Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
81Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Perawatan Sling

Perawatan Sling

Ratings: (0)|Views: 5,337 |Likes:
Published by didit07uny

More info:

Categories:Types, Resumes & CVs
Published by: didit07uny on Dec 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/15/2013

pdf

text

original

 
1
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Semakin berkembangnya peradaban manusia, semakin tinggi pulakeinginan dan kebutuhan dari manusia. Dengan didorong oleh perkembanganilmu dan teknologi yang cukup pesat, saat ini memberikan pengaruh dengan berkembangnya dunia industri di Indonesia yang bergerak di bidang perindustrian. Disamping itu, dengan berkembangnya peradaban tersebutmenuntut lulusan-lulusan baru untuk mengembangkan diri di dunia kerja.Untuk itu lulusan tidak hanya dibekali teori-teori yang telah diberikan dosendi bangku perkuliahan, tetapi juga butuh aplikasi dari teori yang sudahdidapatkan.Perusahaan yang berwawasan ke depan memang telah mendirikan divisiatau departemen khusus yang bertugas mengadakan
training 
atau diklat, baik  bagi karyawan baru maupun karyawan lama. Beberapa perusahaan yang lainmeskipun tidak membentuk divisi/departemen khusus juga telah menerapkantraining bagi para karyawannya. Namun demikian, apabila setiap perusahaanharus mendidik sendiri calon karyawan maupun karyawannya, tentu sajasangat membebani perusahaan-perusahaan tersebut.Disisi lain, pendidikan tinggi yang diharapkan melahirkan tenaga-tenaga professional di bidangnya masih belum mempunyai korelasi yang jelasdengan dunia industri. Ilmu yang didapatkan mahasiswa di kampus berbasisindustri negara-negara maju di Eropa, Amerika, maupun Asia semisal Jepang.Untuk menjebatani adanya jurang pemisah itulah kemudian dalamkurikulum pendidikan tinggi, khususnya pada Program Studi Teknik MesinUniversitas Negeri Yogyakarta diselenggarakan mata kuliah Praktik Industriyang wajib ditempuh oleh semua mahasiswa dan menjadi syarat kelulusanseorang mahasiswa yang hendak menempuh ujian akhir.PT Krakatau Steel adalah salah satu perusahaan terkemuka di Indonesiayang merupakan Badan Usaha Milik Negara. Tahun demi tahun
 
2
operasionalnya telah mengalami berbagai kemajuan disamping tentu sajamengalami pasang surut sebagaimana lazimnya sebuah usaha.Penulis memilih untuk melaksanakan Praktik Industri di PT KrakatauSteel Cilegon, Banten disamping untuk menimba ilmu keteknikan industrisecara praktis dari perusahaan, juga untuk mencoba menerapkan idealismeilmu yang di dapat di bangku kuliah untuk mencoba mengidentifikasi berbagai permasalahan perusahaan dan memberikan saran rekomendasi perbaikan.B.
Tujuan Praktik Industri1.Tujuan Umum
a.Memperluas wawasan ilmu mahasiswa tentang orientasi pengembangan teknologi di masa sekarang dan mendatang, sehinggadiharapkan mahasiswa dapat memahami teori dan kenyataan yangdihadapi dilapangan. b.Menambah informasi dan pengetahuan mengenai prinsip yangdipelajari selama kuliah dengan aplikasinya di industri.c.Mengukur sejauh mana kemampuan analisa perbandingan secara teoridengan kondisi nyata di lapangan.d.Menumbuhkan jiwa
engineer 
yang tanggap terhadap aplikasi yang adadi dunia industri kepada para mahasiswa.e.Sebagai media untuk memperoleh ilmu, pengalaman berpikir kritis dan praktis, melatih keterampilan serta bertindak dalam lingkunganmasyarakat industri yang sesuai dengan disiplin ilmu yang dipelajarimahasiswa.
2.Tujuan Khusus
Tujuan khusus yang ingin dicapai dalam Praktik Industri adalahagar praktikan mampu :a.Menumbuhkan sikap dan rasa tanggung jawab atas tugas atau pekerjaan yang diberikan.
 
3
 b.Menjelaskan manajemen industri dan kompetensi tenaga kerja yangdipersyaratkan industri.c.Membantu melaksanakan tugas-tugas dan kegiatan proses produksi diindustri.
d.
Menambah pengetahuan dan pengalaman lapangan dalam praktiindustri khususnya yang berhubungan dengan praktik keteknikanseperti Design & Perencanaan Mesin/Pabrik, Manajemen produksi,Perakitan, Perbaikan, Pengawasan/Inspeksi dan Perawatan
(Maintenance)
suatu mesin.e.Mengetahui gambaran umum proses kegiatan dalam industri tersebut.f.Mengetahui proses produksi dan kerja mesin-mesin yang belum pernah diketahui sebelumnya.C.
Manfaat Praktik Industri
Manfaat yang diharapkan dari pelaksanaan PI adalah sebagai berikut :
1.Bagi Mahasiswa
a.
Memberikan kesempatan kepada mahasiswauntuk mengaplikasi ilmunya di dunia industri.
 b.
Mengetahui kondisi nyata suatu perusahaan baik dari segi manajemen yang diterapkan, kondisi fisik, teknologiyang digunakan, kinerja para karyawan, dan proses produksi diindustri.
c.
Memperoleh pengalaman untumeningkatkan keterampilan teknik yang relevan dengan jurusan yangkami tekuni.d.Mengetahui dan dapat mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi sesuai dengan tuntunan perkembangan industri.
e.
Dapat membina hubungan baik denganindustri sehingga memungkinkan untuk dapat bekerja di industritempat plaksanaan Praktik Industri tersebut setelah lulus dari kuliah.

Activity (81)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Deddy Iskandar liked this
Ari Rosyadi liked this
yaabalfazl24 liked this
ادين جح liked this
AQuose Bro liked this
Lea Lyliana liked this
Pons Qedol liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->