Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
170Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
evaluasi pendidikan

evaluasi pendidikan

Ratings:

3.0

(1)
|Views: 8,496 |Likes:
Published by Suwahono, M.Pd

More info:

Published by: Suwahono, M.Pd on Dec 12, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/20/2013

pdf

text

original

 
 
BAB. I
 Pendahuluan
valuasi merupakan subsistem yang sangat penting dan sangatdi butuhkan dalam setiap sistem pendidikan, karena evaluasidapat mencerminkan seberapa jauh perkembangan atau kemajuanhasil pendidikan. Dengan evaluasi, maka maju dan mundurnyakualitas pendidikan dapat diketahui, dan dengan evaluasi pula, kitadapat mengetahui titik kelemahan serta mudah mencari jalan keluar untuk berubah menjadi lebih baik ke depan.
 E 
Tanpa evaluasi, kita tidak bisa mengetahui seberapa jauhkeberhasilan siswa, dan tanpa evaluasi pula kita tidak akan ada perubahan menjadi lebih baik,maka dari itu Jadi secara umum evaluasiadalah suatu proses sistemik umtuk mengetahui tingkat keberhasilansuatu program.Evaluasi pendidikan dan pengajaran adalah proses kegiatan untuk mendapatkan informasi data mengenai hasil belajar mengajar yangdialami siswa dan mengolah atau menafsirkannya menjadi nilai berupa data kualitatif atau kuantitatif sesuai dengan standar tertentu.Hasilnya diperlukan untuk membuat berbagai putusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran.
Fungsi Evaluasi Pendidikan . Sangat diperlukan dalam pendidikanantara lain memberi informasi yang dipakai sebagai dasar untuk :
Tugas Mata Kuliah Manajemen Kebijakan Pendidikan
1
MANAJEMEN SISTEMEVALUASI PENDIDIKAN
 
1) Membuat kebijaksanaan dan keputusan.2) Menilai hasil yang dicapai para pelajar.3) Menilai kurikulum.4) Memberi kepercayaan kepada sekolah.5) Memonitor dana yang telah diberikan .6) Memperbaiki materi dan program pendidikan
 
Hasil evaluasi yang didapat sampai sekarang tentang dunia pendidikan Nasional kita cukup memperihatinkan, tidak hanya dalamsegi kualitas tapi juga kegagalan dalam membentuk karakter buildinggenerasi muda bangsaPendidikan menjadi tanggung jawab semua pihak, dimana tujuan pendidikan adalah memanusiakan manusia. membentuk SDM yang berkualitas. Namun sayang kebijakan pendidikan yang ada sampaisekarang masih jauh dari harapan, karena kebijakan pendidikan sepertikata pakar pendidikan dari Universitas Nasional Jakarta yaitu HAR Tilaar kebijakan pendidikan di Indonesia sesuai dengan pameo gantimenteri ganti kebijakan.Mengingat terlalu luasnya cakupan dalam evaluasi pendidikan maka penulis akan membatasi hanya pada evaluasi hasil belajar siswadikarenakan masalah ini sangat sesuai dengan tugas penulis sebagaiguru.
 
Bab. II
Tugas Mata Kuliah Manajemen Kebijakan Pendidikan
2
 
MANAJEMEN SISTEMEVALUASI PENDIDIKAN
 
 ANALISIS KESENJANGAN DALAMEVALUASI PENDIDIKANA. Keadaan Ideal
Seperti yang telah dikemukakan oleh Dr. Muchtar Buchori tujuan danfungsi evaluasi adalah :
1.
untuk mengetahui kemajuan peserta didik setelah iamengalami pendidikan selama jangka waktu tertentu
2.
untuk mengetahui tingkat efisiensi metode-metode pendidikan yang dipergunakan pendidik selam jangkawaktu tertentu tadi.Maka untuk memperoleh hasil evaluasi yang sebaik-baiknya, paraevaluator dalam hal ini para guru dituntut untuk memiliki hal halsebagai berikut :1.
Mampu melaksanakan
, persyaratan pertama yang harus dipenuhioleh evaluator adalah bahwa mereka harus memiliki kemampuanuntuk melaksanakan evaluasi yang didukung oleh teori danketerampilan praktik.2.
Cermat 
, dapat melihat celah-celah dan detail dari program serta bagian program yang akan dievaluasi.3.
Objektif 
, tidak mudah dipengaruhi oleh keinginan pribadi, atau jugakeinginan/tekanan dari pihak lain agar dapat mengumpulkan datasesuai dengan keadaannya, selanjutnya dapat mengambilkesimpulan sebagaimana diatur oleh ketentuan yang harus diikuti.4.
Sabar dan tekun
, agar di dalam melaksanakan tugas dimulai darimembuat rancangan kegiatan dalam bentuk menyusun proposal,
Tugas Mata Kuliah Manajemen Kebijakan Pendidikan
3

Activity (170)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Muhamad Kudori liked this
Clara Lala liked this
Andi Yudistia liked this
Aba Mien liked this
adambitor1713 liked this
Dewi Rendusarai liked this
Nara Thegawat'z liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->