikasi mayor 
 
Penatalaksanaan :
Penatalaksanaan atresia ani tergantung klasifikasinya. Pada atresia ani letak tinggiharus dilakukan kolostomi terlebih dahulu. Pada beberapa waktu lalu penanganan atresiaani menggunakan prosedur Abdomino Perineal Poli Through (APPT), tapi metode ini banyak menimbulkan inkontinen feses dan prolaps mukosa usus yang lebih tinggi. Penadan Defries (1982) memperkenalkan metode operasi yang baru, yaitu PSARP (PosteroSagital Ano Recto Plasty). Yaitu dengan cara membelah muskulus sfingter eksternus danmuskulus levator ani untuk memudahkan mobilisasi kantong rectum dan pemotonganfistel. Tekhnik dari PSARP ini mempunyai akurasi yang sangat tinggi dibandingkandengan APPT yang mempunyai tingkat kegagalan yang tinggi.
ANUS IMPERFORATAPengertian :
anus imperforata disebut sebagai malformasi anorektal, adalah suatu kelainankongenital tanpa anus atau dengan anus tidak sempurna, termasuk Agenesis ani, Agenesisrekti dan Atresia rekti. Insiden 1:5000 kelahiran yang dapat muncul sebagai penyakittersering yang merupakan syndrom VACTRERL ( Vertebra, Anal, Cardial, Esofageal,Renal, Limb).
Tanda Gejala :
Mekonium tidak keluar dalam waktu 24 - 48 jam setelah lahir; Tinja keluar darivagina atau uretra; Perut menggembung; Muntah; Tidak bisa buang air besar; Tidak adanya anus, dengan ada/tidak adanya fistula; Pada atresia ani letak rendahmengakibatkan distensi perut, muntah, gangguan cairan elektrolit dan asam basa.2
Etiologi :
-
 
Putusnya saluran pencernaan dari atas dengan daerah dubur sehingga bayi lahir tanpalubang dubur -
 
Kegagalan pertumbuhan saat bayi dalam kandungan berusia 12 minggu/3 bulan-
 
Adanya gangguan atau berhentinya perkembangan embriologik didaerah usus, rektum bagian distal serta traktus urogenitalis, yang terjadi antara minggu keempat sampaikeenam usia kehamilan.
Klasifikasi :
Terdapat bermacam-macam klasifikasi anorektal menurut beberapa penulis
Komplikasi :
Komplikasi yang terjadi pasca operasi banyak disebabkan oleh karena kegagalanmenentukan letak kolostomi, persiapan operasi yang tidak adekuat, keterbatasan pengetahuan anatomi, serta ketrampilan operator yang kurang serta perawatan postoperasi yang buruk. Dari berbagai klasifikasi penatalaksanaannya berbeda tergantung pada letak ketinggian akhiran rectum dan ada tidaknya fistula.
 
Penatalaksanaan :
harus dilakukan kolostomi terlebih dahulu. PSARP (Postero Sagital Ano RectoPlasty). Yaitu dengan cara membelah muskulus sfingter eksternus dan muskulus levator ani untuk memudahkan mobilisasi kantong rectum dan pemotongan fistel. Tekhnik dariPSARP ini mempunyai akurasi yang sangat tinggi dibandingkan dengan APPT yangmempunyai tingkat kegagalan yang tinggi.
PENYAKIT HIRSCH SPRUNGPengertian :
-
 
Hirschsprung atau Mega Colon adalah penyakit yang tidak adanya sel - sel gangliondalam rectum atau bagian rektosigmoid kolon dan ketidakadaan ini menimbulkankeabnormalan atau tidak adanya peristaltik serta tidak adanya evakuasi usus spontan.-
 
Penyakit Hirschsprung merupakan gangguan perkembangan sistem saraf enterik danditandai dengan tidak ditemukannya sel ganglion pada colon bagian distal sehinggaterjadi obstruksi fungsional.
Tanda gejala :
Gejala dan tanda dapat bermacam-macam berdasarkan keparahan dari kondisi.Kadang-kadang mereka muncul segera setelah bayi lahir. Pada saat yang lain merekamungkin saja tidak tampak sampai bayi tumbuh menjadi remaja ataupun dewasa. Padakelahiran baru, tanda dapat mencakup:-
 
Kegagalan dalam mengeluarkan mekonium dalam hari pertama atau kedua kelahiran-
 
Muntah, mencakup muntahan cairan hijau disebut
bile
– cairan pencernaan yangdiproduksi di empedu-
 
Konstipasi-
 
Perut kembung-
 
Diare dehidrasi
Etiologi :
Pada dasarnya, etiologi secara pasti tidak diketahui, kemungkinan adanya faktor familial/ genetik. Hirschsprung terjadi karena adanya permasalahan pada persarafan usus besar paling bawah, mulai anus hingga usus di atasnya. Syaraf yang berguna untuk membuat usus bergerak melebar menyempit biasanya tidak ada sama sekali ataukalaupun ada sedikit sekali.
Klasifikasi :
HD diklasifikasikan berdasarkan keluasan segmen agangliosinosisnya, yaitu:1. HD klasik (75%), segmen aganglionik tidak melewati bagian atas segmen sigmoid.2. Long segment HD (20%)3. Total colonic aganglionosis (3-12%)Beberapa lainnya terjadinya jarang, yaitu:1. Total intestinal aganglionosis2. Ultra-short-segment HD (melibatkan rektum distal dibawah lantai pelvis dan anus(Yoshida, 2004).

Activity (62)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Achmad Zamroni liked this
Deffrizal St liked this
Dwi Aurel Lita liked this
Silvi Auliya liked this
Iaa Eewi' liked this
Silvia Tu Iil liked this
Silvia Tu Iil liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->