Welcome to Scribd, the world's digital library. Read, publish, and share books and documents. See more
Download
Standard view
Full view
of .
Save to My Library
Look up keyword
Like this
17Activity
0 of .
Results for:
No results containing your search query
P. 1
PERKAWINAN

PERKAWINAN

Ratings: (0)|Views: 2,178 |Likes:
Published by muhammad ibrahim
just read key
just read key

More info:

Published by: muhammad ibrahim on Dec 14, 2009
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/05/2012

pdf

text

original

 
BAB IPENDAHULUANA.Latar Belakang Masalah
Al-Qur'an merupakan sumber paling utama dari segala sumber hukumyang ada, yang sudah tidak diragukan lagi kebeneran isi kandungannya.Karena ia adalah kalam ilahi yang telah difirmankan kepada Nabi MuhammadSAW, melalui perantaraan malaikat jibril untuk kepentingan ummat NabiMuhammad SAW. Ia merupakan petunjuk/ hidayah bagi orang-orang yangtaqwa (QS. 2 : 2).Artinya:"
 Kitab (Al-Qur'an) ini tiada keraguan di dalamnya; petunjuk bagi mereka yang taqwa
". (QS. 2, Al-Baqarah : 2) (Depag RI, 1989, hal. 8).Artinya:"
….Membenarkan apa (kitab-kitab) yang sebelumnya dan menjadi petunjuk serta berita gembira bagi orang-orang yang beriman
". (QS. 2,Al-Baqarah : 97)."
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan ramadlan, bulan yang didalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur'an sebagai petunjuk bagimanusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda(antara yang hak dan yang bathil)
….." (QS. 2, Al-Baqarah : 185)."
(Al-Qur'an)" ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk  serta pelajaran bagi orang-orang yang taqwa
". (QS. 3, Ali Imron : 138)(Depag RI, 1989, hal. 27, 45 dan 98)Sebagai aturan hukum (QS. 13 : 37)Artinya:"
 Dan demikianlah, kami telah menurunkan al-qur'an itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa arab
……" (QS. 13, ar-Rod : 37).(Depag RI, 1989, hal. 367)1
 
Dan sebagai pedoman hidup (QS. 45 : 20)Artinya:"
 Al-Qur'an ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagikaum yang meyakini
." (QS. 45, Al-Jatsiah : 20). (Depag RI, 1989, hal.817)Hal ini mengandung pengertian, bagi setiap hamba Allah SWT. Yangsetia kepada agamanya harus merasa terikat terhadap seluruh hukum (Islam)yang terkandung di dalamnya.Demikian pula tuntunan yang datangnya dari Rasulullah SAW. Sebab,hadits nabi yang telah banyak diriwayatkan itu merupakan wahyu Allah jugayang harus dijadikan landasan oleh ummat manusia.Di samping itu juga, manusia harus taat dan patuh kepada pemerintah(ulil-amri) sepanjang tidak bertentangan dengan aturan agama Islam. Sebab,hal ini juga perintah Allah yang harus dilaksanakan keberadaannya olehhamba-Nya. (QS. 2 : 59):Artinya:"
 Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya),dan ulil amri diantara kamu. Kemudian kembalikanlah ia kepada Allah(Al-Qur'an) dan rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar berimankepada allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu)dan lebih baik akibatnya
." (QS. 4, An-Nisa' : 59). (Depag RI, 1989, hal.128)Di antara peraturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah adalahundang-undang nomor 1 tahun 1974 tentang hukum perkawinan di Indonesiayang berlaku bagi semua warga nergara.Dalam pasal 7 ayat (1) UU No. 1 tahun 1974 dinyatakan, bahwasanya perkawinan yang belum mencapai usia 19 (sembilan belas) tahun bagi pria dan16 (enam belas) tahun bagi wanita belum diizinkan. Sedangkan agama Islamtidak menetapkan secara jelas (sorih) batas umur melaksanakan perkawinan.Jadi, baik di dalam Al-Qur'an maupun Al-Hadits tidak ditetapkan secara jelasadanya batasan tertentu untuk usia minimal dalam perkawinan. Dua hal inilahyang menjadi permasalahan bagi penulis, satu sisi memberi batasan usiaminimal dalam perkawinan sedangkan di sisi lain tidak.2
 
Berdasar praktek di masyarakat, banyak yang melaksanakan kawinsebelum batas usia perkawinan sebagaimana ditetapkan dalam UU Nomor 1tahun 1974 seperti di Desa Wonosari Kec. Tutur-Nongkojajar Kab. Pasuruan,akan tetapi ditolak oleh pihak pegawai pencatat nikah (PPN) setempatalasannya masih berusia muda.Dari kenyataan di atas penulis tertarik untuk menulis dan meneliti perkawinan pada usia muda itu yang dikaitkan dengan UU Nomor 1 tahun1974 dengan berdasarkan ajaran agama Islam (hukum Islam).B.
Identifikasi Masalah
Dari paparan di atas dapat diketahui, bahwa masalah pokok yang ingin penulis pelajari adalah mengenai perkawinan usia muda yang berdasarkan UU Nomor 1 Tahun 1974 di Desa Wonosari Kec. Tutur-Nongkojajar Kab.Pasuruan dalam tinjauannya dengan hukum Islam.Dengan demikian, maka masalahnya menjadi jelas dan mudah dikenali.
C.Pembatasan Masalah
Masalah yang bertitik tolak pada identifikasi masalah di atas dirasamasih cukup luas cakupannya/ ruang lingkupnya. Untuk itu, masalah tersebut perlu dibatasi dari segi :1.Subyek : - Para pihak yang melangsungkan perkawinan yangmasih berusia muda dan ber-Agama Islam dengan melalui dispensasikawin;-Instansi terkait (Kepala Desa dan KUA).2.Tempat : Desa Wonosari Kec. Tutur-Nongkojajar Kab. Pasuruan.
D.Perumusan Masalah
Agar lebih praktis dan operasional dalam penulisan skripsi ini, maka disini dibuat rumusan masalah sebagai berikut :3

Activity (17)

You've already reviewed this. Edit your review.
1 hundred reads
1 thousand reads
riswanto lago liked this
Osman Fauzi liked this
Lisnawaty Bano liked this
InNe Itu HaNifah liked this
Agung Gumelar liked this
Endah Mawarny liked this
whereisnio5545 liked this

You're Reading a Free Preview

Download
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->