Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
20Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
KTA RA pUNKZ

KTA RA pUNKZ

Ratings: (0)|Views: 1,487 |Likes:
Published by ra-igan-7034

More info:

Published by: ra-igan-7034 on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/04/2013

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang
Obat merupakan salah satu unsur penting yang mempunyai nialiastrategis dalam upaya kesehatan. Sebagian besar upaya kesehatanmenggunakan obat dan biaya yang digunakan untuk obat merupaan bagianyang cukup besar dari seluruh biaya kesehatan. (Sirait, 2001)Bidang farmasi merupakan salah satu bagian dari usaha kesehatan.Oleh karena itu usaha dibidang farmasi merupakan tanggung jawab bersamaantara pemerintah dan masyarakat. Dalam hal ini pemerintah berperandalam menetapkan kebijakan-kebijakan dibidang farmasi dan melakukanpembinaan serta menciptakan kondisi yang sehat. Sehingga dapatmerangsang dan meningkatkan usaha-usaha dibidang farmasi.Akhir-akhir ini Departemen Kesehatan Republik Indonesiamenganjurkan kepada masyarakat untuk menggunakan obat generikdibandingkan obat paten. Bukan hanya himbauan kepada masyarakat tetapikepada tenaga medis lain juga seperti dokter dan tenaga farmasi.Obat paten merupakan obat dengan nama dagang sesuai denganpabrik yang memproduksi obat tersebut. Sedangkan obat generik sendirimerupakan obat yang penamaannya sesuai literatur seperti FarmakopeIndonesia. Dan pada umumnya kedua jenis obat ini memiliki harga yangberbeda. Obat generik jauh lebih murah dibanding dengan obat patenpadahal keduanya bisa saja memiliki khasiat yang sama.
 
Oleh karena itu saya tertarik untuk meneliti tentang uji disolusi dankadar parasetamol pada kaplet Parasetamol OGB dan kaplet Emturnasproduksi PT. First Medipharma.
B.Rumusan Masalah
Apakah ada perbedaan laju disolusi dan kadar parasetamol padakaplet Parasetamol OGB dan kaplet Emturnas produksi PT. First Medipharma?
C.Tujuan
1.Tujuan umum
Untuk mengetahui perbandingan laju disolusi dan kadar parasetamolpada kaplet Parasetamol OGB dan kaplet Emturnas produksi PT. FirstMedipharma.
2.Tujuan khusus
Untuk mengukur perbandingan laju disolusi dan kadar parasetamolpada kaplet Parasetamol OGB dan kaplet Emturnas produksi PT. FirstMedipharma.
D.Manfaat
1.Bagi peneliti
 
Sebagai penerapan ilmu pengetahuan yang telah diperoleh selamamengikuti pendidikan di Jurusan Farmasi.2.Bagi institusiSebagai bahan penambah kepustakaan bagi peneliti selanjutnya.3.Bagi masyarakatSebagai bahan informasi mengenai obat generik dan obat paten.
BAB IITINJAUAN PUSTAKAA.Obat
1.Pengertian obat
Obat adalah semua bahan tunggal atau campuran yang digunakanoleh semua mahkluk untuk bagian dalam maupun bagian luar, gunamencegah, meringankan, maupun menyembuhkan penyakit.(Syamsuni,2006). Obat juga digunakan dalam menetapkan diagnosa suatu penyakit.
2.Pengertian obat paten

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->