Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
23Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
Fungsi Peranan Pengawas, oleh : Arya Iriana

Fungsi Peranan Pengawas, oleh : Arya Iriana

Ratings: (0)|Views: 2,031 |Likes:
Published by Arya Iriana

More info:

Published by: Arya Iriana on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/15/2013

pdf

text

original

 
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Upaya peningkatan kualitas pendidikan sedang gencar-gencarnya dilakukanoleh pemerintah saat ini. Berbagai usaha mulai dari pembaharuan kurikulum, perbaikan dari sarana prasarana, pelatihan-pelatihan guru dan bantuan danalangsung berupa dana Bos ke sekolah-sekolah. Ini menunjukkan keseriusan-keseriusan pemerintah dalam meningkatkan kualitas mutu sumber daya manusiaIndonesia ke depan.Sejalan dengan ini pemerintah telah pula mengesahkan Undang-UndangGuru dan Dosen agar guru lebih memperhatikan tugasnya sesuai dengan yangdiamanatkan pemerintah. Guru dituntut memiliki kompetensi yang memadaisehingga mampu menerapkan profesionalismenya dalam peningkatan mutu pendidikan ke depan, sebab guru merupakan ujung tombak kemajuan pendidikandimasa depan.Dalam menjalankan tugas profesinya guru memerlukan agen pembaharuanyang professional pula sehingga guru tidak tertinggal dari kemajuan ilmu pengetahuan dan technologi yang berkembang terus. Selain itu guru jugamemerlukan sosok yang dipandang mampu untuk memecahkan masalah-masalah pokok yang berhubungan dengan pelajaran dan administrasi sekolah. Tidak hanyaguru, dalam organisasi sekolah Kepala sekolahpun memerlukan pembinaan yangterstruktur agar kualitas pendidikan di sekolah itu dapat dikendalikan.Kepala sekolah beserta guru dalam pengelolaan pendidikan di sekolahmempunyai misi yang tertuang dalam tujuan pendidikan sebagaimana dituliskandalam visi sekolah. Untuk mencapai tujuan pendidikan tersebut diperlukanmanajemen pendidikan yang mantap. Dalam manajemen pendidikan telah diatur  peran dan fungsi masing-masing fungsi manajemen tersebut antara lain, planning / perencanaan, organizing / pengorganisasian, staffing/penyusunan tenaga,controlling/pengawasan dan budgeting / pendanaan.Kepengawasan adalah bagian dari fungsi manajemen pendidikan yaitucontrolling. Kepala sekolah beserta guru dalam melaksanakan fungsi-fungsi
Peranan Fungsi Kepengawasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
1
 
manajemennya memerlukan control/pengawasan dari pengawas pendidikan dalam pencapaian tujuan pendidikan. Kepengawasan sangat erat hubungannya dengansekolah-sekolah sebagai tempat berlangsungnya kegiatan/pengelolaan fungsi-fungsi manajemen pendidikan tersebut dan merupakan bagian dari warga sekolahtersebut.Permasalahannya sekarang, apakah peran dan fungsi kepengawasan dalammeningkatkan mutu pendidikan sebagai bagian dari manajemen pendidikan itusendiri.
B.RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan uraian di atas, permasalahannya dapat dirumuskan sebagai berikut :1.Apakah Peranan Pengawasan dalam Peningkatan MutuPendidikan?2.Apakah fungsi Kepengawasan dalam Peningkatan MutuPendidikan?
C.TUJUAN
Bertolak dari rumusan masalah di atas, tujuan yang hendak di capai adalah :1.Pengawas mengetahui Peran Kepengawasan dalam PeningkatanMutu Pendidikan.2.Pengawas mengetahui Fungsi Kepengawasan dalam PeningkatanMutu Pendidikan.
Peranan Fungsi Kepengawasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
2
 
II. DESKRIPSI TEORITIS
A.Peran dan Fungsi Kepengawasan dalam Manajemen Pendidikan
1.
Pengertian Manajemen Pendidikan
Manajemen pendidikan merupakan segenap pengerahan dan pengintergrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual maupun material,yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan (M. NgalinPurwanto, 2004)A.Tabrani Rusyani, 1993 menyatakan manajemen pendidikanmenyangkut permasalahan pokok berupa ” Usaha manusia melalui kerjasama dengan orang lain untuk mencapai tujuan pendidikan.Selanjutnya H.A.R Tilaar 2001 menyatakan manajemen pendidikanmerupakan sub sistem dari manajemen pendidikan nasional yang bermuara pada manajemen pembangunan nasional yang menitik beratkan pada pendidikan yang humanistik, yang menjadikan manusia Indonesia sebagaititik tolaknya.Berdasarkan beberapa pengertian di atas dapat ditarik suatu pengertian manajemen pendidikan adalah proses pengerahan dan penginteregasian segala sesuatu untuk mengusahakan tumbuhnya kondisi bagi perkembangan kepribadian anak Indonesia dalam proses pendidikan.
2.Kepengawasan
Dalam pelaksanaan manajemen pendidikan, terlebih dahulu perludiketahui bidang garapan manajemen pendidikan yang tergambar darifungsi-fungsi manajemen pendidikan itu sendiri. Setiap sikap kegiatandalam proses manajemen pendidikan diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang tercantum dalam kurikulum. Adanya unsur tujuan inimenjadi tugas dan tanggungjawab bersama dari masing-masing fungsimanajemen tersebut untuk mencapainya. Semua orang yang terlibat didalamnya mempunyai tanggungjawab dan wewenang, serta hak dankewajiban sesuai dengan kedudukan dan fungsi masing-masing.
Peranan Fungsi Kepengawasan Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan
3

Activity (23)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
Nia Kurniati liked this
Dwi Rahayu liked this
Eneng Nurcita liked this
Revo Manoppo liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->