Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Look up keyword
Like this
16Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Pernikahan yang Dilarang dalam Islam

Pernikahan yang Dilarang dalam Islam

Ratings: (0)|Views: 2,041 |Likes:
Published by Siska Febri

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Siska Febri on Dec 13, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/28/2013

pdf

text

original

 
Pernikahan yang Dilarang Islam
1.
Nikah Mut'ah
 Yaitu suatu pernikahan yang dilaksanakan untuk jangka waktu tertentu, jikawaktu yang ditentukan sudah habis maka si wanita atau istri dinyatakan terlepasdari ikatan pernikahannya dan dia berhak menerima mut'ah dari suaminya.Padahal kita mengetahui pernikahan adalah suci, untuk mendapatkanketurunan, membina rumah tangga yang baik dan berlangsung dalam waktuyang tidak terbatas.Pernah pada zaman nabi pernikahan ini diperbolehkan hal ini dikarenakankebiasaan orang pada zaman jahiliyyah untuk bersetubuh setiap hari. Dan padaawal Islam pembolehan mut'ah dilakukan untuk memecahkan problematikakedua golongan yakni: golongan yang lemah imannya dan kuat imannya. Danadapun pengharaman ini dilakukan secara bertahap yakni seperti padapengharaman khomar dan riba. Para sahabat mutlak mengharamkan nikah jenisini dan perbedaan ada pada diri sahabat Ibnu Abbas yang membolehkanpernikahan ini dengan alasan dalam kondisi darurat. Akan tetapi Ibnu Abbaskemudian mencabut fatwanya karena telah digampangkan oleh orang-orangyang mengikuti fatwanya. Telah diriwayatkan dari Sabrah al-Juhani radhiyal-laahu ‘anhu, ia berkata.“Artinya : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam pernah memerintahkan kamiuntuk melakukan nikah mut’ah pada saat Fathul Makkah ketika memasuki kotaMakkah. Kemudian sebelum kami mening-galkan Makkah, beliau pun telahmelarang kami darinya (melakukan nikah mut’ah)”Sebagaimana sabda nabi:Artinya:
"wahai sekalian manusia dulu pernah kuizinkan kepada kamu sekalian perkawinan mut'ah tetapi ketahuilah sesungguhnya Allah telahmengharamkannya sampai hari kiamat"
Beberapa golongan syah membenarkan tentang adanya perkawinan mut'ah ini.Golongan syi'ah imamiyah membolehkan kawin mut'ah dengan syarat-syarat;kalimat yang digunakan untuk perkawinan itu adalah zawwajtuka. ( Prof Dr.Zakiah Darajat,
Ilmu Fiqh jilid II,
Dana Bhakti Waqaf, Yogyakarta,1995 )2.
Nikah Syighor
 Yaitu suatu pernikahan yang dilakukan dengan cara tukar menukar anakperempuannya untuk dijadikan istrinya masing-masing tanpa mas kawin, sepertiseorang laki-laki berkata kepada laki-laki lain :
"Nikahkanlah aku dengananakmu dan nanti aku nikahkan kamu dengan anakku" atau
Atau berkata,
Nikahkanlah aku dengan saudara perempuanmu, maka aku akan nikahkansaudara perempuanku dengan dirimu
Perkawinan tersebut dilarang sebagaimana sabda Rasul SAW:Artinya
:"sesungguhnya Rasulullah melarang perkawinan syighor".
 
