Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more ➡
Download
Standard view
Full view
of .
Add note
Save to My Library
Sync to mobile
Look up keyword
Like this
36Activity
×
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Adminirtasi Pend

Adminirtasi Pend

Ratings: (0)|Views: 8,244|Likes:
Published by banband
ll
ll

More info:

Published by: banband on Dec 11, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, DOC, TXT or read online from Scribd
See More
See less

07/18/2013

pdf

text

original

 
STANDAR OPERATING PROCEDUREINVENTARISASI BARANGUIN SUNAN KALIJAGA 
TUJUAN
Dalam rangka meningkatkan dan menyempurnakan aspek ketatalaksanaan dalam bidang perlengkapan diperlukan suatu pedoman pelaksanaan yang dapat dijadikandasar , tuntunan dan pegangan, dalam melakukan pengelolaan barang milik/kekeyaannegara di lingkungan UIN Sunan Kalijaga.Salah satu cara untuk memperoleh data yang benar, lengkap, mutakhir dan dapatdipertanggungjawabkan adalah melaksanakan pembukuan dan inventarisasi barangsecara tertib, teratur, dan terarah menurut ketentuan yang berlaku.SOP ini bertujuan untuk memberikan penjelasan mengenai :1.
 
Tercapainya tertib administrasi pengelolaan barang milik/kekayaan negara2.
 
Mempermudah pengawasan dan penyelamatan barang milik/kekayaan negara3.
 
Mempermudah dalam menghitung kekayaan negara4.
 
Tercapainya penghematan keuangan negara
 RUANG LINGKUP
1.Menyediakan data untuk merencanakan dan menentukan kebutuhan barang- barang milik/kekayaan negara2.Memberikan informasi untuk dijadikan bahan masukan untuk pengadaan barangmilik/kekayaan negara3.Menjadi pedoman dalam pendistribusian barang milik/kekayaan negara
 
4.Memberikan informasi dalam pemeliharaan barang milik/kekayaan negara5.Menyediakan data/informasi dalam menentukan kondisi barang milik/kekayaannegara ( tua, rusak, berlebih ) dan penghapusan serta pertanggungjawabannya6.Membina katalogisasi dan standarisasi barang milik/kekayaan negara.
DEFINISI ( PENGERTIAN-PENGERTIAN )
1.
Pedoman Pembukuan dan inventarisasi barang milik/kekayaan negara dilingkungan UIN Sunan Kalijaga
adalah rangkaian ketentuan yang harusdilaksanakan dan dijadikan pegangan, tuntutan dan dasar dalam melakukan pembukuan dan inventarisasi barang milik/kekayaan negara di lingkungan UINSunan Kalijaga.2.
Pembukuan Barang milik/kekayaan negara adalah
kegiatan untuk melakukan pencatatan barang milik/kekayaan negara baik data asal barang, penempatan barang di unit kerja, mutasi barang maupun inventarisasi barang3.
Inventarisasi adalah
kegiatan untuk melakukan pencatatan dan pendaftaran barang milik/kekayaan negara pada suatu saat tertentu4.
Barang Milik/Kekayaan Negara adalah
semua barang milik negara yang berasal/dibeli dengan dana yang bersumber untuk seluruhnya atau sebagian dariAPBN ataupun dengan dana dari luar APBN yang dikuasai/dibawah pengurusanDepartemen, Lembaga-lembaga Negara, Lembaga Non Pemerintah NonDepartemen serta unit-unit di dalam lingkungannya yang terdapat baik di dalammaupun di luar negeri.5.
Barang adalah
 bagian dari kekayaan negara yang terdiri dari satuan-satuantertentu yang dapat dihitung, diukur, ditimbang dan tidak termasuk uang dan surat berharga.6.
Barang bergerak adalah
 barang milik/kekayaan negara yang menurut sifat penggunaannya dapt dipindah-pindahkan. Misalnya alat pengankut, peralatankantor, alat kesehatan dan lainnya.
 
7.
Barang tidak bergerak adalah
 barang milik/kekayaan negara yang menurutaturan perundang-undangan yang berlaku ditetapkan sebagai barang tidak  bergerak misalnya tanah, bangunan, dermaga, landasan dan lainnya.8.
Barang persediaan adalah
 barang yang merupakan bagian dari kekayaan negarayang masih disimpan dalam ruang penyimpan ( gudang ) dan belum digunakandalam kegiatan dinas.9.
Barang pakai habis adalah
 barang yang merupakan bagian dari kekayaan negarayang menurut sifatnya dipakai habis untuk keperluan dinas atau jangka waktu pemakaian kurang dari 1 tahun
 
10.
Barang Inventaris adalah
 barang yang merupakan bagian dari kekayaan negara baik berupa barang bergerak maupun tidak bergerak yang berada dalam penguasaan dan pengurusan departemen/non departemen yang jangka waktu pemakaiannya lebih dari 1 tahun dan telah digunakan dalam kegiatan dinas.11.
Daftar Inventaris barang adalah
daftar yang memuat catatan barang inventarisyang berada dalam lingkungan satuan kerja.
 PENGGUNA ( USER )
1.
 
Pengguna barang milik/kekayaan negara adalah satuan Unit Kerja di lingkunganUIN Sunan Kalijaga yang melakukan kegiatan dinasnya sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya serta tujuan pengadaan barang oleh pihak UIN Sunan Kalijaga.2.
 
Pengguna SOP Pembukuan dan Inventarisasi Barang Milik/Kekayaan Negaraadalah Bagian Inventaris Kekayaan Negara ( Ka.Bagian Rumah Tangga UIN SunanKalijagaBuku Inventaris adalah buku yang mencatat barang inventaris yang berada dalamKantor/ Satuan Kerja/Proyek http://adhiewibowo.wordpress.com/2008/10/10/pengelolaan-inventaris-muhammadiyah/ 

Activity (36)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
rohimanadepok liked this
Vank Cinix liked this
Ngh Wirawan liked this
Muhlis Damkar liked this
Dian Nd' Rahma liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->