Ada beberapa pendapat tentang sebab dilarangnya perkawinan jenis ini yakni:a.sifat perkawinan ini menggantung.b.kemaluan dijadikan milik bersama dan perempuan juga tidakmendapat mas kawin .3.
Nikah Muhallil
 Yaitu suatu perkawinan antara laki-laki dan wanita yang telah ditalak tiga olehsuaminya dengan tujuan untuk menghalalkan kembali pernikahan antara wanitadengan bekas suaminya setelah dia ditalak oleh suaminya yang kedua.Berdasarkan firman Allah Ta’ala:“Artinya :
Kemudian jika ia menceraikannya (setelah talak yang kedua), maka perempuan itu tidak halal lagi baginya sebelum ia menikah dengan suami yanglain. Kemudian jika suami yang lain itu menceraikannya, maka tidak ada dosabagi keduanya (suami pertama dan bekas isteri) untuk menikah kembali jikakeduanya berpendapat akan dapat menjalankan hukum-hukum Allah. Itulahketentuan-ketentuan Allah yang diterangkan-Nya kepada orang-orang yangberpengetahuan
.” [Al-Baqarah : 230]Dikatakan sebagai muhallil karena lelaki dianggap menghalalkan lagi bekassuami yang dahulu agar bisa mengawini bekas istrinya yang sudah ditalak bain.Sedang suami terdahulu yang kemudian melakukan perkawinan kepada bekasistrinya yang telah ditalak tiga itu dinamamkan al muhallal lahu ( orang yangyang dihalalkan untuknya) Sedang seorang lelaki yang pekerjaanya sebagaimuhallil sehingga ia terkenal karena itu, pekerjaannya itu haram. Demikian pulaorang yang menjadi muhallil dengan menerima upah, walau sekali saja menjadimuhallil haram juga, bahkan juga dikutuk oleh Allah SWT dan rasulnya,sebagaimana diriwayatkan Ibnu maas'ud :Artinya:
Rasulullah melaknati muhallil dan muhlallallah.
Menurut imam Syafi'I perkawinan muhalli ini sama saja dengan mut'ah, sebabperkawinan muhallil disyaratkan sebagaimana perkawinan mut'ah disyaratkan.Seolah wali si perempuan itu berkata kepada calon suami itu: kukawinkan dankunikahkan engkau dengan si……dengan syarat setelah engkau melakukanhubungan seksual dengan prempuan itu engkau mencerainya, atau tidak adalagi perkawinan antara kamu dengan perempuan itu. Berarti terdapatpembatasan waktu dalam perkawinan karena perkawinan itu tidak sah.Sedangkan menurut imam hanafi: seorang lelaki yang mengawini seorangperempuan yang sudah cerai tiga kali, dengan maksud agar perempuan tersebutdapat dikawini oleh bekas suaminya, ia akan mendapat pahala apabilatujuannya adalah mendamaikan bekas suami istri tersebut, tetapi perkawinantersebut akan menjadi makruh kalau tujuannya hanyalah untuk memenuhi nafsusyahwat saja. Tetapi hukum perkawinan itu sah.Menurt madazhab maliki perkawinan muhalli yang dimaksud menghalalkanperempuan yang sudah ditalak tiga kali itu bisa dikawin oleh bekas suaminya
 
yang menceraikan tiga kali itu hukumnya fasid, batal dan wajib menceraikanantara keduannya. Demikian pula apabila perkawinan itu disyaratkan untukmenghalalkan perempuan bekas suaminya, baik syarat itu dikemukakansebelum akad atau ketika dalam akad perkawinan tersebut batal.Sedangkan menurut imam hambali:
perkawinan muhallil
adalah batal danharam hukumnya yaitu ketika seorang wali mengawinkan perempuan kepadaseorang laki-laki dengan mengatakan: aku kawinkan anakku ….. sampai engkaulakukan hubungan seksual dengannya atau dengan syarat bila anakku itu telahengkau halalkan, tidak ada lagi ikatan perkawinan antara kamu dengan anakkuitu atau engkau harus menceraikannya apabila terjadi hubungan seksual antarakamu dengan dia.4.
Nikah Badal
Suatu pernikahan dengan tukar menukar istri misalnya seorang yang telahberistri menukarkan istrinya dengan istri orang lain dengan menambah sesuatusesuai dengan kesepakatan dengan kedua belah pihak.5.
Nikah Istibdlo'
 Yakni suatu pernikahan dengan sifat sementara yang dilakukan oleh seorangwanita yang sudah bersuami dan laki-laki lain dengan tujuan untukmendapatkan benih keturunan dari laki-laki tersebut, setelah diketahui jelaskehamilannya dari laki-laki lain tersebut maka diambil oleh suami yang pertamalagi.6.
Nikah Righoth
 Yaitu suatu pernikahan yang dilakukan beberapa laki secara bergantianmenyetubuhi seorang wanita, setelah wanita tersebut hamil dan melahirkanmaka wanita tersebut menunjuk satu diantara laki-laki yang turutmenyetubuhinya untuk berlaku sebagai bapak dari anak yang dilahirkankemudian antara keduannya berlaku kehidupan pernikahan sebagai suami istri.7.
Nikah Baghoya
.Artinya pernikahan yang ditandai dengan adanya hubungan seksual antarabeberapa wanita tuna susila dengan beberapa laki-laki tuna susila, setelahterjadi kehamilan diantara wanita tersebut maka dipanggilah seorang dokteruntuk menentukan satu diantara laki-laki tersebut sebagai bapaknyaberdasarkan tingkat kemiripan antara anak dengan laki-laki yang menghamiliibu dari anak yang lahir tersebut.8.
Nikah dalam masa ‘iddah
Berdasarkan firman Allah Ta’ala:“Artinya : Dan janganlah kamu menetapkan akad nikah, sebelum habis masa “’iddahnya” [Al-Baqarah : 235]9.
Nikah dengan wanita kafir selain Yahudi dan Nasrani
. Berdasarkanfirman Allah Ta’ala:“Artinya :
Dan janganlah kaum nikahi perempuan musyrik, sebelum merekaberiman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada

Activity (16)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Lois Fonataba added this note
taks uda dpt filenya
Rista Utami liked this
Ucup Khan liked this
Umil Khairi liked this
Ilham Fadlan liked this
Harry Firdaus liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->